Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 2

Soal UN Biologi SMA 2019 dan Pembahasannya

Hallo Sahabat semua, selamat datang kembali di Blog Administrasi Ngajar, seperti kita ketahui bersama sebentar lagi siswa SMA/MA akan menghadapi serangkaian Ujian Nasional yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk menghadapi Ujian Nasional tentu siswa harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Salah satu tips sukses Ujian Nasional adalah mempelajari dan latihan soal UNBK dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan itu pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Soal UNBK Biologi SMA/MA Naskah Asli tahun 2019 Lengkap Beserta Pembahasannya.

Mata Pelajaran Biologi adalah salah satu mata pelajaran yang di ujikan pada Ujian Nasional UNBK, dan salah satu mata pelajaran yang menjadi perhatian khusus oleh siswa maupun guru. Mata pelajaran Biologi tidak cukup hanya sekedar menghafal materi, namun juga perlu banyak latihan soal, mencoba mengerjakan soal-soal Biologi sendiri ataupun Latihan Soal UNBK Biologi tahun sebelumnya.

Baca Juga :

Salah satu kunci sukses Ujian Nasional Biologi adalah dengan memperbanyak Latihan Soal Biologi baik di sekolah, di tempat bimbel, maupun di rumah. Untuk efisiensi waktu dalam menghadapi UNBK Biologi, kerjakan soal yang mudah, kemudian sedang, dan terakhir yang sukar. Baik langsung saja untuk pembahasan soal UN biologi SMA Nomor 11-20.

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 11

Perhatikan gambar tumbuhan dibawah ini!

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA 2019 Nomor 11

Ciri-ciri dan fungsi bagian X adalah ....
A. sel berbentuk piramid dan memiliki pembuluh tapis, berfungsi sebagai pengangkut air dan mineral
B. sel berbentuk piramid dan memiliki pembuluh tapis, berfungsi sebagai pengangkut hasil fotosintesis
C. Sel berbentuk lancip dan memiliki dinding sel berlubang-lubang (pi), berfungsi sebagai penopang dan pengangkut air
D. sel berbentuk lancip dan panjang, memiliki dinding sel berlubang-lubang (pit), berfungsi sebagai pengangkut hasil fotosintesis
E. sel memanjang dan dinding sel mengalami penebalan zat selulosa, berfungsi sebagai penguat organ tumbuhan muda

Jawaban:
B. sel berbentuk piramid dan memiliki pembuluh tapis, berfungsi sebagai pengangkut hasil fotosintesis

Pembahasan:

Gambar X pada soal adalah floem, Ciri-ciri floem atau pembuluh tapis, merupakan jaringan pengangkut yang berfungsi menyalurkan zat-zat makanan hasil fotosintesis dari daun keseluruh bagian tumbuhan. Sel berbentuk piramid , tersusun dari parenkim flopem dan serabut floem, pembuluh tapis dan sel pengiring.

Jadi sudah jelas jawabnnya adalah B

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 12

Seorang penderita diabetes melitus membutuhkan hormon insulin untuk menjalani terapi. Peran hormon tersebut adalah ....
A. mengatur kadar glukosa dalam darah
B. mengubah glikogen menjadi glokosa
C. meningkat metabolisme mineral
D. meningkatkan metabolisme lemak
E. meningkatkan metabolisme protein

Jawaban:
A. mengatur kadar glukosa dalam darah

Pembahasan :

Kadar glukosa pada darah dikendalikan oleh beberapa hormon. Hormon adalah zat kimia di dalam badan yang mengirimkan tanda pada sel-sel ke sel-sel lainya. Insulin adalah hormon yang dibuat oleh pankreas. Ketika makan, pankreas membuat insulin untuk mengirimkan pesan pada sel-sel lainnya di tubuh. Insulin ini memerintahkan sel-sel untuk mengambil glukosa dari darah. Glukosa digunakan oleh sel-sel untuk pembuatan energi. Glukosa yang berlebih disimpan dalam sel-sel sebagai glikogen. Pada saat kadar gula darah mencapai tingkat rendah tertentu, sel-sel memecah glikogen menjadi glukosa untuk menciptakan energi.

Jadi sudah jelas jawabnnya adalah A

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 13

Hasil identifikasi struktur pembuluh darah sebagai berikut.
(1) Letaknya tidak dekat permukaan tubuh
(2) Diameter kecil
(3) Memiliki percabangan yang berbentuk saluran halus
(4) Berhubungan langsung dengan jaaringan.

