Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 PB 6 Halaman 100, 101, 102

Kunci Jawaban Halaman 94, 95, 97 Buku Tematik Tema 7 Kelas 6 - Buku Siswa Tema 7 Kepemimpinan Subtema 2 Pembelajaran 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018, yang di pelajari adalah temanya tentang Pemimpin Idolaku membahas mengenai Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Masa Pubertas. Baik langsung saja, kami akan menyajikan alternatif Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 lengkap sebagai sumber media belajar siswa. Perlu disampaikan bahwa isi artikel ini hanya rangkuman materi tematik yang didapat dari berbagai sumber, dengan itu adik-adik setelah memahami materi, wajib mengerjakan soal secara mandiri sesuai dengan pemahaman masing-masing.

kunci jawaban Halaman 100, 101, 102 Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 PB 6

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 SD/MI Subtema 2 Pemimpin Idolaku Pembelajaran 6

Ayo Berlatih

Nilai persatuan dan kesatuan harus dimiliki seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang memiliki nilai persatuan akan bersikap dan bertindak demi keutuhan para anggota yang dipimpinnya. Apalagi di Indonesia yang terdiri atas beragam suku bangsa, kesenian, dan adat istiadat. Peran pemimpin sangat diperlukan untuk menjembatani semua keragaman itu.

Dalam Subbab ini kamu akan mempelajari salah satu kesenian daerah, yaitu tari daerah yang dilakukan secara berpasangan. Bersama teman-temanmu,bermusyawarahlah untuk memilih salah satu tarian daerah yang dilakukan secara berpasangan. Selanjutnya, berlatihlah dengan tekun untuk dipentaskan pada acara kelulusan nanti. Berlatihlah hingga gerakan kalian benar dan kompak.

Ayo Mencoba

Kamu telah membuat teks pidato. Sampaikan kepada teman-teman dalam kelompokmu. Mintalah masukan mereka supaya pidatomu lebih baik. Perbaikilah pidatomu sesuai saran mereka.
Setelah kamu merasa pidatomu lebih baik, bersiaplah untuk berpidato di hadapan teman-teman sekelas dan Bapak/Ibu guru. Sampaikan pidato dengan penuh percaya diri, pengucapan yang jelas, dan intonasi yang tepat. Lakukan bergantian dengan teman-temanmu. Dengarkan dengan penuh perhatian saat temanmu menyampaikan pidatonya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6  (Halaman 100)

EVALUASI
1. Tulislah satu orang pemimpin yang kamu kenal. Sebutkan nilai-nilai kepemimpinan yang dimilikinya (paling sedikit tiga), contoh kegiatannya, serta manfaatnya bagi orang-orang di sekitarnya.

Pemimpin yang saya kenal :
  • Pak RT

Nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki :
  • Religius
  • Disiplin
  • Pekerja Keras
  • Toleran
  • Humanis

Contoh kegiatan :
  • Selalu bekerja seperti tidak mengenal lelah, selalu semangat, tidak pernah mengeluh demi memberi nafkah kepada keluarga
  • Selalu baik dengan keluarga dan orang-orang di sekitarnya, selalu memaklumi kekurangan yang dimiliki istri dan anak-anaknya, serta tetangga dan orang lain di sekitarnya
  • Selalu welas asih/kasih sayang terhadap keluarga, selalu suka membantu para tetangga sekitar.
  • Selalu berdoa dalam mengawali dan mengakhiri kegiatan, selalu mengucapkan rasa syukur dalam segala aktivitas.
  • Selalu melakukan sesuatu sesuai dengan yang telah ditetapkan (tepat waktu, tepat janji)

Manfaat bagi orang-orang di sekitarnya :
  • Membuat kehidupan ekonomi keluarga menjadi lebih baik dan nyaman, anak-anaknya dapat bersekolah dengan baik
  • Membuat keluarga beliau menjadi harmonis, hubungan dengan tetangga sekitar juga harmonis.
  • Membuat orang-orang disekitarnya sangat menyayanginya, baik keluarga maupun tetangga-tetangga maupun orang-orang di sekitarnya, membuat beliau disegani di lingkungan masyarakat.
  • Menjadikan kami sebagai anak-anaknya jadi lebih mengenal Tuhan Yang Maha Esa, meniru sikap ayah yang selalu bersyukur
  • Menjadikan kegiatan dan jadwal aktivitas di lingkungan rumah menjadi lebih teratur, anak-anaknya jadi lebih merasa nyaman berada di rumah

