Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 12, 13, 14, 16, 19, 21, 22
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Halaman 12, 13, 14, 16, 19, 21, 22 - Pada Tema 6 Subtema 1, yang dipelajari adalah temanya tentang Suhu dan Kalor. Pada Subtema 1 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus diselesaikan oleh siswa secara individu dengan tepat. Dengan itu kami menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 lengkap sebagai sumber media belajar siswa.
Buku Siswa ini digunakan sebagai referensi media belajar untuk kelas 5 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Tema 6 Subtema 1 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 2 halaman12-22
Baca Juga :
- Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30
- Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 33, 34, 36, 37
- Kunci Jawaban Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 40, 41, 42, 43, 45, 46
- Kunci Jawaban Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 49, 50, 53, 54, 57, 58
- Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66, 67
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 12-22
Ayo BerdiskusiSore itu, Ayah Siti sedang membaca Koran. Di sampingnya, Ibu Siti pun sedang membaca sebuah majalah. Siti pun tak ketinggalan dengan bukunya, ia asyik membaca. Mereka memanfaatkan media cetak untuk mendapatkan informasi. Di meja tamu, tampak segelas teh panas yang masih mengepul untuk ayah. Ada juga es jeruk kesukaan Siti. Pernahkah kamu membuat teh panas atau es jeruk? Menurutmu, apa saja yang diperlukan untuk membuat segelas teh panas? Apa yang kamu perlukan untuk membuat segelas es jeruk? Untuk membuat segelas teh panas, kamu memerlukan beberapa sendok daun teh dan air panas. Sedangkan untuk membuat es jeruk, kamu memerlukan sari jeruk, air, dan es batu. Bagaimana kamu dapat menentukan bahwa air teh itu terasa panas dan es jeruk itu terasa dingin?
Dalam kehidupan sehari-hari, kamu sering mengukur suhu dengan sentuhan telapak tangan. Indera peraba akan mengirimkan informasi ke otak untuk memberitahumu bahwa sesuatu itu terasa panas atau dingin. Nah, betulkah indera peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda? Dapatkah kamu menentukan dengan tepat perbedaan suhu antara dua benda dengan menggunakan indra peraba pada telapak tanganmu?
Ayo Membaca
Perbedaan Suhu dan Panas
Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan. Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur. Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.
(Sumber : How do we measure temperature?Chris Woodroof dengan penyesuaian)
Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan. Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur. Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.
(Sumber : How do we measure temperature?Chris Woodroof dengan penyesuaian)
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 12
Ayo MenulisA. Bacalah kembali bacaan di atas dengan seksama. Kemudia, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa judul bacaan di atas?
Alternatif Jawaban :
Perbedaan suhu dan Panas
2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas!
Alternatif Jawaban :
Paragraf 1 : Indera peraba, panas dan dingin, derajat panas
Paragraf 2 : Besaran, Suhu
Paragraf 3 : Panas, Energi, Termometer, Kalorimeter
3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap
paragraf pada bacaan di atas. Lalu, mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Alternatif Jawaban :
4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!
Alternatif Jawaban :
Mengapa Indera peraba tidak bisa digunakan untuk menentukan suhu?
Apa saja jenis-jenis termometer.
Alternatif Jawaban :
Perbedaan suhu dan Panas
2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas!
Alternatif Jawaban :
Paragraf 1 : Indera peraba, panas dan dingin, derajat panas
Paragraf 2 : Besaran, Suhu
Paragraf 3 : Panas, Energi, Termometer, Kalorimeter
3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap
paragraf pada bacaan di atas. Lalu, mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Alternatif Jawaban :
- Apa yang dimaksud dengan indera peraba? (Alternatif Jawaban : Indera peraba adalah indera yang berfungsi merasakan halus, kasar, panas dan dingin suatu benda)
- Disebut apa besaran yang digunakan untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan? (Alternatif Jawaban : Suhu)
- Apa yang dimaksud dengan termometer? (Alternatif Jawaban : Alat yang digunakan untuk mengukur suhu)
4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!
Alternatif Jawaban :
Mengapa Indera peraba tidak bisa digunakan untuk menentukan suhu?
Apa saja jenis-jenis termometer.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 13
5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskan isi bacaan di atas kepada teman sebangkumu!
Alternatif Jawaban :
Panas atau kalor dan suhu merupakan 2 hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Sedangkan di Indonesia satuan suhu yang digunakan adalah derajat Celcius ( ⁰ C )
Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan alat yang dinamakan kalorimeter
Alternatif Jawaban :
Panas atau kalor dan suhu merupakan 2 hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Sedangkan di Indonesia satuan suhu yang digunakan adalah derajat Celcius ( ⁰ C )
Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan alat yang dinamakan kalorimeter
B. Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa yang kamu ketahui tentang panasf?
