Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 1

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA 2019

Hallo Sahabat semua, selamat datang kembali di Blog Administrasi Ngajar, seperti kita ketahui bersama sebentar lagi siswa SMA/MA akan menghadapi serangkaian Ujian Nasional yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk menghadapi Ujian Nasional tentu siswa harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Salah satu tips sukses Ujian Nasional adalah mempelajari dan latihan soal UNBK dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan itu pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Soal UNBK Biologi SMA/MA Naskah Asli tahun 2019 Lengkap Beserta Pembahasannya.

Mata Pelajaran Biologi adalah salah satu mata pelajaran yang di ujikan pada Ujian Nasional UNBK, dan salah satu mata pelajaran yang menjadi perhatian khusus oleh siswa maupun guru. Mata pelajaran Biologi tidak cukup hanya sekedar menghafal materi, namun juga perlu banyak latihan soal, mencoba mengerjakan soal-soal Biologi sendiri ataupun Latihan Soal UNBK Biologi tahun sebelumnya.

Salah satu kunci sukses Ujian Nasional Biologi adalah dengan memperbanyak Latihan Soal Biologi baik di sekolah, di tempat bimbel, maupun di rumah. Untuk efisiensi waktu dalam menghadapi UNBK Biologi, kerjakan soal yang mudah, kemudian sedang, dan terakhir yang sukar.
Baik langsung saja untuk pembahasan soal UN biologi SMA Nomor 1-10.

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 1

1. Perhatikan tabel nama bakteri berikut ini!

Pembahasana Soal UNBK Biologi SMA
Manakah yang menunjukan pasangan yang tepat anatara bakteri dan peranannya?
A. I-a dan II-e
B. I-d dan V-c
C. II-a dan III-e
D. III-b dan IV-c
E. IV-b dan V-d

Jawaban: D. III-b dan IV-c

Pembahasan:
  • Bakteri Acetobacter xylinum berperan pembuat nata de coco
  • Bakteri Azotobacter berperan mengikat nitrogen dalam tanah dan menyuburkan tanah
  • Bakteri Bacillus thyrigiensis berperan membunuh larva (ulat) serangga hama tanaman
  • (Bioinsektisida), untuk insektisida komersial
  • Bakteri Escerichia coli berperan membusukan makanan di usus besar, menghasilkan vitamin K
  • Bakteri Streptococus griceus berperan menghasilkan antibiotik streptomisin

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 2

2. Perhatikan gambar mikroorganisme berikut!

Soal UNBK Biologi SMA

Mikroorganisme tersebut dikelompokan dalam kelompok yang sama. Hubungan yang tepat antara kelompok, tingkat takson, dan dasar pengelompokan mikroorganisme tersebut adalah ....

Soal UNBK Biologi SMA dan pembahasannya

Jawaban: E

Pembahasan:
Gambar mikroorganisme pada soal diatas adalah Euglena sp. dan Chlamydomonas sp. yang memiliki ciri-ciri mengunakan flagel atau cambuk sebagai alat gerak.

Pembahasan kerangan pada tabel opsi jawaban:
  •     Rhizopoda (Yunani, rhizo = akar, pod = kaki) atau bergerak dengan kaki palsu atau semu
  •     Mastigospora (Yunani,  mastig = cambuk, Phoros = gerakan) atau  bergerak dengan cambuk
  •     Chlorophyta (Yunani, chloros = hijau) atau ganggang hijau
  •     Sarcodina (Yunani, sarco = daging) atau bergerak dengan kaki palsu atau semu
  •     Flagellata (Yunani, flagel=cambuk) bergerak dengan cambuk

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 3

3. Ciri khas kelompok jamur yang membedakannya dengan tumbuhan dan hewan adalah....
A. tidak memiliki dinding sel, memiliki tubuh buah, saprofit
B. tidak memiliki dinding sel, berklorofil, kemoautotrof
C. multiseluler, berklorofil, autotrof
D. tersusun dari hifa, dinding dari kitin, saprofit
E. tersusun dari hifa, dinding sel dari selulosa, heterotrof