2. Isilah diagram Frayer di bawah ini untuk menunjukkan pemahamanmu tentang kepemimpinan.

kunci jawaban Halaman 100 Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 PB 6


Contoh Kepemimpinan yang baik :

Kepala Sekolah yang selalu peduli akan kesulitan guru dan murid-murid di sekolahnya, selalu mencari jalan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh guru dan murid-murid di sekolahnya
Seorang dokter yang selalu telaten dan sabar mendengarkan keluhan sakit pasiennya untuk kemudian menenangkannya sambil berusaha memberikan pengobatan yang mampu memberikan kesembuhan

Ciri-ciri pemimpin yang baik :

Mempunyai nilai rela berkorban, nilai keteladanan, disiplin, nilai kerja keras & kerja cerdas, pantang menyerah/gigih, mendahulukan kepentingan bersama, mampu bekerjasama dan berkomunikasi, terus belajar/terus memperbaiki diri, toleran, bertanggungjawab

Pengertian kepemimpinan yang baik :

Pemimpin yang mempunyai pengaruh baik atas orang lain dan mampu mengilhami, memberikan motivasi, semangat dan juga mampu memberi arahan aktivitas-aktivitas anggota untuk membantu tercapainya tujuan kelompok/organisasi

Contoh kepemimpinan yang kurang baik :

Pemimpin yang merasa dirinya paling benar, paling berkuasa, tidak mau menerima nasihat, tidak bisa menghargai pendapat orang lain, hanya bisa memerintah dan tanpa mau peduli dengan bawahannya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6  (Halaman 101)

3. Tuliskan berbagi kegiatan yang menunjukkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.Tuliskan paling sedikit lima jenis kegiatannya.

kunci jawaban Halaman 101 Tema 7 Kelas 6

  • Membantu lingkungan sekitar yang terkena musibah
  • Melayat tetangga yang meninggal
  • Turut aktif dalam kegiatan kampung, seperti Siskamling, PKK
  • Turut aktif dalam lomba-lomba/peringatan hari besar di daerah tempat tinggal
  • Gotong royong membersihkan solokan,
  • Menjenguk dan membantu teman yang sakit

4. Tuliskan tiga cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan.
  • Menghormati perbedaan suku, agama, ras maupun golongan
  • Mempelajari adat/kesenian sendiri dan juga mempelajari adat/kesenian suku lain
  • Tidak membeda-bedakan terhadap orang lain/tidak melakukan diskriminasi

5. Apa keunikan tari Zapin dari Aceh?
Tarian Zapin yang mengutamakan kesatuan gerakan cepat. Dengan adanya kerjasama dan kesatuan pada gerakan tari yang cepat menghasilkan gerakan-gerakan yang indah dan menakjubkan. Tarian ini berisi dakwah Islam melalui seni yang berasal dari daerah Arab dan di tambah dengan sentuhan budaya lokal/Indonesia, sehingga makin memperindah gerakan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6  (Halaman 102)


6. Bagaimana sikapmu jika pada saat berdiskusi, ada perbedaan pendapat dengan temanmu?

kunci jawaban Halaman 100-102 Buku Tematik Tema 7 Kelas 6

Memberikan kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapat, tanpa menyela, harus sabar mendapat kesempatan untuk menyampaikan pendapat. Memberikan penjelasan yang sistematis/berurutan, dilakukan dengan sopan dan tetap menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan kebersamaan tanpa menyinggung teman kita yang berbeda pendapat.

Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 PB 6 Halaman 100, 101, 102, semoga senantiasa dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar. Salam untuk keluarga di rumah, sukses selalu untuk kita semua.
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 PB 6 Halaman 100, 101, 102"