SOAL UAS PMKR Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester 2
Soal UAS PMKR dan Jawaban
1. Sebutkan bagian-bagian utama sistem pengaliran bensin
beserta fungsinya!
2. Jelaskan bagaimana bensin bisa tersemprot pada
karburator!
3. Jelaskan fungsi venturi pada karburator!
4. Sebutkan alat pencampur bahan bakar dan udara yang ada
pada motor bensin!
5. Sebutkan macam–macam karburator ditinjau dari: a. Arah
aliran gas b. Pembukaan katup gas
6. Sebutkan macam-macam venturi yang ada pada karburator!
7. Apa fungsi lubang udara pada sistem utama?
8. Apa fungsi separator pada tangki bahan bakar?
9. Apa keuntungan ventilasi tangki dengan katup?
10. Jelaskan fungsi ventilasi tangki!
11. Sebutkan macam – macam saringan bensin ditinjau dari
elemennya!
12. Ada berapa macam pompa bensin yang anda ketahui?
Sebutkan!
13. Pada saat di ruang pelampung penuh, bagaimana dengan
pompa bensin mekanik sedangkan mesin masih tetap hidup!
14. Jelaskan fungsi pelampung!
15. Apa akibatnya jika pelampung terlalu tinggi? Jelaskan!
16. Jelaskan fungsi ventilasi ruang pelampung dan sebutkan
macam – macamnya!
17. Apa keuntungan – kerugian ventilasi ruang pelampung
intern?
18. Apa fungsi sistem
idle pada karburator?
19. Jelaskan fungsi sistem perpindahan pada karburator?
20. Jelaskan fungsi lubang udara untuk idle!
21. Jelaskan fungsi:
a. Solenoid
b. Katup
thermostatik
22. Jelaskan kegunaan
emosion control!
23. Apa fungsi
koreksi udara pada karburator?
24. Lengkapi gambar
di bawah ini!
25. Apa fungsi katup
pengaya?
26. Apabila motor tersendat waktu mendahului kendaraan lain,
apa penyebab tersendat tersebut jelaskan!
27. Apa kegunaan katup cuk pada karburator?
28. Sebutkan keuntungan karburator bertingkat dibanding
dengan karburator tunggal.
29. Apa kegunaan karburator bertingkat ?
30. Sebutkan keuntungan karburator vakum konstan.
31. Sebutkan kerugian karburator vakum konstan.
32. Mengapa karburator speda motor pada umumnya hanya
digunakan pada mesin-mesin kecil saja ?
Jelaskan !
JAWABAN
1. - Tangki bahan bakar sebagai tempat persediaan bensin
- Pompa bahan bakar untuk memindahkan bahan bakar dari
tangki ke alat pencampur (karburator)
- Saringan bensin
tuntuk menyaring kotoran bensin
- Katup pengembali
untuk mengembalikan bensin jika terjadi tekanan lebih
- Alat pencampur untuk mencampur bahan bakar dan udara
sesuai kebutuhan motor
2. Bensin dapat tersemprot karena aliran udara yang cepat
dimana aliran udara yang cepat tekanan turun sehingga tekanan ujung nosel lebih
kecil dibanding tekanan di ruang pelampung
3. Untuk mempercepat aliran udara sehingga tekanan turun
lebih besar
4. Karburator dan injeksi
a. Arus
turun, arus naik, arus datar
b. Karburator
ganda, bertingat, dan ganda bertingkat
6. Venturi tetap, venturi tetap dengan venturi sekunder dan
venturi variabel
7. Agar campuran udara dan bensin lebih homogeny
8. Untuk mencegah pompa supaya tidak mengisap udara pada
saat mobil terjadi goncangan.
9. Agar tekanan dalam tangki selalu sama dengan tekanan
udara luar pada saat terjadi pengurangan atau penambahan volume.
10. Tidak terjadi kebocoran pada saat mobil miring sekali
akan terbalik.
11. Kasa kawat, kertas dan kasa plastik
12. Ada 2, yaitu: pompa bensin mekanik dan pompa bensin
listrik
13. Karena pegas penekan tidak mampu menekan membran melawan
tekanan di ruang pelampung maka tuas pompa hanya bergerak di antara celah yang
ada pada batang penarik.
14. Untuk menjaga agar permukaan bensin di ruang pelampung
tetap konstan.
15. Jika terlalu tinggi belum sampai banjir maka akan
terjadi campuran terlalu kaya, polusi gas buang tinggi dan pemakaian bahan
bakar boros tetapi jika sampai banjir maka mesin tidak bisa hidup.
16. Untuk menjaga agar tekanan di ruang pelampung agar
konstan Macam – macamnya:
a. Ventilasi
intern
b. Ventilasi
ekstern
c. Ventilasi
automatis
17.
• Keuntungan:
Kondisi saringan udara tidak mempengaruhi perbandingan campuran
• Tidak
timbul polusi
• Kerugian:
Pada saat di ruang mesin panas terjadi campuran kaya dan motor sulit dihidupkan
pada awal start
18. Agar motor bisa hidup pada saat katup gas hampir
tertutup
19. Untuk menghindari campuran terlalu keras pada saat katup
gas mulai dibuka sedikit dari posisi idle
20. Untuk membentuk campuran awal dan untuk menghindari
banjir pada saat motor dimatikan
21. - Solenoid : Untuk menutup saluran idle pada saat kunci
kontak dimatikan
- Katup thermostatic : Untuk memberi tambahan udara pada
saat temperatur di ruang mesin panas
22. Untuk menghindari masuknya bahan bakar ke silinder pada
saat katup gas tertutup putaran tinggi (jalan turun)
23. Untuk mengurangi aliran bahan bakar pada saat putaran
tinggi
24. Menyebutkan keuntungan – kerugian karburator sepeda
motor
25. Untuk menambah bahan bakar pada saat katup gas terbuka
penuh putaran rendah agar diperoleh tenaga yang besar
26. Disebabkan karena pompa percepatan saat penyemprotannya
terambat atau volume penyemprotannya kurang
27. Untuk memperkaya campuran bahan bakar pada saat motor
dingin supaya motor dihidupkan
28. Karburator bertingkat pengabutannya lebih baik,
pemakaian bahan bakarnya lebih efisien (hemat).
29. Menghubungkan keuntungan venturi diameter kecil pada
beban rendah dengan venturi diameter besar pada beban tinggi.
30. Pengabutan bensin tetap baik pada semua keadaan motor
-> homogenitas campuran lebih baik. Karena hanya ada satu sirkuit maka
pergantian proses kerja dari idel sampai beban penuh lebih halus ->
perbandingan campuran selalu teratur.
31. Harga lebih mahal. Kesalahan penyetelan idel sekaligus
mempengaruhi perbandingan campuran pada
beban menengah s/d beban penuh (pada karburator yang penyetelannya merubah posisi nosel / jarum).
Keausan jarum &nosel mempengaruhi perbandingan campuran.
32. Karena karburator speda motor hanya memiliki sistem cuk,
idel, dan utama saja sehingga kurang efisien jika digunakan pada mesin-mesin
kendaraan seperti mobil, bus/truk.
Demikianlah SOAL UAS Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester 2 Lengkap dengan Jawabannya. Semoga bermanfaat.
Baca juga :
Baca juga :
Post a Comment for "SOAL UAS PMKR Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester 2"