Jawaban : D. Tersusun dari hifa, dinding dari kitin, saprofit

Pembahasan:
  1. Ciri-ciri jamur:
  2. eukariotik
  3. heterotrof
  4. sel tubuh mikroskopis memanjang menbentuk benang hifa
  5. memiliki dinding sel dari zat kitin
  6. tidak berklorofil
  7. uniseluler/multiseluler
  8. hidup saproba/parasit/simbiosis mutualisme
  9. reproduksi vegetatif (fragmentasi/pembentukan spora aseksual) dan generatif (pembentukan spora).
Yang ditanya pada soal adalah ciri khas kelompok jamur yang membedakannya dengan tumbuhan dan hewan adalah.... jadi jawaban yang paling tepat adalah: D

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 4

4. Beras merupakan makanan pokok yang dikonsumsi sebagian besar orang indonesia. Fakta di lapangan menunjukan bahwa konsumen pada umumnya mencari dan membeli beras yang putih dan bersih. Hasil sidak petugas BPOM menemukan beras yang mengandung zat pengawet, seperti formalin, boraks, dan zat pemutih seperti klorin. Hal ini tentu sangat merugikan konsumen dari segi kesehatan dan kualitas beras.

Manakah langkah metode ilmiah yang dapat dilakukan konsumen untuk mengetahui kandungan zat pemutih pada beras?
A. Mengumpulkan sejumlah fakta dari berbagai sumber dipercaya, tentang bahayanya mengkonsumsi beras yang mengandung zat pemutih
B. Melakukan eksperimen dengan menggunakan mesin penggiling untuk mengetahui kandungan zat pemutih pada beras
C. Membuat hipotesis tentang pengaruh penggunaan zat pemutih, seperti klorin dalam beras yang dapat membahayakan tubuh manusia
D. Melakukan eksperimen untuk membuktikan kandungan zat pemutih pada beras dengan menggunakan iodine.
E. menyediakan alat pendeteksi untuk membuktikan adanya kandungan zat pemutih pada beras di rumah masing-masing.

Jawaban:
E. menyediakan alat pendeteksi untuk membuktikan adanya kandungan zat pemutih pada beras di rumah masing-masing.

Pembahasan:
Metode ilmiah merupakan suatu cara yang sistematis untuk memecahkan masalah. Metode ilmiah digunakan oleh para ahli dalam melakukan  penelitian dan bereksperimen untuk menghasilkan penemuan-penemuan baru. Langkah-langkah dalam metode ilmiah adalah sebagai berikut:

Menemukan dan merumuskan masalah

Mengumpulkan informasi (data-data)

menyusun hipotesis atau dugaan sementara

Melakukan percobaan untuk menguji kebenaran hipotesis

mengolah hasil percobaan (analisis data)

Membuat kesimpulan

Mengkomunikasikan hasil penelitian ke pada khalayak.

Inti dari pertanyaan soal adalah Manakah langkah metode ilmiah yang dapat dilakukan konsumen untuk mengetahui kandungan zat pemutih pada beras?

Opsi jawaban:

A. merupakan bagian dari mengumpulkan informasi (data-data)

B. merupakan bagian dari melakukan eksperimen/percobaan untuk menguji kebenaran hipotesis tetapi caranya belum tepat. Karena untuk membuktikan ada tidaknya kandungan zat pemutih pada beras hanya dapat dilakukan melalui analisis secara laboratorium.

C. merupakan hipotesis

D. merupakan bagian dari melakukan eksperimen/percobaan untuk menguji kebenaran hipotesis tetapi caranya salah dan sangat menyesatkan. Hal ini berpotensi menimbulkan informasi yang menyesatkan dan HOAX pada masyarakat banyak. Melakukan eksperimen menggunakan iodine ternyata bukan ditujukan untuk membuktikan kandungan pemutih pada beras tetapi membuktikan bahwa pada beras mengandung karbohidrat. Seperti materi praktikum pada uji kandungan makanan yang kita pelajari pada kelas XI. Referensi: *1 dan *2

E. merupakan produk hasil dari langkah metode ilmiah yang dapat memecahkan permasalahan yang terjadi. Biasanya dihasilkan oleh para peneliti atau para ahli. Konsumen bisa juga menjadi seorang peneliti asalkan memiliki sikap-sikap ilmiah seperti yang dilakukan oleh anak bangsa ini: Ciptakan Alat Pendeteksi Beras Berpemutih, Mahasiswa UNS Solo Raih Penghargaan Internasional.

Jadi jawaban yang paling tepat adalah E.

