Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44
Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44 - Pada Tema 6 Subtema 1, yang di pelajari adalah temanya tentang Aku dan Cita-citaku. Pada Subtema 1 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus diselesaikan oleh siswa secara individu dengan tepat. Dengan itu kami menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 lengkap sebagai sumber media belajar siswa.
Buku Siswa ini digunakan sebagai referensi media belajar untuk kelas 4 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Terpadu Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Tema 6 Subtema 1 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 4 halaman 35-44.
Baca Juga :
- Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 45, 46, 47, 48, 49, 50, 51, 52
- Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 54, 55, 56, 57, 58
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 35-44
Perhatikan gambar di atas! Apa yang dapat kamu ceritakan dari gambar tersebut? Ya, kamu dapat memiliki lebih dari satu cita-cita. Cita-citamu pun tidak harus berupa profesi tertentu. Cita-cita seseorang merupakan impian yang ingin dicapai karena ia memiliki minat dan kesukaan. Minat dan kesukaanmu terhadap bidang tertentu dapat membantumu meraih cita-cita.Siti ingin menjadi peneliti di bidang tumbuhan. Ia suka berkebun. Halaman rumahnya ditumbuhi berbagai tanaman. Siti juga suka membaca buku tentang tumbuhan. Bagaimana dengan kegiatanmu di rumah?
Jawaban Tema 6 Kelas 4 (Halaman 35)
1. Apakah cita-cita atau impianmu?
2. Kegiatan apa saja yang kamu suka lakukan di rumah?
3. Kegiatan apa sajakah yang kamu sukai di sekolah?
4. Kegiatan apa yang menurutmu paling sulit dilakukan?
5. Jelaskan kegiatan apa saja yang dapat membantumu untuk meraih cita-cita!
Alternatif Jawaban :
1. Cita-citaku ingin jadi pelukis
2. Menggambar dan mewarnai
3. Membaca buku yang bergambar
4. Menggambar dengan rapih
5. Belajar dan berlatih
2. Menggambar dan mewarnai
3. Membaca buku yang bergambar
4. Menggambar dengan rapih
5. Belajar dan berlatih
Jawaban Tema 6 Kelas 4 (Halaman 36)
Ayo BerlatihCari tahulah mengenai kegiatan-kegiatan yang disukai dan kegiatan yang sulit dilakukan oleh temanmu! Lakukan tanya jawab dengan teman sebelahmu!
Sebelum melakukan tanya jawab, buatlah pertanyaan-pertanyaan untuk membantumu menemukan informasi yang diperlukan!
Contoh pertanyaan untuk mencari tahu tentang kegiatan yang disukai dan kegiatan yang sulit dilakukan oleh teman, sebagai berikut.
1. Apakah kegiatan yang kamu sukai?
2. Mengapa kamu menyukai kegiatan itu?
3. Apakah kegiatan penting yang sulit kamu lakukan?
4. Mengapa kegiatan itu sulit bagimu?
5. Pekerjaan apakah yang kamu cita-citakan?
6. ..........................................................................
7. ..........................................................................
8. ..........................................................................
Apakah kegiatanmu sama dengan kegiatan temanmu? Apa kesimpulanmu tentang cita-cita temanmu?
1. Cita-citaku adalah menjadi seorang guru
2. Kegiatan yang aku suka lakukan di rumah adalah membaca buku
3. Kegiatan yang aku sukai di sekolah adalah memperhatikan guru dan menjawab pertanyaan.
4. Kegiatan yang menurutku paling sulit dilakukan adalah ketika belajar sambil melakukan pekerjaan rumah..
5. kegiatan yang dapat membantuku untuk meraih cita-cita adalah dengan melakukan kegiatan belajar yang disiplin , rajin membaca buku dan memperhatikan guru saat di kelas
6. Apakah kamu menyukai cita-citamu?
7. Kegiatan apa untuk bisa meraih cita-citamu?
8. Apakah kegiatan untuk meraih cita-citamu itu sulit ?
Kegiatanku tidak sama dengan kegiatan temanku, karena kehidupan, karakter dan cita-cita kami berbeda. Aku lebih suka melakukan banyal hal positiv untuk mengisi waktu luangku yang berkaitan dengan cita-citaku seperti membaca buku.
Kesimpulan tentang cita-cita temanku adalah pada dasarnya setiap orang memiliki cita-cita dan manfaat yang berbeda. Cita- cita temanku sangat mulia dan baik, motivasi dan semangatnya untuk meraih cita-cita juga sangat kuat aku suka mendengarnya.