Alternatif Jawaban :
Energi panas adalah salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.
2. Apa yang dimaksud dengan suhu atau temperatur?
Alternatif Jawaban :
Suhu/Temperatur adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda.
3. Ceritakanlah sebuah peristiwa yang kamu alami yang dapat menjelaskan perbedaan antara suhu dan panas!
Alternatif Jawaban :
Badan kita akan terasa hangat saat kita berada di dekat api unggun. Hal ini terjadi karena adanya perpindahan panas secara radiasi dari api unggun ke tubuh kita.
Alternatif Jawaban :
Energi panas adalah salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.
2. Apa yang dimaksud dengan suhu atau temperatur?
Alternatif Jawaban :
Suhu/Temperatur adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda.
3. Ceritakanlah sebuah peristiwa yang kamu alami yang dapat menjelaskan perbedaan antara suhu dan panas!
Alternatif Jawaban :
Badan kita akan terasa hangat saat kita berada di dekat api unggun. Hal ini terjadi karena adanya perpindahan panas secara radiasi dari api unggun ke tubuh kita.
Berdasarkan pemahamanmu terhadap bacaan di atas, lengkapilah tabel berikut mengenai perbedaan antara panas dan suhu yang kamu ketahui
Panas
Alternatif Jawaban :
Suhu
Alternatif Jawaban :
Alternatif Jawaban :
- Panas dapat diukur menggunakan kalorimeter
- Satuan panas adalah kalori
- Panas adalah salah satu bentuk energi
- Panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnya
Suhu
Alternatif Jawaban :
- Satuan suhu adalah derajat Celcius, Fahrenheit, Kelvin dan Reamur
- Suhu adalah besaran
- Suhu dapat diukur menggunakan termometer
- Suhu tidak dapat berpindah, namun bisa naik dan turun
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 14
Tuliskanlah kesimpulanmu tentang panas dan suhu dengan menggunakan kata-katamu sendiri berdasarkan kegiatan pembelajaran di atas!
Alternatif Jawaban :
Panas adalah energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda, sedangkan suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda
Ayo MengamatiPanas adalah energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda, sedangkan suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda
Koran atau surat kabar merupakan salah satu media cetak paling lama yang dikenal dan diciptakan manusia. Surat kabar memiliki banyak informasi yang disediakan untuk pembacanya. Salah satu informasi di dalam surat kabar adalah iklan tentang barang-barang kebutuhan masyarakat. Bersama dengan teman sebangkumu, gunakanlah surat kabar untuk mencari gambar-gambar barang yang sering digunakan keluargamu. Barang tersebut adalah barang-barang yang menggunakan sumber energi panas, bisa berupa sumber listrik atau sumber panas lainnya seperti baterai. Gambar barangbarang tersebut, biasanya terdapat pada halaman khusus iklan pada sebuah surat kabar. Carilah paling sedikit lima buah gambar barang yang menggunakan sumber energi panas. Jelaskanlah kegunaan barang tersebut dan sumbersumber energi yang digunakan.
Tahukah kamu? Termometer pertama kali dibuat pada tahun 1592 oleh
seorang ilmuwan Italia bernama Galileo Galilei yang menggunakan udara
dan air. Pada tahun 1714, ilmuwan Jerman bernama Daniel Gabriel
Fahrenheit membuat termometer yang berisi air raksa. Dan pada tahun
1742, ilmuwan Swedia bernama Andres Celsius menemukan termometer yang
menggunakan skala ukuran 100. Di Indonesia, termometer yang banyak
digunakan saat ini adalah termometer Celsius yang menggunakan ukuran 0
hingga 100 derajat.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 16
Ayo MencobaPada awalnya, termometer menggunakan air untuk mengukur suhu benda, seperti yang dilakukan Galileo Galilei. Untuk mengetahui lebih dalam tentang cara kerja termometer air, mari lakukan percobaan sederhana ini secara berkelompok. Persiapkanlah alat dan bahan yag diperlukan! Alat dan
Bahan
a. Air
b. Pewarna makanan
c. Botol kecil
d. Sedotan bening
e. Lilin mainan/plastisin/tanah liat
f. Kain hangat
Berdasarkan kegiatan di atas, cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut!
