Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 6 Halaman 53, 54, 55, 58

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 53, 54, 55, 58 - Buku Siswa Tema 7 Kepemimpinan Subtema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018, yang di pelajari adalah temanya tentang Pemimpin Idolaku. Pada Subtema 2 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus di selesaikan siswa dengan baik. Dengan itu kami menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 lengkap sebagai sumber media belajar siswa.

Buku Siswa ini digunakan sebagai referensi media belajar untuk kelas 6 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2018.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 53, 54, 55, 58

Pada bagian Tema 7 Subtema 2 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 1 halaman 53-58

Baca Juga :




Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 halaman 53-58

Ayo Menulis

Kamu sudah belajar tentang kepemimpinan dan nilai-nilai yang harus dimiliki.Di sekitar kita banyak pemimpin yang baik dan kita mengidolakannya. Apakah mengidolakannya?

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 53


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 53

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 54


Diskusikan tulisanmu dengan tulisan teman satu kelompokmu. Adakah persamaan antara hasil tulisanmu dengan hasil tulisan rnereka?

Gabungkanlah nilai-nilai kepemimpinan tokoh idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh pemimpin idola teman satu kelompokmu.Pilihlah tiga nilai kepemimpinan dan contoh kegiatannya yang patut diteladani.Tuliskan ketiga nilai tersebut pada kotak yang bertuliskan ‘nilai’ dan tuliskan kegiatan yang telah dilakukannya pada kotak di sebelah kanan.


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 54

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 55


Sampaikan hasil kerja kelompokmu kepada teman satu kelas. Apakah kamu melihat persamaan dan perbedaannya?

Pemimpin idola dapat berasal dari berbagai kalangan. Diskusikan siapa saja para pemimpin idola teman sekelasmu. Apakah mereka bekerja di bidang politik, sosial, budaya, ekonomi atau pendidikan. Catat hasil diskusimu. Kamu bisa mempelajari contoh yang diberikan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 55

Pemimpin idola memiliki nilai-nilai yang terlihat dalam kegiatan kesehariannya.
Sebaiknya, kita banyak belajar dari para pemimpin yang menjadi pujaan atau idola kita.
Kamu bisa menuliskan tokoh idolamu, lembaga tempatnya bekerja, tugas,dan manfaat kelembagaan pada tabel berikut. Perhatikan contoh yang ada sebelum mengerjakan tugasmu.

Materi dan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6
 
Ayo Membaca
Kita mengidolakan seorang pemimpin karena kita tahu mereka bekerja untuk kepentingan rakyatnya. Ayo, belajar dari salah seorang pemimpin yang patut kita teladani melalui bacaan berikut!

Pamanku, Lurah Idola
Ini cerita tentang pamanku, Badi namanya. Ia seorang lurah di desanya.Warga biasa memanggilnya dengan sebutan Pak Lurah. Tetapi, aku tahu mereka mengenal dekat, hormat, serta sayang kepada beliau.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6
Walau menjabat sebagai lurah,pamanku hidup sederhana. Gaji dan fasilitas yang diperolehnya tidak digunakan untuk kepentingan pribadinya. Rumahnya tetap mungil sederhana, hanya berlantai semen.

“Ah, untuk apa rumah mewah, berlantai keramik? Yang penting bersih dan nyaman saja. Lantai semen justru terasa lebih dingin kan?” ujarnya ketika aku mengomentari rumahnya.
Ternyata, dari cerita bibi aku tahu. Paman menyisihkan gajinya justru untuk meningkatkan kesejahteraan warganya. Dibangunnya balai belajar sederhana untuk tempat warga belajar membaca. Paman ingin warganya maju. Ia ingin warganya melek informasi.

Membaca merupakan salah satu cara untuk membuka pintu informasi.

Bergantian dengan bibi, di sore hari, paman mengajar membaca di balai belajar. Ia sabar dan penuh canda, sehingga warga tak sungkan belajar dengannya. Kadang warga seperti lupa, bahwa sang guru adalah lurah,pejabat pemerintahan desa. Paman sedikit demi sedikit juga menyediakan berbagai buku di balai belajar. Berbagai buku disediakan, seperti buku bercocok tanam, pemeliharaan hewan, atau buku pengetahuan umum tersedia di sana. Ia selalu menyisihkan sebagian gajinya untuk membeli buku di pasar buku bekas.

Bukan hanya memikirkan kesejahteraan warganya, pamanku juga selalu bermusyawarah dengan warga sebelum menentukan kebijakan. Aku ingat,pernah sekali waktu sekelompok investor datang menemui paman. Mereka ingin membangun toko swalayan di desa. Sebagai lurah, paman dapat saja langsung menyetujui, tetapi paman justru mengumpulkan warga untuk berdiskusi. Dikemukakannya dampak positif dan negatif jika ada toko swalayan di desa mereka.

Sebagian besar warga tidak setuju karena khawatir akan mengalahkan usaha kecil warga. Warung dan pasar tradisional akan tersaingi. Tanpa ragu paman pun menolak rencana pembangunan toko swalayan tersebut.

Aku yakin, banyak warga yang ingin dipimpin oleh lurah seperti Pak Badi,pamanku. Seorang pemimpin yang memilih untuk tidak menjulang tinggi di tengah kesederhanaan warganya. Seorang pemimpin yang memilih untuk berjuang maju bersama warganya.