Berdasarkan ciri-cirinya, fungsi dari pembuluh darah tersebut adalah ....
A. mengangkut darah yang banyak mengandung CO₂ menuju atrium kanan
B. mengangkut hasil metabolisme tubuh dari aorta menuju atrium kiri jantung
C. mengangkut darah yang banyak mengandung O₂ dan sari-sari makanan menuju atrium kanan jantung
D. tempat terjadinya pertukaran gas O₂, CO₂, dan zat makanan dari paru-paru ke dalam jaringan
E. tempat terjadinya pertukaran gas O₂, CO₂, dan zat makanan dari darah ke dalam jaringan

Jawaban :
E. tempat terjadinya pertukaran gas O₂, CO₂, dan zat makanan dari darah ke dalam jaringan

Pembahasan:

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 14

ASI eksluasif merupakan pemberian ASI tanpa memberikan makanan lain pada bayi yang berusia 0-6 bulan. Bayi tidak diberi tambahan cairan seperti susu formula, air putih, teh, madu atau makanan padat sebelum usia enam bulan. Manfaat pemberian asi ekslusif pada bayi adalah ....
A. agar tubuh lebih sehat dan gemuk
B. agar sistem kekebalan tubuh lebih kuat
C. sebagai pengganti makanan pokok
D. agar bayi menjadi aktif bergerak
E. untuk mencegah konstipasi

Jawaban:
B. agar sistem kekebalan tubuh lebih kuat

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 15

Bayi yang baru lahir membawa kekebalan tubuh yang berasal dari ibu. Namun antibodi tersebut bersifat sementara karena secara bertahap akan hilang dalam kurun waktu 6-8 bulan setelah kelahiran.

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi setelah dilahirkan dapat dilakukan dengan cara ....
A. perberian vitamin secara berkala
B. vaksinasi dan imunisasi secara bertahap
C. menjemur bayi setiap pagi selama 1 jam
D. menghindari kontak dengan mikroba patogen
E. menjaga kebersihan lingkungan sekitar bayi

Jawaban:
B. vaksinasi dan imunisasi secara bertahap

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 16

Pak dani mengeluh sakit dan sedikit bengkak pada sendi jari-jari kaki dan tangan. Keluhan tersebut mungkin disebabkan oleh ....
A. penumpukan asam urat pada sendi sebagai sisa metabolisme
B. peneumpukan asam laktat pada sendi sebagai sisa metabolisme
C. ligamen pada persendian tertarik
D. pengapuran tulang jari kaki dan yangan
E. kekurangan zat kapur dan fosfor

Jawaban:
A. penumpukan asam urat pada sendi sebagai sisa metabolisme

Pembahasan :
Jari tangan bengkak bisa jadi merupakan gejala terjadinya penyakit asam urat. Biasanya kondisi ini disertai dengan rasa nyeri mendadak di persendian. Asam urat bisa menyerang semua persendian di seluruh tubuh, tapi paling sering terjadi di sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Rasa nyeri dan pembengkakan terjadi karena penumpukan serta pembentukan kristal asam urat pada sendi.

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 17

Seorang anak memiliki keluhan pusing, cepat mengalami kelelahan, mudah mengantuk, penurunan konsentrasi dan daya ingat. Dari hasil uji darah diketahui kadar hemoglobinnya adalah 7g/dL (normal 12-17 g/dL). Berdasarkan data, anak tersebut kemungkinan menderita penyakit ....
A, hemofilia
B. anemia
C. leukimia
D. hipertensi
E. hipotensi

Jawaban : B. anemia

Ciri utama:
A, hemofilia (darah sulit membeku)
B. anemia (jumlah hemoglobin dibawah normal)
C. leukimia (Kanker Darah)
D. hipertensi (Tekanan darah tinggi)
E. hipotensi (Tekanan darah rendah)

Jadi berdasarkan data anak pada soal diatas mengalami anemia. jawabnnya adalah B

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 18

Seorang pasien sering mengeluh sakit pada bagian lambung. Setelah diperiksa, terdapat luka pada dinding lambung dan terjadi enfeksi pada bagian mukosa lambung sehingga memicu terjadinya peradangan pada lambung yang kadang-kadang disertai pendarahan. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, jenis penyakit yang diderita pasien dan penyebabnya secara berurutan adalah ....
A. ulkus, bakteri Helicobacter pylori
B. apendisitis, infeksi pada bagian apendiks
C. xerostomia, infeksi bakteri Eschericia coli
D. sembelit, infeksi pada bagian dinding lambung
E. gastritis, iritasi karena ketidak beraturan pola makan

