Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 PB 2 Halaman 63, 71

Kunci Jawaban Halaman 63, 71 Buku Tematik Tema 7 Kelas 6 - Buku Siswa Tema 7 Kepemimpinan Subtema 2 Pembelajaran 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018, yang di pelajari adalah temanya tentang Pemimpin Idolaku membahas mengenai Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Masa Pubertas. Baik langsung saja, kami akan menyajikan alternatif Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 lengkap sebagai sumber media belajar siswa. Perlu disampaikan bahwa isi artikel ini hanya rangkuman materi tematik yang didapat dari berbagai sumber, dengan itu adik-adik setelah memahami materi, wajib mengerjakan soal secara mandiri sesuai dengan pemahaman masing-masing.

kunci jawaban Halaman 63, 71 Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 PB 2

Baca Juga :

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 SD/MI Subtema 2 Pemimpin Idolaku Pembelajaran 2


Ayo Mengamati

Bacalah teks berikut!

Bagong Kussudiarjo
Bapak Bagong Kussudiarjo merupakan seorang seniman serba bisa. Beliau lahir di Yogyakarta pada 9 Oktober 1928. Beliau sempat menimba ilmu di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Yogyakarta pada 1954. Pada 1957,beliau belajar koreografi dari tokoh tari modern Martha Graham di New York, Amerika Serikat. Pak Bagong merintis karier di dunia seni sebagai penari Jawa klasik, setelah belajar di Sekolah Tari Kredo Bekso Wiromo pimpinan Pangeran Tedjokusumo.


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 2

Selama bertahun-tahun menimba ilmu, Pak Bagong berkembang menjadi sosok yang selalu berkreasi. Banyak ide yang diwujudkan dalam bentuk tari-tari klasik. Bahkan, di mata seniman Indonesia, Pak Bagong dijuluki sebagai begawan seni. Maklum, selain menekuni dunia tari,puisi, seni lukis,dan seni patung, Pak Bagong juga aktif merintis seni batik kontemporer.

Pada 5 Maret 1958, Pak Bagong mendirikan Pusat Pelatihan Tari Bagong Kussudiardjo. Tepat 20 tahun kemudian, ia membangun padepokan seni yang ruang lingkupnya lebih luas mencakup tari, ketoprak, karawitan, dan sinden. Sejumlah karyanya juga pernah dipentaskan di beberapa negara.Atas kesetiaan terhadap dunia seni, Pak Bagong mendapat anugerah Karya Cipta Putra Bangsa dan penghargaan dari Sri Paus Paulus VI.

Namun, pada Selasa 15 Juni 2004, Pak Bagong Kussudiarjo meninggal dunia. Jenazah koreografer kondang berusia 76 tahun ini disemayamkan di Padepokan Tari Bagong Kussudiarjo dan dikebumikan di Dusun Sembungan, Gunung Sempu, Kasihan, Kabupaten Bantul.


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6  (Halaman 63)


Ayo Menulis
kunci jawaban Halaman 63 Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 PB 2

Kamu telah membaca teks “Bagong Kussudiarjo”. Sekarang, kerjakan tugas berikut.
1. Tuliskan informasi-informasi penting mengenai Pak Bagong Kussudiarjo dari teks bacaan “Bagong Kussudiarjo”. Gunakan kosakata baku.
  1. Bagong kussudiarjo seorang seniman serba bisa. Lahir di Yogyakarta tanggal 9 Oktober 1928
  2. Belajar di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) tahun 1954. Belajar koreografi dari Martha Graham di New York, Amerika Serikat. Belajar tari klasik di sekolah tari Kredo Bekso Wiromo
  3. Tanggal 5 Maret 1958 mendirikan pusat pelatihan Tari Bagong kussudiarjo
  4. Mendapat anugerah Karya cipta putra bangsa dan penghargaan dari sri paus paulus VI
  5. Meninggal pada tanggal 15 Juni 2004

