Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30 - Pada Tema 6 Subtema 1, yang dipelajari adalah temanya tentang Suhu dan Kalor. Pada Subtema 1 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus diselesaikan oleh siswa secara individu dengan tepat. Dengan itu kami menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 lengkap sebagai sumber media belajar siswa.
Buku Siswa ini digunakan sebagai referensi media belajar untuk kelas 5 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Tema 6 Subtema 1 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 3 halaman 25-30
Baca Juga :
- Kunci Jawaban Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 40, 41, 42, 43, 45, 46
- Kunci Jawaban Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 49, 50, 53, 54, 57, 58
- Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66, 67
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 25-30
Perhatikanlah gambar di atas! Buku merupakan salah satu media cetak yang menjadi sumber informasi yang paling sering digunakan masyarakat hingga saat ini. Apakah kamu memiliki buku serupa dengan buku pada gambar di atas? Ya, buku itu biasanya buku ilmu pengetahuan yang berisi informasi tentang peristiwa alam yang terjadi di sekitar. Selain terdapat teks penjelasan, di dalam buku itu juga terdapat gambar-gambar yang mendukung penjelasan informasi yang diberikan. Gambar-gambar tersebut juga membuat buku itu semakin menarik bagi pembacanya.Perhatikan kembali gambar pada buku di atas. Dapatkah kamu menceritakan gambar-gambar di atas? Tahukah kamu bahwa matahari adalah sumber energi yang tidak pernah habis dan diperlukan oleh seluruh makhluk hidup yang ada di bumi, termasuk masyarakat Indonesia? Manusia dan lingkungan sekitar memerlukan sumber energi panas untuk kelangsungan hidupnya.
Ayo Berdiskusi
Diskusikanlah bersama dengan temanmu, usaha-usaha apa saja yang dilakukan manusia untuk memanfaatkan energi panas dari matahari. Bagaimana masyarakat sekitarmu memanfaatkan energi panas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya? Apakah energi panas diperuntukkan bagi semua orang? Bagaimana usaha masyarakat di sekitarmu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?
Ayo Membaca
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berhubungan dengan lingkungannya. Dalam hubungan dengan lingkungannya, ada peristiwa saling memengaruhi satu dengan yang lain. Matahari adalah sumber kehidupan yang memungkinkan lingkungan manusia berjalan sebagaimana mestinya. Lingkungan manusia terdiri atas lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat tempat kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya. Bagaimana manusia berhubungan dengan lingkungan alamnya? Simaklah bacaan berikut ini!
Manusia dengan Lingkungan Alam
Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut. Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung memiliki air tanah yang baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik. Bagaimana dengan manusia?
Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak. Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan ini, tentu dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi.
Sumber : dari berbagai sumber
Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut. Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung memiliki air tanah yang baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik. Bagaimana dengan manusia?
Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak. Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan ini, tentu dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi.
Sumber : dari berbagai sumber
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 25
Bacalah kembali bacaan di atas dengan seksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!1. Apa judul bacaan di atas?
Alternatif Jawaban :
Manusia dengan lingkungan alam
Manusia dengan lingkungan alam
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 26
2. Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
Alternatif Jawaban :
Paragraf 1 : Makhluk hidup, lingkungan alam
Paragraf 2 : Benda mati dan makhluk hidup
Paragraf 3 : Makhluk hidup, benda mati
Paragraf 4 : Hubungan, menyesuaikan diri, memanfaatkan alam
Paragraf 5 : Manusia, alam, ilmu pengetahuan dan teknologi
3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk menjawabnya!Paragraf 1 : Makhluk hidup, lingkungan alam
Paragraf 2 : Benda mati dan makhluk hidup
Paragraf 3 : Makhluk hidup, benda mati
Paragraf 4 : Hubungan, menyesuaikan diri, memanfaatkan alam
Paragraf 5 : Manusia, alam, ilmu pengetahuan dan teknologi
Alternatif Jawaban :
Paragraf 1 : Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam?
Paragraf 2 : Apa hubungan antara benda mati dan makhluk hidup dalam suatu lingkungan?
Paragraf 3 : Sebutkan 1 contoh makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati!
Paragraf 4 : Mengapa petani harus menyesuaikan diri dengan alam?
Paragraf 5 : Sebutkan 1 contoh teknologi yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya!
4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam !Paragraf 1 : Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam?
Paragraf 2 : Apa hubungan antara benda mati dan makhluk hidup dalam suatu lingkungan?
Paragraf 3 : Sebutkan 1 contoh makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati!
Paragraf 4 : Mengapa petani harus menyesuaikan diri dengan alam?
Paragraf 5 : Sebutkan 1 contoh teknologi yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya!
Alternatif Jawaban :
5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada teman - Disebut apa hubungan antar manusia?
- Sebutkan contoh lain penggunaan teknologi dalam pemanfaatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya!
sebangkumu!
