Kunci Jawaban Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 40, 41, 42, 43, 45, 46
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Halaman 40, 41, 42, 43, 45, 46 - Pada Tema 6 Subtema 1, yang dipelajari adalah temanya tentang Suhu dan Kalor. Pada Subtema 1 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus diselesaikan oleh siswa secara individu dengan tepat. Dengan itu kami menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 lengkap sebagai sumber media belajar siswa.
Buku Siswa ini digunakan sebagai referensi media belajar untuk kelas 5 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Tema 6 Subtema 1 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 4 halaman 40-46
Baca Juga :
- Kunci Jawaban Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 49, 50, 53, 54, 57, 58
- Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66, 67
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 40-46
Pernahkah kamu melihat gambar di atas? Gambar tersebut merupakan pesan kepada masyarakat dalam bentuk papan iklan layanan masyarakat. Papan iklan tersebut, merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media cetak. Pesan atau informasi apa saja yang kamu dapatkan dari papan iklan tersebut? Pernahkah kamu melihat papan iklan serupa?Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!
Apa yang dapat kamu ceritakan tentang gambar-gambar di atas? Apakah kamu pernah menemuinya di lingkungan tempat tinggalmu? Bagaimana pendapatmu terhadap gambar tersebut? Menurutmu, hal-hal apa sajakah yang menyebabkan hal itu terjadi? Bagaimana hubungan atau interaksi manusia terhadap lingkungan yang tampak dari gambar tersebut?
Ayo Membaca
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.
Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.
Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.
Sumber : Merdeka.com/dwi narwoko Sumber : diolah dari berbagai sumber
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.
Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.
Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.
Sumber : Merdeka.com/dwi narwoko Sumber : diolah dari berbagai sumber
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 40
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!1. Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa
Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia
mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam dan manusia tidak bisa
memproduksi sendiri kebutuhannya.
2. Jelaskan dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu!
- Petani menanam padi
- Nelayan menangkap ikan
- Penambang mengambil pasir di sungai
- Pembuat batu bata mengambil tanah di gundukan tanah/bukit
- Pemecah batu mengambil batu dari sungai
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 41
3. Sebutkan dan jelaskan contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikanmanusia dan lingkungannya!
Membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir, menebang pohon
sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir, membuang bekas limbah
rumah tangga (air cucian) ke sungai menyebabkan sungai tercemar
4. Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan
Banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang
terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang curam,
kebakaran hutan karena kecerobohan manusia
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada setiap paragraf yang kamu anggap penting.
Judul Bacaan :
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Alamnya
Paragraf 1 :
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alam
Kata Kunci :
Manusia
Hidup
Lingkungan Alam
Paragraf 2 :
Tidak semua interaksi manusia berdampak baik bagi alam
Kata Kunci :
Interaksi
Manusia
Alam
Paragraf 3 :
Interaksi manusia dengan lingkungan dapat menyebabkan bencana
Kata Kunci :
Interaksi
Manusia
Bencana
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Alamnya
Paragraf 1 :
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alam
Kata Kunci :
Manusia
Hidup
Lingkungan Alam
Paragraf 2 :
Tidak semua interaksi manusia berdampak baik bagi alam
Kata Kunci :
Interaksi
Manusia
Alam
Paragraf 3 :
Interaksi manusia dengan lingkungan dapat menyebabkan bencana
Kata Kunci :
Interaksi
Manusia
Bencana
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 42
Setelah melakukan kegiatan di atas, ceritakanlah kembali apa yang kamu ketahui tentang bacaan di atas dalam sebuah paragraf. Tuliskanlah penjelasanmu di bawah ini dengan menggunakan kata-kata baku yang tepat.Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya
Ayo Mengamati
Perhatikanlah masyarakat di sekitar tempat tinggalmu! Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut untuk membantumu!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 43
Tuliskan kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini!
Mendapatkan manfaat dari lingkungan alam merupakan hak kita. Tetapi memelihara lingkungan alam adalah kewajiban kita bersama.
Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut ini untuk membantumu memahami makna kewajiban secara umum.
