Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 14, 16, 17, 21
Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Halaman 14, 16, 17, 21 - Pada Tema 6 Subtema 1, yang di pelajari adalah temanya tentang Aku dan Cita-citaku. Pada Subtema 1 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus diselesaikan oleh siswa secara individu dengan tepat. Dengan itu kami menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 lengkap sebagai sumber media belajar siswa.
Buku Siswa ini digunakan sebagai referensi media belajar untuk kelas 4 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Terpadu Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Tema 6 Subtema 1 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 2 halaman 14-21.
Baca Juga :
- Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32
- Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44
- Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 45, 46, 47, 48, 49, 50, 51, 52
- Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 54, 55, 56, 57, 58
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 14-21
Siti bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan dan hewan. Ia suka sekali mempelajari pengetahuan tentang tumbuhan dan hewan. Banyak buku tentang hewan dan tumbuhan yang dibacanya. Pengetahuan itu digunakan Siti sebagai bekal untuk merawat hewanpeliharaannya dan tumbuhan yang ditanamnya.Siti memelihara beberapa ekor kelinci di rumahnya. Kelinci-kelinci itu bermain bebas di belakang rumah Siti yang asri. Ada beberapa pohon tumbuh di halaman belakangnya. Pohon yang rindang menjadikan udara sejuk. Siti senang menghabiskan waktunya di sana untuk menyiram tanaman dan memberi makan kelincinya.
Perhatikan gambar halaman rumah Siti di bawah.
Selanjutnya, sebutkan jenis hewan yang ada di halaman belakang rumah Siti!
Apakah kamu melihat kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang sedang mekar?
Kamu tentu ingat ada sebuah lagu tentang kupu-kupu. Ayo, nyanyikanlah!
Ayo Bernyanyi
Apakah kamu menyanyikan dengan cepat?
Apakah kamu menyanyikan dengan lambat?
Bagaimana perasaanmu jika lagu itu dinyanyikan dengan cepat?
Setiap hewan dan tumbuhan membutuhkan air. Air dapat berasal dari airhujan atau sumber air.
Coba bandingkan dengan lagu berikut!
Ada lagu yang dinyanyikan dengan lambat, ada juga lagu yang dinyanyikan dengan cepat. Cepat dan lambatnya lagu dinyanyikan disebut tempo lagu. Ada tanda atau istilah untuk menunjukkan tempo lagu.
Istilah atau tanda tempo sebagai berikut
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 14
Ayo MengamatiAmatilah kembali penulisan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" di depan. Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian, cocokkan dengan keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu berikut.
- Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"?
- Tahukah kamu perbedaan tempo pada lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" tersebut?
- Carilah notasi lagu yang lain. Amatilah tempo yang digunakan pada notasi lagu tersebut!
Alternatif Jawaban:
- Andante
- Perbedaannya adalah pada lagu kupu-kupu yang lucu menggunakan tempo lento sedangkan pada lagu Tik- tik bunyi hujan menggunakan tempo andante
- Pada notasi lagu "Balonku" menggunakan tempo andante.
Ayo Membaca
Simaklah puisi berikut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 16
Ayo BerlatihSetelah menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
2. Coba buatlah judul lain yang sesuai dengan isi puisi tersebut!
3. Berapakah jumlah bait yang terdapat pada puisi tersebut?
4. Berapakah jumlah baris pada setiap bait puisi tersebut?
Alternatif Jawaban :
- Cita-citaku
- Alat musik
- Tiga Bait
- Empat baris
Ayo Mengamati
Perhatikan kembali puisi "Cita-Citaku" dengan saksama. Amatilah bunyi vokal setiap kata terakhir pada setiap baris puisi!
Perhatikan contoh berikut!
Suara indah alat musik ------------------------------- i
Alunannya tenang mendayu ------------------------- u
Seakan selalu berbisik ----------------------------- i
Aku selalu ada untukmu -------------------------- u
Aku suka alat musik itu --------------------------- u
Karena itu aku ingin menjadi pemainnya ------- a
Inilah cita-citaku ------------------------------------ u
Menjadi pemain biola ------------------------------ a
Langkah-langkah kujalani ------------------------- i
Semua cobaan kulewati ---------------------------- i
Untuk mendapatkan apa yang kuinginkan ------ a
Semua akan kuperjuangkan ------------------------ a
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 17
Apakah kesimpulanmu setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi di atas?
Alternatif jawaban :
Setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi di atas saya menjadi lebih tau dan paham apabila puisi tersebut memiliki rima yang teratur seperti abab.
Setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi di atas saya menjadi lebih tau dan paham apabila puisi tersebut memiliki rima yang teratur seperti abab.
Coba bandingkan dengan bait puisi berikut!
Ayo Membaca
Ayo Mencoba
Carilah sebuah puisi anak dari berbagai sumber informasi. Kamu dapat mencarinya di majalah anak atau koran anak. Guntinglah dan tempelkan pada bukumu. Jangan lupa menuliskan nama penulisnya dan sumber informasi yang kamu gunakan. Salinlah puisi tersebut, lalu tentukan vokal terakhir dari setiap baris puisi tersebut! Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas empat orang. Bandingkan hasil temuanmu. Apakah Kesimpulanmu?
Kepompong merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kupukupu. Di dalam kepompong itu ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut siklus hidup atau daur hidup.
Kita sudah mengetahui daur hidup hewan peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan kucing. Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan meta- morfosis.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 21
Ayo Berdiskusi1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2. Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan belalang di depan.
3. Diskusikanlah perbedaan daur hidup kupu-kupu dengan daur hidup belalang tersebut.
4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu!
Alternatif Jawaban :
Perbedaan
daur hidup kupu-kupu dan belalang adalah kupu- kupu sebagai contoh
hewan yang menagalami metamorfosis sempurna sedangkan belalang sebagai
hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.
Alternatif Jawaban :
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna:
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna:
- Katak
- Nyamuk
- Lalat
- Kumbang
- Semut
- Lebah
- Kala Jengking Terbang
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna:
- Jangkrik
- Kecoa
- Capung
- Tonggeret
- Rayap
- Kutu Daun
- Anggang – Anggang
Ayo Renungkan
1. Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
2. Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
3. Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
Kerja Sama dengan Orang Tua
• Siswa dibantu orang tua mencari gambar-gambar dari majalah bekas atau koran bekas untuk membuat daur hidup hewan.
• Gambar-gambar tersebut digunting dan ditempel pada selembar kertas sehingga membentuk daur hidup hewan. Pada di setiap gambar tahapan daur hidup hewan diberi keterangan singkat.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 14, 16, 17, 21 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 2. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 14, 16, 17, 21"