1. Mengapa air di dalam botol dapat naik? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
Karena mendapat energi panas. Permukaan suatu zat cair akan naik karena perubahan volume ketika dipanaskan.
2. Adakah peristiwa perpindahan panas pada percobaan tersebut?
Alternatif Jawaban :
Ada
3. Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan dari kegiatan di atas?
Alternatif Jawaban :
Terdapat hubungan antara perubahan volume suatu zat cair dan perubahan suhu. Permukaan suatu zat cair akan naik melalui sedotan (volume zat cair bertambah) ketika dipanaskan dan juga permukaan suatu zat cair akan turun (volume zat cair akan berkurang) ketika didinginkan.
Alternatif Jawaban :
Karena mendapat energi panas. Permukaan suatu zat cair akan naik karena perubahan volume ketika dipanaskan.
2. Adakah peristiwa perpindahan panas pada percobaan tersebut?
Alternatif Jawaban :
Ada
3. Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan dari kegiatan di atas?
Alternatif Jawaban :
Terdapat hubungan antara perubahan volume suatu zat cair dan perubahan suhu. Permukaan suatu zat cair akan naik melalui sedotan (volume zat cair bertambah) ketika dipanaskan dan juga permukaan suatu zat cair akan turun (volume zat cair akan berkurang) ketika didinginkan.
Tahukah kamu tentang gamelan? Gamelan adalah sekumpulan alat
musik tradisional. Setiap alat musik yang ada pada gamelan menghasilkan
bunyi yang berbeda. Beberapa alat musik seperti gong dan bonang terbuat
dari logam. Dalam pembuatannya gong dan bonang harus dibentuk dengan
cara dipanaskan. Gamelan, digunakan untuk mengiringi beberapa lagu
daerah yang dimainkan dalam tangga nada sederhana. Tahukah kamu apa yang
dimaksud dengan tangga nada?
Ayo Membaca
Tangga Nada
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berurutan. Misalnya do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Ada banyak jenis tangga nada, di antaranya adalah tangga nada diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak nada, yaitu satu dan setengah. Beberapa alat musik seperti piano dan organ memiliki sistem tangga nada diatonis. Pada sistem tangga nada diatonis, dalam satu rangkaian nada terdapat 7 nada pokok. Nada kedelapan merupakan pengulangan nada pertama. Tangga nada pentatonis, merupa kan jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok.
Ragam tangga nada pentatonis dibedakan oleh jarak antarnada serta pilihan nada yang didengar. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada pentatonis yang menggunakan tangga nada jenis pelog dan tangga nada jenis slendro. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada jenis pelog dan slendro adalah gamelan Jawa. Selain gamelan Jawa, ada juga gamelan Sunda, Bali, Madura, dan Batak. Tangga nada pelog biasanya menggunakan susunan nada yang berbunyi seperti nada-nada do – mi – fa- sol – si. Salah satu lagu daerah yang menggunakan tangga nada ini adalah lagu Gundhul Pacul dari Jawa Tengah. Sedangkan tangga nada slendro biasanya menggunakan susunan yang berbunyi seperti nada-nada do – re – mi – sol – la. Lagu yang menggunakan tangga nada ini memberi kesan gembira dan lincah. Salah satu contoh lagu dengan tangga nada slendro ini adalah lagu Cublak-Cublak Suweng dari daerah Jawa Tengah.
Sumber : Wahyu Purnomo dan Fasik Subagyo, Terampil Bermusik Kelas 7, Pusbuk, 2010
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berurutan. Misalnya do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Ada banyak jenis tangga nada, di antaranya adalah tangga nada diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak nada, yaitu satu dan setengah. Beberapa alat musik seperti piano dan organ memiliki sistem tangga nada diatonis. Pada sistem tangga nada diatonis, dalam satu rangkaian nada terdapat 7 nada pokok. Nada kedelapan merupakan pengulangan nada pertama. Tangga nada pentatonis, merupa kan jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok.
Ragam tangga nada pentatonis dibedakan oleh jarak antarnada serta pilihan nada yang didengar. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada pentatonis yang menggunakan tangga nada jenis pelog dan tangga nada jenis slendro. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada jenis pelog dan slendro adalah gamelan Jawa. Selain gamelan Jawa, ada juga gamelan Sunda, Bali, Madura, dan Batak. Tangga nada pelog biasanya menggunakan susunan nada yang berbunyi seperti nada-nada do – mi – fa- sol – si. Salah satu lagu daerah yang menggunakan tangga nada ini adalah lagu Gundhul Pacul dari Jawa Tengah. Sedangkan tangga nada slendro biasanya menggunakan susunan yang berbunyi seperti nada-nada do – re – mi – sol – la. Lagu yang menggunakan tangga nada ini memberi kesan gembira dan lincah. Salah satu contoh lagu dengan tangga nada slendro ini adalah lagu Cublak-Cublak Suweng dari daerah Jawa Tengah.