Alternatif Jawaban :
Makhluk hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan lingkungannya. Makhluk hidup juga dapat mempengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Makhluk hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan lingkungannya. Makhluk hidup juga dapat mempengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 27
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam?
Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup yang saling berinteraksi.
2. Apa saja interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam?
Interaksi antara benda mati dengan makhluk hidup, interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya.
3. Jelaskanlah salah satu contoh bentuk interaksi antara lingkungan yang terdiri atas lingkungan benda hidup dan benda mati!
Daerah yang banyak tumbuhannya akan membuat suhu udara menjadi lebih sejuk.
4. Jelaskanlah interaksi apa saja yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya!
Interaksi antara manusia dan lingkungan alam, dapat dikelompokkan
menjadi dua, yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan
interaksi yang memanfaatkan alam.
5. Berikanlah contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan alam yang kamu ketahui!
Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan agar
tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk
berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana
dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 28
Ayo Menulis !Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!
1. Jelaskanlah pokok pikiran di setiap paragraf dengan menggunakan tabel berikut! Lengkapi juga
dengan informasi penting pada setiap paragrafnya!
Alternatif Jawaban :
Paragraf 1
Pokok pikiran :
Hubungan makhluk hidup dengan lingkungan
Informasi penting :
Lingkungan alam terdiri atas benda mati & makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.
Paragraf 2
Pokok pikiran :
Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi
Informasi penting :
Bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah tanah, suhu dan curah hujan memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang
Paragraf 3
Pokok pikiran :
Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati
Informasi penting :
Daerah yang banyak tumbuhannya menjadi lebih sejuk dan air tanah yang berlimpah. Tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya
Paragraf 4
Pokok pikiran :
Pengelompokan hubungan manusia dan lingkungan alam
Informasi penting :
Hubungan manusia yang harus menyesuaikan diri dengan alam dan hubungan manusia yang memanfaatkan alam
Paragraf 5
Pokok pikiran :
Manusia memanfaatkan alam untuk kebutuhan hidupnya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi
Informasi penting :
Contoh pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pemanfaatan alam untuk kebutuhan hidup manusia.
2. Buatlah sebuah tulisan dalam satu paragraf yang menjelaskan tentang bacaan di atas. Gunakanlah Paragraf 1
Pokok pikiran :
Hubungan makhluk hidup dengan lingkungan
Informasi penting :
Lingkungan alam terdiri atas benda mati & makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.
Paragraf 2
Pokok pikiran :
Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi
Informasi penting :
Bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah tanah, suhu dan curah hujan memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang
Paragraf 3
Pokok pikiran :
Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati
Informasi penting :
Daerah yang banyak tumbuhannya menjadi lebih sejuk dan air tanah yang berlimpah. Tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya
Paragraf 4
Pokok pikiran :
Pengelompokan hubungan manusia dan lingkungan alam
Informasi penting :
Hubungan manusia yang harus menyesuaikan diri dengan alam dan hubungan manusia yang memanfaatkan alam
Paragraf 5
Pokok pikiran :
Manusia memanfaatkan alam untuk kebutuhan hidupnya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi
Informasi penting :
Contoh pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pemanfaatan alam untuk kebutuhan hidup manusia.
pokok pikiran dan informasi penting di atas dalam tulisanmu. Usahakanlah untuk menggunakan
bahasamu sendiri
Alternatif Jawaban :
Semua makhluk hidup saling berhubungan satu dengan yang lain dalam satu lingkungan. Hubungan ini juga terjadi antara makhluk hidup dengan benda mati. Hubungan ini berupa hubungan saling memengaruhi antara keduanya. Contohnya daerah yang banyak tumbuhan memiliki kecenderungan menjadi sejuk dan lebih banyak simpanan air. Hubungan ini dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hubungan manusia dengan alam dikelompokkan menjadi dua, yaitu hubungan manusia yang menyesuaikan diri dengan alam dan hubungan manusia yang dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia juga menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memanfaatkan alam lingkungan, seperti pembuatan hujan buatan, penyuburan lahan pertanian dan lain-lain.
3. Di dalam kelompok kecil, tukarlah hasil pekerjaanmu dengan hasil pekerjaan teman sekelompokmu. Apakah teman sekelompokmu memiliki tulisan yang sama denganmu?Semua makhluk hidup saling berhubungan satu dengan yang lain dalam satu lingkungan. Hubungan ini juga terjadi antara makhluk hidup dengan benda mati. Hubungan ini berupa hubungan saling memengaruhi antara keduanya. Contohnya daerah yang banyak tumbuhan memiliki kecenderungan menjadi sejuk dan lebih banyak simpanan air. Hubungan ini dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hubungan manusia dengan alam dikelompokkan menjadi dua, yaitu hubungan manusia yang menyesuaikan diri dengan alam dan hubungan manusia yang dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia juga menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memanfaatkan alam lingkungan, seperti pembuatan hujan buatan, penyuburan lahan pertanian dan lain-lain.