Jawaban:
E. gastritis, iritasi karena ketidak beraturan pola makan

Pembahasan:

Analisis opsi jawaban:
A. ulkus luka, (perdangan kronis) pada lapisan lambung dekat duodenum (bagian teratas usus halus), disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori.
B. apendisitis, peradangan apendiks (umbai cacing) akibat penyumbatan oleh tinja yang mengeras dan tersangkut di dalam apendiks yang berakibat pemebngakakan dan terisi pus (nanah) atau jaringan mati.
C. xerostomia, mulut kering akibat berkurangnya produksi ludah.
D. sembelit, susah buang air besar
E. gastritis (radang lambung), peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih. Gastritis dapat disebabkan oleh asam lambung yang berlebihan, makan tidak teratur, mikroorganisme, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, alkohol, pola tidur yang tidak teratur, dan stres.

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 19

Ketika kita berolahraga lari di pagi selama sekitar 30 menit, napas terasa terengah-rengah. Frekuensi pernapasan menjadi lebih cepat dari pada sebelumnya karena ....
A. saat berdiam diri atau duduk tanpa beraktivitas maka oksidasi terhenti, tubuh tidak membutuhkan pasokan oksigen sehingga frekuensi normal
B. saat berdian diri atau duduk tanpa beraktivitas maka oksidasi berjalan lebih lambat, tubuh membutuhkan pasokan oksigen lebih banyak sehingga frekuensi pernapasan lebih cepat
C. jenis dan lama waktu berolahraga, serta riwayat kesehatan tubuh mempengaruhi frekuensi pernapsan seseorang
D. saat berolah raga, otot melakukan lebih banyak aktivitas yang membutuhkan lebih banyak energi sehingga dibutuhkan pasokan oksigen lebih banyak
E. saat berolahraga, otot melkukan lebih banyak aktivitas dan mengeluarkan energi lebih banyak sehingga tubuh mengeluarkan udara pernapasan lebih banyak.

Jawaban:
D. saat berolah raga, otot melakukan lebih banyak aktivitas yang membutuhkan lebih banyak energi sehingga dibutuhkan pasokan oksigen lebih banyak

Pembahasan:

Saat berolah raga, otot membutuhkan banyak energi dan oksigen yang akan berpengaruh pada peningkatan frekuensi pernapasan.

Jadi jawabnnya adalah D

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA 2019 Nomor 20

Perhatikan bagan siklus menstruasi berikut!

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA 2019 Nomor 20

Peristiwa yang terjadi pada tahapan X adalah ....
A. ovum matang diselubungi folikel
B. progesteron merangsang pembentukan ledir
C. esterogen menghambat pembentukan FSH, hipofisis melepaskan LH
D. korpus luteum menghentikan produksi hormon esterogen dan progesteron
E. FSH merangsang perkembangan folikel dan esterogen semakin meningkat

Jawaban:
B. progesteron merangsang pembentukan ledir

Pembahasan:

X adalah fase fase folikel pada siklus ovarium dan fase menstruasi (haid) pada endometrium.

Analisis opsi jawaban:

B. progesteron merangsang pembentukan ledir (Pada Fase menstruasi)

Fase menstruasi

Pada fase ini, lapisan dinding dalam rahim (endometrium) yang mengandung darah, sel-sel dinding rahim, dan lendir, akan luruh dan keluar melalui vagina. Fase ini dimulai sejak hari pertama siklus menstruasi dimulai dan bisa berlangsung selama 4 sampai 6 hari. Pada fase ini, wanita biasanya akan merasakan nyeri di perut bawah dan punggung karena rahim berkontraksi untuk membantu meluruhkan endometrium.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 2

Terimakasih untuk sahabat semua yang sudah membaca artikel ini, Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca dimanapun berada.

Jangan lupa juga Baca Soal dan Jawaban USBN SMA/MA bagian selanjutnya Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 3. Soal dan Jawaban USBN SMA/MA Mata Pelajaran lainnya lengkap di Blog Administrasi Ngajar ini.

Artikel yang Anda baca berjudul Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 2 dengan alamat link https://administrasingajar.blogspot.com/2019/09/pembahasan-soal-unbk-biologi-sma.html
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 2"