Perhatikan nilai-nilai yang dimiliki oleh tokoh pemimpin pada teks bacaan di atas. Sebagai seorang pemimpin, ia sedang mengamalkan nilai-nilai persatuan. Apa yang dilakukannya merupakan wujud dari cintanya terhadap tanah air. Berikut nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila, yaitu “Persatuan Indonesia”.

1. Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara apabila diperlukan.

2. Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.

3. Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.

4. Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.

5. Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 58


Apakah kamu telah menerapkan nilai-nilai persatuan? Tulislah contoh penerapan nilai-nilai persatuan saat kamu berada di sekolah. Jangan lupa sertakan manfaatnya bagimu dan lingkungan sekitarmu.
Penerapan nilai-nilai persatuan
  • Berteman tanpa membeda-bedakan
  • Menghormati teman yang berbeda suku, agama dan ras
  • Berkorban membantu teman yang mengalami kesusahan

Manfaat untuk diri sendiri
  • Banyak teman
  • Mendapat balasan respek/hormat dari teman-teman
  • Kepuasan hati, teman bertambah banyak

Manfaat untuk lingkungan
  • Timbul kebersamaan, kekeluargaan
  • Timbul kebersamaan, kekeluargaan, solidaritas makin tinggi
  • Timbul semangat kekeluargaan, kebersamaan makin terjalin

Ayo Mencoba

Lurah idola, seperti tokoh dalam cerita sebelumnya, memang dicintai masyarakatnya. Penduduk dengan beragam latar belakang agama, sosial,suku bangsa, dan budaya dapat bersatu karena seorang lurah yang bekerja keras untuk penduduknya.

Sebagai pelajar, kamu pun dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkunganmu.

Buatlah rencana pidato yang mengajak teman sekolahmu untuk membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumah untuk belajar membaca. Susunlah naskah pidato dengan struktur penyusunan pidato yang telah dipelajari sebelumnya.

Teks pidato harus memuat:

Salam pembuka

1. Berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)

2. Pendahuluan
Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas.
Kali ini, kamu akan membahas pengamalan persatuan dan kesatuan di lingkungan, yaitu meningkatkan kualitas warga. Kamu akan membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumahmu untuk membaca.

3. Inti
Berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.
 
4. Keterangan lengkap tentang topik disampaikan secara rinci.

5. Penutup
Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.

6. Salam penutup

Berisi kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 59


Salam pembuka

Assalamu'alaikum WR. WB

Pertama-pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala, yang mana pada kesempatah hari ini, kita masih diberi nikmat sehat dan sempat sehingga kita bisa berkumpul di temat ini. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi kita Nabi Agung Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam

Pendahuluan

Perkenankanlah pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan sedikit data yang saya peroleh, semoga dengan penyampaian data ini dapat menggugah hati kita sebagai generasi penerus bangsa. Berdasarkan studi "Most Littered Nation In The World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada bulan Maret tahun 2016, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara yang diteliti soal minat membaca. Indonesia persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). Sungguh memprihatinkan, jika rakyat Indonesia masih sangat rendah dalam hal minat membaca.

Inti

Lalu apa yang bisa kita lakukan sebagai generasi penerus bangsa? Hanya prihatin? .... Jika hanya prihatin yang bisa kita lakukan, maka seluruh pejuang-pejuang bangsa yang kini terbaring kaku di pemakaman hanya bisa menangis, melihat cucu-cucu mereka sekarang telah ingkar nikmat, tidak bersyukur atas jerih payah perjuangan para pahlawan yang dengan rela berkorban apa saja, bahkan dengan nyawa.

Keterangan lengkap

Oleh karena itu saya mengajak teman-teman untuk melakukan aksi nyata, bukan NATO, Not Action Talk Only, yang artinya tidak ada aksi hanya bicara saja. Bagaimana caranya? Banyak.... Kita dianugerahi akal pikiran, ciptakan kreativitas yang membuat kita dan orang-orang di sekitar kita menjadi tertarik untuk membaca. Kita bisa mengajak adik-adik kelas kita untuk sering mengunjungi perpustakaan, kita bisa bersedekah ilmu dengan mengajar adik-adik kelas kita yang belum bisa membaca di luar jam pelajaran, kita bisa menyisihkan uang jajan kita untuk kita belikan buku, kita bisa bersilaturahmi/berkunjung ke rumah tetangga-tetangga kita yang belum bisa membaca, dan banyak lagi kegiatan-kegiatan yang bisa kita lakukan sesuai dengan kreativitas kita.

Penutup
Semoga dengan kepedulian ini, kita bisa menyebarkan semangat positif dan optimis terhadap lingkungan sekitar kita, yang mana dengan tindakan kita masyarakat ikut tergugah dan turut berpartisipasi dalam gerakan minat baca ini, karena membaca adalah jendela dunia.

Bila kita telah melakukan berbagai kegiatan tersebut, maka kita tidak lagi ingkar nikmat kemerdekaan, kita bisa berjalan tegak dan berkata "Inilah aku, generasi pengisi kemerdekaan"

Salam penutup

Demikianlah mungikn itu saja yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya.
Nashrun Minallah wa Fathun Qarib
Wassalamualaikum WR. WB



Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 6 Halaman 53, 54, 55, 58, semoga dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar. 
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 6 Halaman 53, 54, 55, 58"