Sumber : Wahyu Purnomo dan Fasik Subagyo, Terampil Bermusik Kelas 7, Pusbuk, 2010
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 19
Bersama dengan teman sebangkumu, lengkapilah tabel berikut untuk membedakan tangga nada diatonis dan pentatonis berdasarkan bacaan di atas!Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 21-22
Ayo BernyanyiNyanyikanlah kedua lagu tersebut dengan memperhatikan tangga nadanya! Nyanyikanlah secara berulang-ulang hingga kamu dapat menyanyikannya sendiri! Perhatikanlah syair lagu tersebut dengan saksama. Tahukah kamu bahwa tidak semua lagu daerah memiliki arti khusus. Terkadang syair lagu ditulis lebih mementingkan keindahan rima, bukan makna atau syair lagu.
Oleh karenanya, carilah arti lirik pada lagu tersebut. Lalu, tuliskanlah pada tabel. Setelah itu, cari tahu dimainkan pada tangga nada pentatonis yang mana saja kedua lagu tersebut! Lengkapilah tabel berikut!
Lagu Cublak-cublak Suweng
Asal :
Jawa Tengah
Tangga nada :
Slendro
Arti Syair Lagu :
Cublak-cublak suweng
Arti : Tempat-tempat suweng
Suwenge teng gelenter
Arti : Suweng nya berserakan
Mambu ketundhung gudel
Arti : Baunya dituju Gudel
Pak empo lera-lere
Arti : Bapak ompong menengok kanan kiri
Sopo ngguyu ndhelikake
Arti : Siapa tertawa dia yang menyembunyikan
Sir-sir pong dele kopong
Arti : Hati yang kosong tanpa isi
Kesan :
Gembira dan lincah
Lagu Gundhul-Gundhul Pacul
Asal :
Jawa Tengah
Tangga Nada :
Pelog
Arti Syair Lagu :
Gundul gundul pacul-cul, gembelengan
Arti : Gundul gundul cangkul, sembrono
Nyunggi nyunggi wakul-kul, gembelengan
Arti : Membawa bakul di atas kepala dengan sembrono
Wakul ngglimpang segane dadi sak latar
Arti : Bakul terguling, nasinya tumpah sehalaman
Wakul ngglimpang segane dadi sak latar
Arti : Bakul terguling, nasinya tumpah sehalaman
Kesan :
Gagah dan sakral
Asal :
Jawa Tengah
Tangga nada :
Slendro
Arti Syair Lagu :
Cublak-cublak suweng
Arti : Tempat-tempat suweng
Suwenge teng gelenter
Arti : Suweng nya berserakan
Mambu ketundhung gudel
Arti : Baunya dituju Gudel
Pak empo lera-lere
Arti : Bapak ompong menengok kanan kiri
Sopo ngguyu ndhelikake
Arti : Siapa tertawa dia yang menyembunyikan
Sir-sir pong dele kopong
Arti : Hati yang kosong tanpa isi
Kesan :
Gembira dan lincah
Lagu Gundhul-Gundhul Pacul
Asal :
Jawa Tengah
Tangga Nada :
Pelog
Arti Syair Lagu :
Gundul gundul pacul-cul, gembelengan
Arti : Gundul gundul cangkul, sembrono
Nyunggi nyunggi wakul-kul, gembelengan
Arti : Membawa bakul di atas kepala dengan sembrono
Wakul ngglimpang segane dadi sak latar
Arti : Bakul terguling, nasinya tumpah sehalaman
Wakul ngglimpang segane dadi sak latar
Arti : Bakul terguling, nasinya tumpah sehalaman
Kesan :
Gagah dan sakral
Kerja Sama dengan Orang Tua
Di beberapa daerah di Indonesia atau di negara-negara lain, terdapat pula lagu-lagu dengan tangga nada pentatonis. Bersama dengan orang tuamu, carilah sebuah lagu daerah asal kedua orang tuamu! Mintalah orang tuamu untuk menyanyikannya bersamamu. Carilah makna syair lagu dan tangga nada yang digunakan pada lagu tersebut.
Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 12, 13, 14, 16, 19, 21, 22, semoga dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar.
Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 12, 13, 14, 16, 19, 21, 22"