Jawaban : Tidak ada
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 29
Ayo Mencoba
Perhatikan lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Berdasarkan keterangan pada bacaan di atas tentang interaksi manusia dengan lingkungannya, cobalah lakukan pengamatan terhadap lingkungan di sekitarmu. Gunakan pertanyaan berikut ini sebagai panduanmu.
1. Bagaimana kondisi geografis lingkungan di tempat tinggalmu? Apakah termasuk daerah pantai,
pegunungan, atau dataran?
Alternatif Jawaban :
Alternatif Alternatif Jawaban : (silakan dipilih)
Saya tinggal di daerah perkotaan, dimana lebih banyak rumah daripada pepohonan, sehingga lingkungan tempat tinggal saya kurang sejuk.
Saya tinggal di daerah pedesaan, dimana masih banyak pepohonan di sekitar tempat tinggal saya, sehingga lingkungan tempat tinggal saya lebih sejuk.
Alternatif Jawaban berikutnya : (silakan dipilih)
Saya tinggal di daerah pantai
Saya tinggal di daerah pegunungan
Saya tinggal di daerah dataran rendah
Saya tinggal di daerah dataran tinggi
Alternatif Alternatif Jawaban : (silakan dipilih)
Saya tinggal di daerah perkotaan, dimana lebih banyak rumah daripada pepohonan, sehingga lingkungan tempat tinggal saya kurang sejuk.
Saya tinggal di daerah pedesaan, dimana masih banyak pepohonan di sekitar tempat tinggal saya, sehingga lingkungan tempat tinggal saya lebih sejuk.
Alternatif Jawaban berikutnya : (silakan dipilih)
Saya tinggal di daerah pantai
Saya tinggal di daerah pegunungan
Saya tinggal di daerah dataran rendah
Saya tinggal di daerah dataran tinggi
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 30
2. Apa pekerjaan utama orang-orang di sekitarmu?
Alternatif Jawaban :
Daerah Pantai : Nelayan, pengrajin, buruh angkut, Pedagang
Daerah pegunungan/dataran tinggi : Petani, pedagang,
Daerah dataran rendah : pedagang, karyawan/buruh pabrik, petani
3. Apa saja bentuk interaksi masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya? lengkapilah tabelDaerah Pantai : Nelayan, pengrajin, buruh angkut, Pedagang
Daerah pegunungan/dataran tinggi : Petani, pedagang,
Daerah dataran rendah : pedagang, karyawan/buruh pabrik, petani
berikut, perhatikan contoh!
Alternatif Jawaban :
Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam
Contoh : Bercocok tanam
Hasil Interaksi dengan Lingkungan alam
contoh : Mudah mendapatkan sayuran segar
Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam
Melaut (Nelayan)
Hasil Interaksi dengan Lingkungan Alam
Mendapat berbagai biota laut, seperti ikan, cumi, kerang dan lain-lain
Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam
Memelihara hewan ternak (peternak)
Hasil Interaksi dengan Lingkungan Alam
Mudah mendapatkan daging, susu dan kulit hewan ternak
Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam
Melakukan penghijauan
Hasil Interaksi dengan Lingkungan Alam
Tersedianya sumber air bersih, Lingkungan sejuk/rindang
4. Apa kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini?Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam
Contoh : Bercocok tanam
Hasil Interaksi dengan Lingkungan alam
contoh : Mudah mendapatkan sayuran segar
Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam
Melaut (Nelayan)
Hasil Interaksi dengan Lingkungan Alam
Mendapat berbagai biota laut, seperti ikan, cumi, kerang dan lain-lain
Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam
Memelihara hewan ternak (peternak)
Hasil Interaksi dengan Lingkungan Alam
Mudah mendapatkan daging, susu dan kulit hewan ternak
Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam
Melakukan penghijauan
Hasil Interaksi dengan Lingkungan Alam
Tersedianya sumber air bersih, Lingkungan sejuk/rindang
Alternatif Jawaban :
Untuk daerah yang berbeda, maka tanaman yang dihasilkan pun berbeda, oleh karena itu manusia menyesuaikan diri dengan tiap lingkungan yang berbeda itu serta memanfaatkan lingkungan alam tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
Untuk Pembahasan Selanjutnya Mengenai Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 3 Anda bisa langsung Baca Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 33, 34, 36, 37Untuk daerah yang berbeda, maka tanaman yang dihasilkan pun berbeda, oleh karena itu manusia menyesuaikan diri dengan tiap lingkungan yang berbeda itu serta memanfaatkan lingkungan alam tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30, semoga dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar.
Post a Comment for "Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 25, 26, 27, 28, 29, 30"