Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Cara Menentukan Ide Pokok Dan Contoh Serta Jawaban Dengan Mudah

Menentukan ide pokok dengan cepat merupakan salah satu tujuan dari membaca ekstensif. Dengan menemukan ide pokok, maka kamu akan lebih mudah mengetahui apa isi dari sebuah bacaan. Lalu bagaimana cara menentukan ide pokok dan contoh serta jawaban pada sebuah bacaan dengan cepat?

Cara menentukan ide pokok

Sebelum mengetahui cara menentukan ide pokok dan contoh serta jawaban, ide pokok sendiri merupakan gagasan atau hasil pemikiran yang utama pada sebuah paragraf. Karena pada sebuah paragraf terdapat beberapa kalimat, maka untuk setiap paragraf tentu memiliki ide pokok. Baik itu ide pokok utama atau ide pokok pendukung.

Cara menentukan ide pokok suatu paragrap dengan mudah

Cara menentukan ide pokok dan contoh serta jawaban sendiri bisa dikatakan susah-susah gampang. Pasalnya jika kamu tidak mencarinya secara seksama, maka bisa saja kalimat yang kamu tentukan bukanlah sebuah ide pokok suatu paragraph. Nah agar lebih mudah berikut ini domain.com memberikan tata cara mencari sebuah ide pokok:

Membaca dan mencermati kalimat

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menemukan ide pokok sebuah paragraf adalah membaca serta mencermati setiap kalimat di paragraf. Ketika membaca pastikan kamu melakukannya secara teliti dan saksama. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menentukan mana kalimat yang merupakan ide pokok.

Mengenali ide atau subjek yang mendominasi sebuah paragraph

Setelah membaca secara cermat, pastikan kamu juga mengenali setiap tanda objek atau benda di paragraf. Dengan metode ini juga akan lebih mempermudah kamu dalam menemukan gagasan utama, Lakukan identifikasi secara teliti dan maksimal untuk menentukan ide pokok.

Menentukan 2 kalimat sebagai kalimat utama

Ide pokok sendiri terdiri atas sebuah kalimat yang mana mewakili dari keseluruhan paragraf. Oleh sebab itu ketika ingin menemukan ide pokok, maka pastikan kamu menemukan satu kalimat yang paling cocok. Selain itu pastikan kalimat tersebut juga bisa mewakili semua penjelasan pada paragraf.

Menentukan ide pokok pada kalimat utama

Ide pokok biasanya dapat ditandai pada kalimat dimana bisa berdiri sendiri tanpa bantuan kalimat pendukung. Nah disini kamu bisa mencoba cara menentukan ide pokok pada kalimat utama sebuah paragraf.

2 contoh paragraph dan jawaban ide pokoknya

Bancana banjir yang melanda Jakarta akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan banyak penyakit bermunculan di masyarakat. Beberapa penyakit yang muncul akibat bencana tersebut diantaranya seperti demam berdarah, diare, tifus dan masih banyak lagi.


Dari kalimat diatas dapat diketahui jika ide pokonya adalah bencana banjir di Jakarta telah menyebabkan beragam jenis penyakit di masyarakat.

Insomnia adalah sebuah gejala gangguan tidur yang biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun beberapa penyebab yang paling banyak terjadi dikarenakan rasa kecemasan dan beban pikiran yang berat. Selain itu, insomnia juga dapat diakibatkan karena bekerja hingga larut malam, tempat tidur kurang nyaman hingga kebiasaan lainnya yang bisa menjadi pemicu insomnia.


Dari bacaan kedua diatas bisa diketahui jika ide pokok dari paragraph tersebut adalah faktor-faktor penyebab dari Insomnia yang menyebabkan gangguan susah tidur.

Nah itulah cara menentukan ide pokok dan contoh serta jawaban yang bisa coba kamu pelajari. Jika masih merasa bingung, kamu bisa mencoba membaca secara pelan dan sistematis. Dengan memahami bacaan secara penuh maka kamu akan lebih mudah menentukan fungsi ide pokok dari suatu paragraf.
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for " Ini Dia Cara Menentukan Ide Pokok Dan Contoh Serta Jawaban Dengan Mudah"