2. Carilah informasi mengenai judul-judul karya tari ciptaan Pak Bagong Kussudiarjo.
  • Batik
  • Keris
  • Reog
  • Layang-layang (th 1954)
  • Kebangkitan dan kelahiran Isa almasih (1968)
  • Bedaya gendeng
  • Yapong
  • Wirapertiwi
  • Satria tangguh (1968)

3. Carilah informasi mengenai tokoh tari dari daerahmu, baik seorang pencipta tari, penari, atau pemimpin sanggar tari.

Tokoh Tari Indonesia

Sujana Arja

Seniman topeng (maestro topeng) Cirebon yang serba terampil. Usahanya untuk memperkenalkan seni budaya Indonesia dimulai sejak ngamen di lorong-lorong kampung hingga pertunjukan panggung bergengsi internasional. Ketika remaja (tahun 1940an), sering ikut bersama grup kesenian pimpinan ayahnya untuk "ngamen" (dalam istilah cirebon, disebut bebarang). Ia memimpin grup kesenian Panji Asmara

Ayo Mencoba

1. Lihatlah sebuah video tari daerah berpasangan.
2. Perhatikan gerakan dan pola lantai penari dalam menyajikan tarian.
3. Tirukan lima gerakan dari tarian tersebut. Berlatihlah melakukan gerakangerakantari tersebut hingga mahir.

Gerak tari berpasangan dapat dilakukan antara laki-laki dan perempuan,perempuan dan perempuan, atau laki-laki dan laki-laki. Namun, dalam pelaksanaannya tidak selalu hanya dua orang penari yang menarikan. Dalam pementasannya, tarian dapat ditarikan oleh beberapa pasang penari sekaligus.Peran tiap penari berbeda-beda, tetapi masing-masing penari berperan serta untuk menghasilkan sajian tari yang terlihat indah dan harmonis.

Remaja yang sedang dalam masa pubertas biasanya banyak beraktivitas. Kelenjar keringat dan kelenjar minyak juga lebih aktif akibat pengaruh hormon.Apabila kamu tidak memperhatikan kebersihan badan dan pakaian, tentu akan menimbulkan masalah bagi kesehatan dan dalam pergaulan bersama teman.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 (Halaman 71)


Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, diskusikan cara-cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas. Kalian dapat mencari informasi dari buku atau menanyakan kepada Bapak/Ibu guru. Jika membuka internet, mintalah untuk didampingi Bapak/Ibu guru. Buatlah kelompok anak-anak perempuan terpisah dari anak laki-laki. Tuliskan hasil diskusimu, lalu diskusikan dengan kelompokkelompok lain.
  • Cara menjaga organ reproduksi :
  • Pakai handuk yang lembut, bersih, tidak berbau/lembab
  • Memakai celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat
  • Hindari bertukar pakaian dalam dan handuk dengan orang lain
  • Pakaian dalam diganti minimal 2 kali dalam sehari
  • Bagi perempuan, sesuah buang air kecil, membersihkan alat kelamin sebaiknya dari arah depan menuju belakang agar kuman yang terdapat pada anus tidak masuk ke dalam organ reproduksi
  • Laki-laki dianjurkan untuk disunat/khitan agar menurunkan resiko kanker penis

Ayo Berkreasi
Coba, buatlah rencana karya berisi cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas. Kerjakan bersama kelompokmu. Kamu dapat membuat poster atau buklet sederhana. Tuliskan rencana karya yang akan kamu buat dalam bentuk seperti berikut.
kunci jawaban Halaman 71 Tema 7 Kelas 6

Rencana Karya
Jenis Karya :
Poster
Bahan dan Alat :
Kertas karton, pensil warna/krayon/spidol, gunting, lem, penggaris, gambar kliping
Isi dalam karya :
Isi berupa tulisan tentang cara menjaga organ reproduksi, isi tulisan dipercantik dengan tambahan tempelan-tempelan gambar yang sesuai serta diagram/peta pikiran yang relevan


Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 PB 2 Halaman 63, 71, semoga senantiasa dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar. Salam untuk keluarga di rumah, sukses selalu untuk kita semua.
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 PB 2 Halaman 63, 71"