Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 3

Hallo Sahabat semua, selamat datang kembali di Blog Administrasi Ngajar, seperti kita ketahui bersama sebentar lagi siswa SMA/MA akan menghadapi serangkaian Ujian Nasional yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk menghadapi Ujian Nasional tentu siswa harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Salah satu tips sukses Ujian Nasional adalah mempelajari dan latihan soal UNBK dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan itu pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Soal UNBK Biologi SMA/MA Naskah Asli tahun 2019 Lengkap Beserta Pembahasannya.
Mata Pelajaran Biologi adalah salah satu mata pelajaran yang di ujikan pada Ujian Nasional UNBK, dan salah satu mata pelajaran yang menjadi perhatian khusus oleh siswa maupun guru. Salah satu kunci sukses Ujian Nasional Biologi adalah dengan memperbanyak Latihan Soal Biologi baik di sekolah, di tempat bimbel, maupun di rumah. Untuk efisiensi waktu dalam menghadapi UNBK Biologi, kerjakan soal yang mudah, kemudian sedang, dan terakhir yang sukar.
Baik langsung saja untuk pembahasan soal UN biologi SMA Nomor 21-30.
Baca Juga :
- Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 1
- Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 2
Soal UNBK Biologi SMA dan Pembahasannya Nomor 21
Data hasil perkecambahan biji kacang hijau pada dua tempat yang berbeda!
Percobaan dilanjutkan hingga hari ke 20, dengan menukar perlakuan, kecambah (I) diletakan di tempat terang dan kecambah (II) diletakan di tempat gelap. Bagaimana kemungkinan pertambahan tinggi kecambah (II) pada hari ke 20?
A. Pertumbuhan terganggu
B. Peningkatan pertambahan tinggi
C. Tidak terjadi pertambahan tinggi
D. Kecambah menjadi kerdil
E. Kecambah mati
Jawaban :
B. Peningkatan pertambahan tinggi
Pembahasan:
Tanaman yang diletakkan ditempat gelap dapat tumbuh dengan cepat karena disebabkan oleh adanya aktivitas hormon auksin yang lebih besar dibandingkan pada tempat yang terang. Aktivitas hormon auksin dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari. Semakin sedikit cahaya matahari maka aktivitas hormon auksin akan semakin besar, dan sebaliknya semakin banyak cahaya matahari maka aktivitas hormon auksin akan semakin sedikit. Hal ini disebabkan karena cahaya matahari dapat merusak hormon auksin. Hormon auksin berfungsi untuk memacu pemanjangan sel. Jadi semakin banyak aktivitas hormon auksin maka pertumbuhan tanaman akan semakin cepat dan sebaliknya. Hal inilah yang menyebabkan pertumbuhan tanaman yang ditempatkan di daerah gelap lebih cepat dibandingkan di daerah terang.
Soal UNBK Biologi SMA dan Pembahasannya Nomor 22
22. Sekelompok siswa sedang berdiskusi mengenai sel hewan. Seorang siswa menunjuk organel Y, seperti gambar berikut.
Dari hasil diskusi kelompok, mereka menemukan proses yang terjadi di dalam organel sel tersebut adalah ....
A. pencernaan intraseluler dan proses pembebasan enzim keluar sel
B. sintesis polisakarida dan pembentukan vesikola sekresi
C. respirasi sel yang menhasilkan energi
D. sisntesis lemak dan kolesterol
E. sintesis protein
Jawaban:
A. Pencernaan intraseluler dan proses pembebasan enzim keluar sel
Pembahasan:
Yang ditunjuk oleh huruf Y adalah LISOSOM, lihat gambar jelas berikut ini:
Analisis opsi jawaban:
FUNGSI dan ORGANELNYA.