2. Kegiatan yang aku suka lakukan di rumah adalah membaca buku
3. Kegiatan yang aku sukai di sekolah adalah memperhatikan guru dan menjawab pertanyaan.
4. Kegiatan yang menurutku paling sulit dilakukan adalah ketika belajar sambil melakukan pekerjaan rumah..
5. kegiatan yang dapat membantuku untuk meraih cita-cita adalah dengan melakukan kegiatan belajar yang disiplin , rajin membaca buku dan memperhatikan guru saat di kelas
6. Apakah kamu menyukai cita-citamu?
7. Kegiatan apa untuk bisa meraih cita-citamu?
8. Apakah kegiatan untuk meraih cita-citamu itu sulit ?
Kegiatanku tidak sama dengan kegiatan temanku, karena kehidupan, karakter dan cita-cita kami berbeda. Aku lebih suka melakukan banyal hal positiv untuk mengisi waktu luangku yang berkaitan dengan cita-citaku seperti membaca buku.
Kesimpulan tentang cita-cita temanku adalah pada dasarnya setiap orang memiliki cita-cita dan manfaat yang berbeda. Cita- cita temanku sangat mulia dan baik, motivasi dan semangatnya untuk meraih cita-cita juga sangat kuat aku suka mendengarnya.
Ayo Membaca
Ada banyak kisah tentang orang-orang yang meraih mimpi besarnya dengan menghadapi kegagalan terlebih dahulu.
Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama!
Jawaban Tema 6 Kelas 4 (Halaman 38)
- Menjadi pemain basket kelas dunia dan penemu lampu listrik
- Kegiatan berlatih, belajar dan berusaha.
- Tantangannya adalah Saat duduk di bangku SMA, Michael pernah gagal masuk tim basket sekolahnya. Ia dianggap tidak cukup tinggi untuk memenuhi persyaratan masuk tim kebanggaannya. Thomas kecil bermasalah dengan pendengarannya. Ia harus berusaha lebih keras dari teman-temannya yang lain dengan belajar sendiri di rumah dan membantu ibunya yang miskin. Keduanyapun pernah mengalami kegagalan.
- Cara mereka menghadapi kegagalannya adalah dengan berusaha keras untuk berlatih dan mencoba kembali.
Jawaban Tema 6 Kelas 4 (Halaman 39)
Alternatif Jawaban :
- Tantangan yang akan saya hadapi untuk meraih impianku adalah kegagalan.
- Saya akan menghadapi tantangan tersebut dengan berlatih , belajar, berusaha dan mencoba sampai impian saya dapat terwujud.
Ayo Mengamati
Beni yang berbadan kecil sangatlah gesit dan tangkas. Dayu yang gemulai, pandai menari. Lihatlah Siti yang lincah, sungguh sigap gerakannya. Lani yang senang berolahraga pun sangat bugar. Kenampakan luar mereka sangatlah beragam. Namun semuanya memberikan manfaat!
Perhatikan gambar berikut!
Negara Indonesia yang terletak di titik persilangan antara berbagai bangsa menyebabkan beragamnya ras yang ada di Indonesia. Ras berkaitan dengan ciri-ciri fisik atau ciri tubuh. Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri fisik yang berbeda. Masyarakat yang tinggal di Pulau Papua dan Pulau Aru merupakan satu kelompok ras yang berbeda dengan kelompok lainnya. Kelompok masyarakat Sakai dari Riau, suku Kubu dari Sumatra Selatan, suku Tomuna dari Pulau Muna, masyarakat Enggano di Bengkulu dan masyarakat Mentawai memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Masyarakat Batak, Toraja, dan Dayak ada dalam kelompok ras tersendiri. Demikian juga dengan kelompok masyarakat Madura, Jawa, dan Bali memiliki ciri fisik yang hampir serupa.
Sumber : http://www.guruips.com
Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sekelompokmu diskusikan beberapa pertanyaan berikut!
Jawaban Tema 6 Kelas 4 (Halaman 41)
Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sekelompokmu diskusikan beberapa pertanyaan berikut! - Bagaimana keragaman orang-orang yang ada di sekitarmu? Adakah ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakannya?
- Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia?
- Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita?
- Jelaskan hasil diskusimu di depan kelas!
Alternatif Jawaban :
- Keragaman orang-orang yang ada di sekitarku tidak memiliki ciri fisik yang membedakan berdasarkan suku asal, karena kami berasal dari masyarakat yang sama yaitu jawa.
- Manfaatnya adalah untuk menambah pengetahuan kita tentang keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia.
- manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita adalah agar kita lebih memahami keragaman tersebut dan terjalin hubungan sosial yang baik.