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 5

5. W.M. Stanley (1935) berhasil mengisolasi dan mengkristalkan penyebab penyakit mosaik pada tembakau. Apabila kristal disuntikan pada tanaman tembakau, partikel tersebut menjadi aktif, kemudian memperbanyak diri dan menyerang tanaman tembakau. Menurut Brum, dkk (1994:800), partikel penyebab penyakit mozaik tembakau memiliki ukuran yang sangat kecil.

Berdasarkan penjelasan diatas, ciri-ciri penyebab penyakit tembakau adalah....
A. belum berbentuk sel, berukuran sangat kecil bahkan lebih kecil dari bakteri
B. dapat memperbanyak diri ketika berada diluar sel inang
C. sel tembakau terinfeksi dapat menyerang tanaman selain tanaman tembakau
D. bersifat parasit fakultatif yang tetap aktif diluar tubung inang
E. bentuk partikelnya dapat berubah menjadi sel dan bersifat parasit

Jawaban:
A. belum berbentuk sel, berukuran sangat kecil bahkan lebih kecil dari bakteri

Pembahasan:

Alanisis opsi jawaban:

A. belum berbentuk sel, berukuran sangat kecil bahkan lebih kecil dari bakteri. BENAR, karena partikelnya belum berbentuk sel dan berukuran sangat kecil.

B. dapat memperbanyak diri ketika berada diluar sel inang. SALAH, karena cuma bisa memperbanyak diri didalam sel.

C. sel tembakau terinfeksi dapat menyerang tanaman selain tanaman tembakau. SALAH, karena cuma bisa menyerang tanaman tembakau.

D. bersifat parasit fakultatif yang tetap aktif diluar tubung inang. SALAH, karena pertikel seharusnya bersifat parasit obligat (penuh/sejati)

E. bentuk partikelnya dapat berubah menjadi sel dan bersifat parasit. SALAH, karena partikel tersebut bukanlah sel.

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 6

6. Pada saat bermain di pantai, Ali mengamati karang-karang yang ada dipinggir pantai. Menurut Ayahnya karang-karang tersebut termasuk makhluk hidup dengan ciri-ciri berikut:

(1) Memiliki tubuh yang berlubang-lubang kecil.
(2) Hidup menetap didasar perairan atau menempel pada batuan karang.
(3) Reproduksi aseksual dengan cara bertunas.
(4) Memiliki spikula yang mengandung zat kapur.

Ciri-ciri yang dijelaskan ayah Ali menunjukan bahwa makhluk hidup tersebut termasuk ke dalam kelompok ....
A. Chordata
B. Echinodermata
C. Porifera
D. Arthropoda
E. Cnidaria

Jawaban : C. Porifera
Pembahasan:

Ciri-ciri porifera:
  1. Memiliki tubuh yang berlubang-lubang kecil atau pori-pori (ostium).
  2. Hidup menetap didasar perairan atau menempel pada batuan karang.
  3. Bentuk tubuh bervariasi, dari sebesar kacang polong hingga 90 cm dengan diamater 1 m.
  4. Tubuh berwarna warni, berwarna pucat atau cerah.
  5. Macam bentuk tubuh: Askonoid, sikonoid, dan leukonoid.
  6. Reproduksi aseksual dengan cara bertunas.
  7. Memiliki spikula yang mengandung zat kapur.

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 7

7. Perhatikan daur fosfat dalam ekosistem berikut!

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA 2019 Nomor 7

Pada ekosistem di atas terjadi daur biogeokimia karena setiap komponenya saling berinteraksi. Peran komponen X dalam daur biogeokimia tersebut adalah....
A. kelinci berperan sebagai detritus dalam tanah ketika mati karena menghasilkan senyawa fosfat
B. tumbuhan membentuk senyawa yang berbahan baku fosfor melalui asimilasi
C. fosfor dalam bebatuan mengalami pelapukan menjadi penyedia fosfat dalam tanah berupa senyawa organik
D. fosfat organik dalam tanah akan terlarut i air dan terserap oleh bebatuan
E. bangkai organisme mati akan diuraikan oleh bakteri menjadi senyawa fosfat organik

Jawaban:
B. tumbuhan membentuk senyawa yang berbahan baku fosfor melalui asimilasi

Pembahasan:
Analisis opsi jawaban:

Komponen X ditunjukan pada panah antara fospat didalam tanah dengan tumbuhan. Jadi analisisnya adalah:

A. kelinci berperan sebagai detritus dalam tanah ketika mati karena menghasilkan senyawa fosfat KURANG TEPAT karena bukan kompinen X yang ditunjuk.
B. tumbuhan membentuk senyawa yang berbahan baku fosfor melalui asimilasi BENAR
C. fosfor dalam bebatuan mengalami pelapukan menjadi penyedia fosfat dalam tanah berupa senyawa organik SALAH seharusnya berupa senyawa anorganik
D. fosfat organik dalam tanah akan terlarut di air dan terserap oleh bebatuan SALAH seharusnya diserap oleh tumbuhan.
E. bangkai organisme mati akan diuraikan oleh bakteri menjadi senyawa fosfat organik KURANG TEPAT karena bukan kompinen X yang ditunjuk.

Siklus Fosfor

Daur fosfor yaitu daur atau siklus yang melibatkan fosfor, dalam hal input atau sumber fosfor-proses yang terjadi terhadap fosfor- hingga kembali menghasilkan fosfor lagi. Daur fosfor dinilai paling sederhana daripada daur lainnya, karena tidak melalui atmosfer. fosfor di alam didapatkan dari: batuan, bahan organik, tanah, tanaman, PO4- dalam tanah. kemudian inputnya adalah hasil pelapukan batuan. dan outputnya: fiksasi mineral dan pelindikan.

Fosfor berupa fosfat yang diserap tanaman untuk sintesis senyawa organik. Humus dan partikel tanah mengikat fosfat, jadi daur fosfat dikatakan daur lokal.

Di alam, fosfor terdapat dalam dua bentuk, yaitu senyawa fosfat organik (pada tumbuhan dan hewan) dan senyawa fosfat anorganik (pada air dan tanah). Fosfat organik dari hewan dan tumbuhan yang mati diuraikan oleh decomposer (pengurai) menjadi fosfat anorganik. Fosfat anorganik yang terlarut di air tanah atau air laut akan terkikis dan mengendap di sedimen laut. Oleh karena itu, fosfat banyak terdapat di batu karang dan fosil. Fosfat dari batu dan fosil terkikis dan membentuk fosfat anorganik terlarut di air tanah dan laut. Fosfat anorganik ini kemudian akan diserap oleh akar tumbuhan lagi. Siklus ini berulang terus menerus. Fosfor dialam dalam bentuk terikat sebagai Ca-fosfat, Fe- atau Al-fosfat, fitat atau protein. Bakeri yang berperan dalam siklus fosfor : Bacillus, Pesudomonas, Aerobacter aerogenes, Xanthomonas, dll. Mikroorganisme (Bacillus, Pseudomonas, Xanthomonas, Aerobacter aerogenes) dapat melarutkan P menjadi tersedia bagi tanaman.

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 8

8. Hutan di kawasan puncak banyak ditebangi untuk diubah menjadi lahan pemukiman.
Perhatikan beberapa pernyataan berikut:
(1) Kawasan puncak lebih tertata indah dan rapi karena puncak yang dulunya hutan yang tiak terurus sekarang menjadi tempat tinggal dan penginapan.
(2) Terjadinya banjir besar diwilayah sekitarnya karena kawasan puncak itu tidak dapat lagi menyerap dan menyimpan cadangan air
(3) Mudah terjadi tanah longsor karena pembangunan pemukiman telah menghilangkan sebagian besar pohon-pohon yang dapat mengikat partikel tanah.
(4) Meskipun jumlah villa terus meningkat, karena pembangunannya ditata dengan baik maka tidak akan memberi dampak buruk pada lingkungan.
(5) Peningkatan suhu udara akibat pohon-pohon yang menyerap gas karbon dioksida telah ditebang.
(6) Mengurangi risiko penulara penyakit karena nyamuk, dihutan banyak naymuk yang menyebabkan berbagai penyakit.

Manakah yang merupakan dampak pengembangan dari perubahan fungsi lahan tersebut?
A. (1), (2), dan (3).
B. (1), (5), dan (6).
C. (2), (3), dan (5).
D. (3), (5), dan (6).
E. (4), (5), dan (6).

Jawaban:
C. (2), (3), dan (5).