A. pencernaan intraseluler dan proses pembebasan enzim keluar sel (Lisosom)
B. sintesis polisakarida dan pembentukan vesikola sekresi (Badan golgi)
C. respirasi sel yang menhasilkan energi (mitokondria)
D. sintesis lemak dan kolesterol (retikulum endoplasma)
E. sintesis protein (ribosom)
Jadi jawaban yang tepat adalah A
Soal UNBK Biologi SMA dan Pembahasannya Nomor 23
23. Pada tumbuhan, selain membran sel, juga dilengkapi dengan dinding sel yang berfungsi menjaga bentuk sel. Ciri yang dimiliki oleh dinding sel adalah ....A. komponen penyususnya adalah fosfolipid bilayer, memiliki noktah
B. memiliki pori-pori yang terbentuk dari sekret yang dihasilkan diktiosom
C. komponen penyusunya adalah selulosa, memiliki plasmodesmata
D. memiliki noktah, terbentuk dari sekret yang dihasilkan retikulum endoplasma
E. kompone penysusnya adalah fosfolipid bilayer, memiliki plasmodesmata
Jawaban:
C. Komponen penyusunya adalah selulosa, memiliki plasmodesmata
Dinidng sel disusun dari bahan selulosa yang kaku. Pada dinding sel terdapat noktah atau bagian dinding yang tidak menebal, sehingga memungkinkan terjadinya hubungan antarplasma sel yang berbentuk juluran, sidebut plasmodesmata.
Soal UNBK Biologi SMA dan Pembahasannya Nomor 24
Pernyataan dibawah ini adalah tentang anabolisme.(1) Fotosistem I menangkap energi cahaya dengan panjang gelombang 680 nm
(2) Fotosistem II menangkap energi cahaya matahari dengan panjang gelombang 700 nm
(3) Energi cahaya diubah menjadi energi kimia dalam bentuk ATP dan NADPH.
(4) Dihasilkan oksigen dari peritiwa fotolisis air
(5) Proses fotofosforilasi berlangsung di membran tilakoid.
Manakah yang berkaitan dengan fosforilasi nonsiklik reaksi terang fotosintesis?
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)
Jawaban : D. (3) dan (5)
Pembahasan:
1) Fotosistem I menangkap energi cahaya dengan panjang gelombang 680 nm SALAH seharusnya 700 nm
(2) Fotosistem II menangkap energi cahaya matahari dengan panjang gelombang 700 nm SALAH seharusnya 680 nm
(3) Energi cahaya diubah menjadi energi kimia dalam bentuk ATP dan NADPH. BENAR
(4) Dihasilkan oksigen dari peritiwa fotolisis air
(5) Proses fotofosforilasi berlangsung di membran tilakoid. BENAR
Soal dan Pembahasan UNBK Biologi SMA Nomor 25
25. Perhatikan diagram proses katabolisme glukosa dibawah ini!
Hasil akhir dari proses yang berlangsung di X adalah ....
A. ATP, FADH₂, dan 3 NADH
B. 2 ATP, FADH₂, dan 2 NADH
C. 2 ATP, 2 FADH₂, dan 6 NADH
D. 2 ATP, FADH₂, dan 6 NADH
E. ATP, 2 FADH₂, dan 3 NADH
Jawaban :
A. ATP, FADH₂, dan 3 NADH
Pembahasan:
Proses X yang dimaksud adalah Siklus Krebs (Siklus Asam Sitrat). Dimana hasil akhirnya adalah:
6 NADH, 2 FADH, 2 ATP, dan 4 CO Jika disederhanakan menjadi 3 NADH, FADH, 2ATP, dan 2 CO
Sedangkan hasil dari:
- Glikolisis adalah 2 asam piruvat, 2 NADH, 2 ATP dan 2 H₂O
- DO adalah 2 asetil ko-A dan 2 NADH serta 2 CO₂
- Transpor elektron adalah 34 ATP dan H₂O
Soal UNBK Biologi SMA dan Pembahasannya Nomor 26
26. Dalam tubuh manusia, hormon insulin diproduksi oleh pankreas untuk menurunkan kadar gula darah dengan mengubah glukosa menjadi glikogen. Kekurangan insulin dapat menyebabkan penyakit diabetes melitus. Untuk menolong penderita tersbut adalah ....A. Escherichia coli dikloning setelah gennya diradiasi menjadi gen pembentuk insulin
B. Escherichia coli dibiakkan pada medium ekstrak pankreas manusia
C. penyisipan gen manusia pembentuk insulin pada plasmid ke dalam bakteri Escherichia coli
D. fusi sel pankreas manusia dengan sel kanker yang cepat membelah
E. fermentasi oleh bakteri Escherichia coli terhadap ekstrak pankreas tikus
Jawaban:
C. Penyisipan gen manusia pembentuk insulin pada plasmid ke dalam bakteri Escherichia coli
Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 27
27. Pencernaan lemak dapat berjalan optimal di usus halus karena ....A. sisi alosterik lipase terbuka pada suasana asam
B. sisi alosterik lipase terbuka pada suasana netral
C. sisi aktif lipase dapat bekerja optimal pada suasana netral
D. sisi aktif lipase dapat bekerja optimal pada suasana basa
E. sisi aktif lipase dapat bekerja optimal pada suasana asam
Jawaban :
