Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 69

kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 65-66-69

Kunci Jawaban
Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 69 - Buku Siswa Tema 6 Subtema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018, yang di pelajari adalah temanya tentang Membangun Masyarakat Sejahtera. Pada Subtema 2 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus di selesaikan siswa dengan baik. Dengan itu kami menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 lengkap sebagai sumber media belajar siswa.

Buku Siswa ini digunakan sebagai referensi media belajar untuk kelas 6 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Tema 6 Subtema 2 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 4 halaman 65-69

Baca Juga :

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 65-69


Ayo Berlatih

Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas?


Masa pubertas dapat dibedakan dengan masa kanak-kanak atau anak-anak.Untuk mengetahui kamu saat ini sudah memasuki masa pubertas atau masih anak-anak, dapat kamu lakukan dengan menjawab secara jujur pertanyaanpertanyaan dalam tabel berikut.

Isi tabel dengan tanda centang (√) pada kolom yang tersedia.Untuk kolom kesimpulan isi berdasarkan jawaban atas lima pertanyaan yang tersedia.

Jika jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti kesimpulannya kamu sudah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, jika jawaban lebih banyak pada kolom “Belum” berarti kamu masih anak-anak (kanak-kanak).

Jawaban Tema 6 Kelas 6 (Halaman 65)

Kolom diisi oleh anak laki-laki

kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 65

Kolom diisi oleh anak Perempuan

kunci jawaban tema 6 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 4


Arif dan Udin terkesima menonton sebuah tarian di televisi. Mereka tertarik dengan gerakan penari. Penari Klana topeng memakai topeng. Meskipun wajah ditutupi topeng penari tetap lincah bergerak.

Ayo Membaca
Tari Klana Topeng

Tari Klana Topeng merupakan bentuk karya tari tunggal. Tari ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Klana Topeng pada umumnya ditarikan oleh penari putra. Tema yang menjadi sumber tarian ini mengambil dari cerita panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana yang sedang jatuh cinta.

kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 66

Gerak-gerik tarinya menggambarkan Prabu Klana yang sedang menghias diri. Ada gerak mengatur rambut. Ada gerak menghias kumis.Ada gerak menata pakaian. Ada juga gerak sedang bercermin. Iringan yang mengiringi tarian yaitu seperangkat gamelan Jawa.

Penari saat mempertunjukkan Tari Klana Topeng menggunakan busana, di antaranya celana, kain, sabuk, selendang, penutup kepala,hiasan dada, hiasan tangan, dan hiasan kaki. Tari Klana Topeng ditarikan kurang lebih selama lima belas menit. Penari menggunakan topeng selama menarikan Tari Klana Topeng. Pemakaian topeng oleh penari secara terus menerus selama menarikan tarian ini sehingga membuat kagum para penonton. Penari tetap bersemangat dan lincah dalam bergerak meskipun memakai topeng.

Jawaban Tema 6 Kelas 6 (Halaman 66)


Ayo Berlatih

Kamu telah membaca dengan cermat teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Informasi apakah yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi (Tari Klana Topeng)?

Tari Klana Topeng

2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul teks nonfiksi dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?

Informasi yang saya peroleh ketika baru membaca judul teks Tari Klana Topeng nonfiksi sangat sesuai dengan informasi yang saya peroleh

3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?

Informasi yang diperoleh setelah membaca teks non fiksi berjudul Tari Klana Topeng adalah mengetahui asal Tari Klana Topeng, unsur-unsur tari saman, dan busana serta properti tari Klana Topeng.

Tuliskan hasil perbandingan informasi yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi dan informasi yang kamu dapat setelah membaca teks nonfiksi. Selanjutnya, presentasikan secara lisan di depan kelas. Lakukan secara bergantian dengan temanmu.

Ayo Mengamati


Apakah kamu pernah memperagakan karya tari bentuk tunggal? Karya tari apa yang pernah kamu peragakan? Amatilah gerak tari kreasi bentuk tunggal berikut.

1. Melangkah maju, kepala menengok mengikuti langkah kaki.


kunci jawaban tema 6 kls 6 pb 4 hal 65-69

Lakukan gerakan 8 x 2 hitungan

2. Mengangkat kaki kanan diangkat, lalu ditapakkan.

Kemudian, kaki kanan ditapakkan ke samping, lalu jinjit di belakang kaki kiri. Perhatikan sikap tangan pada gambar berikut.

kunci jawaban kelas 6 tema 6 halaman 65, 66, 69

Lakukan gerakan 4 x 8 hitungan.

Jawaban Tema 6 Kelas 6 (Halaman 66)

kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 69

Hasil Pengamatan :

Nama Tarian :
Bedhaya ketawang

Asal daerah tarian :
Surakarta

Unsur karya tari yang diamati :
Dilakukan oleh 9 orang penari wanita, menggunakan pakaian pengantin adat jawa lengkap dengan aksesorisnya, tarian ini diiringi dengan musik, dan alat musik yang digunakan untuk mengiringi adalah Gendhing Ketawang. Tari Bedhaya Ketawang adalah sebuah tarian kebesaran yang hanya dipertunjukkan ketika upacara peringatan kenaikan tahta raja

Tanggapan terhadap karya tari :
Sakral, anggun, magis, tarian yang diiringi dengan mitos (cerita rakyat)

Hasil Pengamatan :

Nama Tarian :
Ronggeng

Asal daerah tarian :
Jawa Tengah

Unsur karya tari yang diamati :
Untuk laki-laki pakaian yang dikenakan diantaranya pangsi, iket, beubeur, serta golok. untuk perempuan pakaian yang digunakan biasanya kebaya, sinjang selutut, beubeur, sampul serta aksesoris lain seperti bunga yang biasanya ditaruh di kepala. Alat musik yang digunakan adalah rebab dan gong.

Tanggapan terhadap karya tari :
Pada mulanya tarian ronggeng adalah tarian yang dilakukan untuk mengadakan suatu upacara tertentu seperti upacara untuk meminta kesuburan tanah. Gerakannya lincah dan dinamis

Hasil Pengamatan :

Nama Tarian :
Saman

Asal daerah tarian :
Aceh

Unsur karya tari yang diamati :
Tari Saman tidak menggunakan alat musik untuk mengiringi tariannya, melainkan menggunakan perpaduan nyanyian para penarinya dan dengan suara tepukan pada gerakan tarian (tepuk tangan, dada dan paha), jumlah penari yang dibutuhkan untuk membawakan tarian ini harus berjumlah ganjil (pada umumnya 17), gerakan tarian saman ini unik dan beda daripada yang lain karena syarat akan kekompakan dan keharmonisan yang sangat penting. Lirik-lirik lagu dinyanyikan para penari  berisikan dakwah agama islam, pakaian yang digunakan biasanya mengusung warna-warna cerah dan mencolok. Properti penari biasanya terdiri dari atasan, kain sarung, dan bawahan berupa celana. Ikat kepala merupakan hiasan yang biasa dikenakan melingkar pada kepala para penari laki-laki. Jilbab menjadi bagian dari kostum penari perempuan yang mengidentikan sebagai seorang muslimah.

Tanggapan terhadap karya tari :
Gerakan cepat, kompak, Agamis

Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 69, semoga dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar. 
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 69"