- Hasil diskusinya adalah negara Indonesia memiliki ras dan ciri fisik yang beragam. Kita dapat memperhatikan dari masyarakat yang ada di sekitar kita. Perbedaan ciri fisik antar ras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia.
Ayo Membaca
Perbedaan ciri fisik antarras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia. Keragaman yang menguatkan satu dengan yang lain sebagai bangsa Indonesia yang berbesar hati hidup rukun dalam perbedaan. Keunikan tersebut disampaikan pada sebuah puisi.
Baca dan simaklah puisi berikut!.
Tanah Airku, Tanah yang Beragam
Karya: D. Karitas
Karya: D. Karitas
Kamu menyebut dirimu orang Toraja
Dia menyebut dirinya orang Papua
Aku menyebut diriku orang Madura
Kami menyebut diri kami, orang Indonesia
Kamu bersyukur dilahirkan di tanah para raja
Dia berterima kasih bergelar Mutiara Hitam
Aku bangga disebut sebagai Punggawa
Kami bersujud dikenal sebagai Nusantara
Tanah airku, tanah titipan para dewa
Tanah airku, tanah pusaka
Tanah airku, tanah yang beragam
Segalanya ada untuk manusia Indonesia
Mari kita rawat ibu pertiwi ini
Mari kita sayangi jagad Nusantara ini
Mari kita pelihara pusaka ini
Demi kita, bangsa Indonesia
Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan.
- Bacalah kembali dengan saksama bait pertama puisi tersebut.
- Secara bergantian, ceritakan apa yang kamu bayangkan saat kamu membacanya kepada teman sebangkumu. Berdiskusilah.
- Tuliskan hasil diskusimu pada bait pertama dalam sebuah paragraf.
- Lakukanlah hal yang sama dengan bait-bait yang lain. Gunakan diagram di bawah untuk mencatatnya.
- Bacalah kembali makna setiap bait di dalam puisi tersebut. Lalu ringkaslah menjadi satu paragraf yang lain untuk mewakili makna keseluruhan puisi tersebut.
- Bacakan hasil diskusimu dengan teman sebangkumu di depan kelas.
Jawaban Tema 6 Kelas 4 (Halaman 43)
Alternatif Jawaban :- Makna puisi bait pertama adalah meski beraneka ragam suku, kita semua adalah orang Indonesia.
- Makna puisi bait kedua adalah dari keberagaman yang ada memiliki rasa syukur dan kebanggan tersendiri
- Makna puisi bait ketiga adalah menjelaskan tentang segala keberaman ada di tanah air Indonesia
- Makna puisi bait keemoat adalah menjelaskan tentang nasihat untuk menjaga dan merawat negara Indonesia ini dengan baik
Jawaban Tema 6 Kelas 4 (Halaman 44)
Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman ras suku dan budaya,
Indonesia adalah tanah air yang begitu mengagumkan yang harus tetap
dijaga dengan baik kemurnian dan kekayaanya
Keragaman di Indonesia tidak melulu tentang budaya dan tradisinya. Adanya keragaman alam juga mengakibatkan beragamnya sumber daya alam yang ada. Salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan adalah sumber daya berupa pertambangan. Bahan yang ditambang adalah berbagai jenis mineral dan logam, seperti emas, timah, nikel, batu bara, dan bauksit.
Ayo Mengamati
Perhatikan di lingkungan tempat tinggalmu! Carilah informasi tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui di daerahmu! Kemudian, lakukan
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 siswa.
2. Carilah informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahmu.
3. Tuliskan sumber daya alam yang dapat diperbarui di daerahmu.
4. Tuliskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui di daerahmu.
5. Dimanfaatkan untuk apakah sumber daya alam itu bagi penduduk di daerahmu?
6. Buatlah laporan hasil diskusi kalian tersebut.
Alternatif Jawaban :
2. Sumber daya alam yang terdapat di daerah saya adalah pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan minyak bumi
3. Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan
4. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah minyak bumi
5. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mememenuhi kebutuhan sandang (pakaian), memenuhi kebutuhan pangan ( makanan ), memenuhi keputuhan papan (rumah), dan pembangkit listrik
3. Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan
4. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah minyak bumi
5. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mememenuhi kebutuhan sandang (pakaian), memenuhi kebutuhan pangan ( makanan ), memenuhi keputuhan papan (rumah), dan pembangkit listrik
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa dengan dibantu oleh orang tua membuat puisi tentang sumber daya alam yang terdapat di daerahnya. Siswa dibantu mengenai penentuan sumber daya alam yang akan dibuat puisi.
kegiatan berikut!
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 4. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44"