E. Sisi aktif lipase dapat bekerja optimal pada suasana asam
Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 28
28. Gambar berikut ini menunjukan tahapan pembelahan mitosis.
Proses yang terjadi pada tahapan pembelahan mitosis tersebut adalah ....
A. kromosom bergerak dari bagian ekuator menuju dua kutub berbeda
B. kromosom berada pada bagian ekuator pembelahan
C. nukleus menebal dan berada pada bagian ekuator pembelahan
D. nukleolus menebal dan berada pada bagian ekuator pembelahan
E. kromatid bergerak dari ekuator pembelahan menuju dua kutub berbeda
Jawaban:
B. Kromosom berada pada bagian ekuator pembelahan
Pembahasan:
Pada gambar gambar soal jelas terlihat fase pembelahan mitosis dimana proses yang terjadi adalah kromosom bergerak dan berjajar ditengah sel atau bidang ekuator.
Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 Nomor 29
Perhatikan diagram oogenesis berikut ini!
Kromosom pada bagian 4 bersifat ....
A. haploid, oosit primer dari pembelahan meiosis I oogonium
B. diploid, oosit primer berasal dari pembelahan mitosis oogonium
C. haploid, oosit sekunder yang merupakan pembelahan meiosis I dari oosit primer
D. haploid, oosit sekunder yang akan membelah secara meiosis II menghasilkan ootid bersifat diploid
E. haploid, ootid yang merupakan pembelahan meiosis II dari oosit sekunder
Jawaban:
C. Haploid, oosit sekunder yang merupakan pembelahan meiosis I dari oosit primer
Pembahasan:
Kromosom pada bagian 4 bersifat haploid atau disebut oosit sekunder hasil dari pembelahan meiosis I (oosit primer). Opsi D salah kerena meiosis II menghasilkan ootid bersifat haploid bukan diploid.
Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 30
Dibawah ini proses-proses dalam sintesis protein:(1) dRNA meninggalkan DNA menuju ke ribosom.
(2) DNA melakukan transkripsi sehingga terbentuk dRNA
(3) asam amino berderet sesuai dengan kode pembentukan protein
(4) tRNA menerjemahkan kodon yang dibawa dRNA
(5) Protein terbentuk dan dapat meruapakan enzim yang mengatur metabolisme sel
(6) tRNA mencari dan membawa asam amino yang sesuai dengan kodon yang dibawa dRNA
Urutan proses sintesis protein yang terjadi pada tahap translasi adalah ....
A. (2) - (1) - (6) - (3)
B. (1) - (2) - (5) - (6)
C. (3) - (5) - (4) - (2)
D. (4) - (6) - (3) - (5)
E. (4) - (6) - (5) - (3)
Jawaban :
D. (4) - (6) - (3) - (5)
Pembahasan :
Dibawah ini proses-proses dalam sintesis protein:
TRANSKRPSI:
(1) dRNA meninggalkan DNA menuju ke ribosom.
(2) DNA melakukan transkripsi sehingga terbentuk dRNA
TRANSLASI:
(4) tRNA menerjemahkan kodon yang dibawa dRNA
(6) tRNA mencari dan membawa asam amino yang sesuai dengan kodon yang dibawa dRNA
(3) asam amino berderet sesuai dengan kode pembentukan protein
(5) Protein terbentuk dan dapat merupakan enzim yang mengatur metabolisme sel
Demikianlah Artikel yang Berjudul Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 3
Terimakasih untuk sahabat semua yang sudah membaca artikel ini, Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca dimanapun berada.Jangan lupa juga Baca Soal dan Jawaban USBN SMA/MA bagian selanjutnya Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 4. Soal dan Jawaban USBN SMA/MA Mata Pelajaran lainnya lengkap di Blog Administrasi Ngajar ini.
Artikel yang Anda baca berjudul Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 3 dengan alamat link https://administrasingajar.blogspot.com/2019/09/.html
Post a Comment for "Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 3"