Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Macam Jalur Masuk Perguruan Tinggi Indonesia Yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa!

Sebagai calon mahasiswa baru, maka Anda wajib mengetahui berbagai macam jalur masuk perguruan tinggi Indonesia. Sehingga saat mendaftar ke universitas impian akan menjadi lebih mudah dan siap karena sudah memiliki gambaran dan persiapan sendiri.

jalur masuk perguruan tinggi negeri

Sangat penting bagi Anda mengetahui berbagai syarat dan jenisnya agar dapat memilih jalur yang paling disukai. Karena langkah ini termasuk sebagai cara masuk perguruan tinggi negeri dengan mudah.

Kalau Anda membutuhkan informasi ini, mari simak uraian dari domain.com berikut ini agar lebih jelas.

Berbagai Macam Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Ada beberapa jalur masuk perguruan tinggi negeri yang harus dicermati dengan baik, untuk menentukan pilihan. Sebagaimana yang sudah diumumkan oleh Kementerian Pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia (RI).

Mengenai aturan aturan baru tentang lembaga yang dulu menangani Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) sekarang menjadi Balai pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

Seleksi yang biasa disebut sebagai Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) mendatang ini akan digelar dengan 3 jalur. Namun dengan skema yang berbeda dengan tahun lalu, yakni sebagai berikut:

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Tahap pertama adalah SNPMB jalur seleksi Nasional berdasarkan Prestasi (SNBP) yang diberikan kepada siswa SMA/SMK/MA, yang memiliki prestasi unggul. Mendapatkan keistimewaan untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), PTN Vokasi dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Kemudian jalur ini pada tahun 2023 akan dilakukan seleksi berdasarkan semua nilai rapor, portofolio dan prestasi lainnya. Mengenai pemilihan PTN dan prodi, calon mahasiswa dapat memilih 2 prodi dalam satu PTN, PTN Vokasi dan PTKIN.

Jika Anda memilih dua prodi, syaratnya salah satu pilihan prodi harus berada di perguruan tinggi pada provinsi yang sama dengan sekolah asal. Sehingga Anda dapat memilihnya saat ingin kuliah di kota yang sama.

Daya tampung di SNBP untuk setiap program studi di PTNsudah ditentukan minimal 20%. Namun jika kuota atau daya tampung SNBP tersebut tidak terpenuhi dapat dialihkan ke SNBT.

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

Kemudian jalur masuk perguruan tinggi Indonesia yang kedua etelah SNBP Seleksi selanjutnya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Sistem ini merupakan sistem seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan dengan hasil nilai tes skolastik yang berbasis komputer.

Pada umumnya materi yang diujikan pada jalur ini hnya skolastik yang terdiri dari empat subtes:
  • Tes Potensi Kognitif.
  • Penalaran Matematika.
  • Literasi Bahasa Indonesia.
  • Literasi Bahasa Inggris.

SNBT ini merupakan tes yang dilakukan dengan tes berbasis komputer, perbedaan terbesar dari SNBT adalah tidak adanya Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Daya tampung dari SNBT untuk setiap program studi di PTN selain PTN Badan Hukum (PTN-BH) ditentukan minimal 40%. Kemudian minimal 30 % untuk program studi di PTN Badan Hukum. Jika tidak terpenuhi maka akan dialihkan ke seleksi mandiri oleh PTN.

Seleksi Mandiri (Ujian Mandiri)

Kemudian Seleksi Mandiri oleh PTN sendiri merupakan seleksi yang terakhir, sehingga pelaksanaannya dilakukan setelah pengumuman dari SNBT. Namun saat kuotanya tidak terpenuhi, maka PTN dapat memperpanjang seleksi mandiri sampai tanggal 15 Agustus.

Nama dari beberapa PTN ini berbeda-beda, sesuai dengan perguruan tinggi negari yang dituju. Sebagaimana berikut ini:
  • SIMAK UI (Universitas Indonesia)
  • SMUP Unpad (Universitas Padjajaran)
  • Mandiri ITB (Institut Teknologi Bandung)
  • UM UNDIP (Universitas Diponegoro)
  • UM UGM (Universitas Gadjah Mada)

Kuota Daya Tampung Jalur Mandiri

Mengenai daya tampungnya sendiri, untuk seleksi Mandiri oleh PTN ditetapkan dengan besaran maksimal sebesar 30% untuk PTN. Sementara itu mengenai PTN-BH memiliki kuota maksimal 50%.

Semoga informasi mengenai jalur masuk perguruan tinggi Indonesia ini bermanfaat bagi Anda.
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Berbagai Macam Jalur Masuk Perguruan Tinggi Indonesia Yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa!"