Pembahasan:

Analisis opsi jawaban :

Dampak pengembangan dari perubahan fungsi lahan adalah

(1) Kawasan puncak lebih tertata indah dan rapi karena puncak yang dulunya hutan yang tiak terurus sekarang menjadi tempat tinggal dan penginapan.
(2) Terjadinya banjir besar diwilayah sekitarnya karena kawasan puncak itu tidak dapat lagi menyerap dan menyimpan cadangan air
(3) Mudah terjadi tanah longsor karena pembangunan pemukiman telah menghilangkan sebagian besar pohon-pohon yang dapat mengikat partikel tanah.
(4) Meskipun jumlah villa terus meningkat, karena pembangunannya ditata dengan baik maka tidak akan memberi dampak buruk pada lingkungan.
(5) Peningkatan suhu udara akibat pohon-pohon yang menyerap gas karbon dioksida telah ditebang.
(6) Mengurangi risiko penulara penyakit karena nyamuk, dihutan banyak naymuk yang menyebabkan berbagai penyakit.

Jadi jawabnnya adalah C.

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 9

9. Pabrik mengoperasikan mesin dengan bahan bakar batu bara dan bahan bakar minyak. Harga batu bara lebih murah sehingga banyak dipilih oleh pabrik, tetapi menghasilkan emisi gas buangan lebih banyak dibandingkan bahan bakar minyak. Jika terus-menerus menggunakan batu bara, yang akan terjadi adalah ....
A. pembakaran batu bara menghasilkan gas karbon monoksida yang dapat meningkatkan suhu bumi
B. gas buangan karbon dioksida menyebabkan terjadinya efekrumah kaca sehingga suhu bumi meningkat
C. gas nitrogen hasil pembakaran menyebabkan asfiksi pada manusia, khususnya manusia lanjut usia
D. gas karbon monoksida hasil pembakaran menyebabkan penipisan ozon di atmosfer
E. dihasilkan gas CFC yang akan menyebabkan penipisan lapisan ozon di atmosfer

Jawaban:
B. gas buangan karbon dioksida menyebabkan terjadinya efekrumah kaca sehingga suhu bumi meningkat

Pembahasan:
Analisis opsi jawaban:
Hasil pembakaran dari batubara yaitu berupa CO2, CO, H2O, dan SO2. jadi.
A. pembakaran batu bara menghasilkan gas karbon monoksida yang dapat meningkatkan suhu bumi SALAH yang menjadi gas rumah kaca adalah CO2 bukan CO.
B. gas buangan karbon dioksida menyebabkan terjadinya efekrumah kaca sehingga suhu bumi meningkat BENAR
C. gas nitrogen hasil pembakaran menyebabkan asfiksi pada manusia, khususnya manusia lanjut usia SALAH karena asfiksi disebabkan oleh bakteri Diplococcus pneumonia
D. gas karbon monoksida hasil pembakaran menyebabkan penipisan ozon di atmosfer SALAH yang merusak lapisan ozon adalah CFC.
E. dihasilkan gas CFC yang akan menyebabkan penipisan lapisan ozon di atmosfer SALAH karena CFC bukan dihasilkan dari batubara

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA Nomor 10

10. Perhatikan gambar jaringan penysusun organ tubuh manusia berikut ini!

Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA 2019 Nomor 10

Organ yang disusun oleh jaringan dan sistem organ yang dibangun adalah ....
A. pembuluh darah, sistem transportasi
B. ginjal, sistem eksresi
C. jantung, sistem sirkulasi
D. kulit, sistem eksresi
E. hati, sistem eksresi

Jawaban:
C. jantung, sistem sirkulasi

Baca Juga :
  • Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 3
  • Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 4

Demikianlah Artikel yang Berjudul Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 1

Terimakasih untuk sahabat semua yang sudah membaca artikel ini, Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca dimanapun berada.

Jangan lupa juga Baca Soal dan Jawaban USBN SMA/MA bagian selanjutnya Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 2. Soal dan Jawaban USBN SMA/MA Mata Pelajaran lainnya lengkap di Blog Administrasi Ngajar ini.

Artikel yang Anda baca berjudul Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 2 dengan alamat link https://administrasingajar.blogspot.com/2019/09/pembahasan-soal-unbk-biologi-sma-2019.html
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Pembahasan Soal UNBK Biologi SMA/MA Tahun 2019 ~ Bagian 1"