Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 5 Subtema 1 Halaman 20, 21, 23, 24, 25, 26

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Subtema 1 Halaman  20, 21, 23, 24, 25, 26 - Pada Tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Pembelajaran 3 yang kami sajikan adalah materi dan kunci jawaban tematik dibahas secara tuntas. Pada Subtema 1 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus diselesaikan oleh siswa secara individu dengan tepat. Dengan itu kami menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 lengkap sebagai sumber media belajar siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 20, 21, 23, 24, 25, 26

Buku Siswa ini digunakan sebagai referensi media belajar untuk kelas 5 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Tema 9 Subtema 1 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 3 halaman 20-26.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 20-26.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara Indonesia memiliki posisi geografis yang unik sekaligus menjadikan posisi yang strategis. Hal ini dapat dilihat dari letak Indonesia yang berada di antara dua samudra, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Letak geografis ini sangat memengaruhi keberadaan wilayah Indonesia, baik dilihat dari keadaan fisik dan sosial atau ekonomi dan politik. Amatilah peta Indonesia berikut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5  Halaman 20

Ayo Mengamati
Amatilah gambar peta tersebut. Tuliskan nama daerah-daerah yang pernah kamu kunjungi pada kolom berikut.
Jakarta, Aceh, Lampung, Bengkulu, Jawa Barat, Yogyakarta dan Palembang.
Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 Halaman 20

Siti mengamati gambar peta daerah tempat tinggal saudaranya di Jawa Tengah. Dengan peta, Siti mengetahui banyak hal tentang daerah di Jawa Tengah. Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°). Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°). Garis bujur terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, yaitu lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS).

Perhatikan peta Provinsi Jawa Tengah berikut.
Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 Halaman 21

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5  Halaman 21

Ayo Berlatih

1. Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota Semarang sekitar 110° BT dan 7°LS. Tunjukkan letak Semarang pada gambar peta di atas. Kemudian, lingkarilah dengan pensil berwarna!
Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 Halaman 21

2. Lihatlah peta di kelasmu atau buku atlasmu. Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas. Kemudian, tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur! Tuliskan dalam tabel berikut!

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 21

Pada latihan tersebut, kita telah ditunjukkan nama sepuluh kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Setiap provinsi mempunyai kabupaten. Setiap kabupaten memiliki kekhasannya masing-masing. Namun demikian, tentu saja antara kabupaten yang satu dengan lainnya tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Tidak hanya di dalam lingkup kabupaten, dengan orang terdekat pun kita harus menjunjung
persatuan dan kesatuan. 
Perhatikan gambar berikut. Paman Siti dan para tetangga bekerja sama membersihkan lingkungan rumah. Mereka juga mengganti bola lampu yang mati untuk penerangan di depan rumah masing-masing. Kegiatan mereka demi keamanan dan kenyamanan semua warga kampung. Kegiatan mereka itu mencerminkan hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan.
Materi Tematik Tema 9 Kelas 5 Halaman 22

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5  Halaman 23

Ayo Berdiskusi

Ada perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Sebaliknya, ada pula perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Coba diskusikan secara kelompok bersama tiga orang temanmu perilaku tersebut. Kemudian, tuliskan contoh-contoh dari kedua perilaku tersebut dalam tabel berikut.

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 Halaman 23
Dari segi geografis, Negara Indonesia membentang antara 60LU-110LS dan 950BT dan 1410BT, yaitu dari Sabang sampai Marauke. Oleh karena itu, perlu adanya rasa persatuan dan kesatuan. Apakah kamu mengetahui makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia? Bacalah tulisan berikut.

Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.
  2. Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.
  3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme.
Dapat disimpulkan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu harus saling bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5  Halaman 24

Ayo Mengamati
Untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dibuatlah iklan ajakan atau seruan seperti berikut.
Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 Halaman 24

Ingatkah kamu yang dimaksud dengan iklan? Tuliskan dalam kolom berikut.
Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5  Halaman 25

Ayo Berlatih
Carilah contoh iklan dari media cetak. Gunting iklan tersebut, lalu ceritakan isinya di depan teman-temanmu.

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 Halaman 25

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5  Halaman 26

Ayo Renungkan
Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apa manfaat dari pembelajaranyang kamu peroleh hari ini? Tuliskan dalam kolom berikut.

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 Halaman 26

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 26
Buatlah laporan sederhana hasil diskusimu bersama orang tua untuk dikumpulkan kepada Guru.

Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 5 Subtema 1 Halaman 20, 21, 23, 24, 25, 26, semoga dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 5 Subtema 1 Halaman 20, 21, 23, 24, 25, 26"