Kewajiban Warga Negara dan Siswa
Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu dipenuhi dengan sarana belajar yang kotor, penuh coretan, dan rusak? Demikian juga dengan dinding sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek, kamar mandi sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan tulisan-tulisan. Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian kamu tidak dapat belajar dengan baik. Salah satu hak siswa adalah mendapatkan pendidikan yang layak. Tetapi pada saat yang sama siswa juga mempunyai kewajiban untuk menjaga sarana pendidikan agar haknya terpenuhi. Jika siswa tidak melakukan kewajiban tersebut, maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu.
Apakah yang dimaksud dengan kewajiban? Menurut Ka mus Besar Bahasa Indonesia, kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus dilakukan atau diamalkan. Sehingga ke waji ban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi.
Semua siswa yang sedang belajar di Indonesia, wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan Negara melalui undang-undang. Semua kewajiban ini, harus dilakukan untuk menjamin seorang siswa mendapatkan haknya. Seorang siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan sekolah.
Sumber bacaan : Sugiyono dkk, Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX, dengan penyesuaian
Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu dipenuhi dengan sarana belajar yang kotor, penuh coretan, dan rusak? Demikian juga dengan dinding sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek, kamar mandi sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan tulisan-tulisan. Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian kamu tidak dapat belajar dengan baik. Salah satu hak siswa adalah mendapatkan pendidikan yang layak. Tetapi pada saat yang sama siswa juga mempunyai kewajiban untuk menjaga sarana pendidikan agar haknya terpenuhi. Jika siswa tidak melakukan kewajiban tersebut, maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu.
Apakah yang dimaksud dengan kewajiban? Menurut Ka mus Besar Bahasa Indonesia, kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus dilakukan atau diamalkan. Sehingga ke waji ban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi.
Semua siswa yang sedang belajar di Indonesia, wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan Negara melalui undang-undang. Semua kewajiban ini, harus dilakukan untuk menjamin seorang siswa mendapatkan haknya. Seorang siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan sekolah.
Sumber bacaan : Sugiyono dkk, Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX, dengan penyesuaian
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 45
Ayo berdiskusiSebagai warga negara dan anggota masyarakat, kita perlu mengetahui hak-hak dan kewajiban kita. Sebelumnya kamu telah mengetahui hak-hakmu sebagai siswa dan seorang anak. Bersama dengan teman sebangkumu, gunakan tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu sebagai siswa. Setelah itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan hak-hakmu.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 46
Presentasikan hasil diskusimu di dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat orang. Buatlah beberapa pertanyaan tentang presentasi yang dibuat teman-teman di dalam kelompokmu. Catatlah beberapa hal yang kamu anggap penting. Lalu, buatlah kesimpulan tentang makna kewajiban dari hasil diskusimuKewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi. Kewajiban dan hak harus dilaksanakan secara seimbang agar tetap terjaga keharmonisan hidup.
Ayo Renungkan!
1. Apa saja hal menarik yang kamu temui pada kegiatan pembelajaran hari ini?
Dapat mengetahui hak dan kewajiban di rumah dan di sekolah, belajar bekerjasama dengan teman dalam berdiskusi dalam memberikan pendapat dan menghargai pendapat yang lain,
serta belajar percaya diri saat presentasi
2. Sebutkan beberapa hal dari kegiatan belajar hari ini yang ingin kamu ketahui lebih lanjut!serta belajar percaya diri saat presentasi
Cara mengetahui inti dari setiap paragraf, Cara agar percaya diri saat presentasi
3. Apa sikap yang harus dikembangkan untuk mendapatkan hakmu sebagai seorang siswa di sekolah?
Sikap tenggang rasa, hormat menghormati dan sikap mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikanlah dengan orang tuamu, tentang kewajiban apa saja yang telah kamu lakukan dan yang belum kamu lakukan. Mintalah saran orang tuamu agar kamu dapat melaksanakan kewajibanmu dengan baik.
Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 40, 41, 42, 43, 45, 46, semoga dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar.
Post a Comment for "Kunci Jawaban Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 40, 41, 42, 43, 45, 46"