Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 147, 148, 149, 150, 151, 152, 153

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 147, 148, 149, 150, 151, 152, 153

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman  147, 148, 149, 150, 151, 152, 153
-
Pada Tema 6 Subtema 3, yang dipelajari adalah temanya tentang Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan. Pada Subtema 3 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus diselesaikan oleh siswa secara individu dengan tepat. Dengan itu kami menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 lengkap sebagai sumber media belajar siswa. 

Buku Siswa ini digunakan sebagai referensi media belajar untuk kelas 5 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Tema 6 Subtema 3 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 2 halaman 147-153

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 147-153

Suatu pagi, Lani bergegas memasuki ruang kelas dengan membawa sebuah kotak. Ia segera menemui Dayu, yang saat itu sudah ada di kelas. 

“Dayu! Coba lihat, saya bawa apa?” tanya Lani sambil menunjukkan sebuah kotak. 

“Ah, kamu akhirnya mendapatkan botol minum tahan panas yang selama ini kamu idamkan, Lani!  Bolehkah saya melihatnya?” timpal Dayu ikut senang. 

“Tentu saja, Dayu.  Saya senang sekali, akhirnya saya dapat menyimpan teh panas atau air dingin dari rumah agar saya masih bisa menikmatinya di sekolah.  Nanti kita berbagi ya Dayu!” jawab Lani.

“Sebenarnya saya lebih penasaran dengan cara kerja benda itu, Dayu. Bahan apa saja yang digunakan benda itu untuk menjaga panas dari air teh panas tidak keluar sehingga tetap hangat. Dan kamu pun tetap dapat memegangnya tanpa kepanasan.” Jawab Dayu. 

“Di dalam kotak ini ada brosur yang menggambarkan bagian-bagian benda ini.  Nanti kita lihat ya!  Tetapi saya bawa sebuah artikel yang kurasa juga menarik untuk kita ketahui.  Sejarah termos! Benda ini pun sebenarnya hampir sama dengan termos yang biasa kita pakai untuk menyimpan air panas. Maukah kamu membaca bersama saya?” tanya Lani.

“Tentu saja!” jawab Dayu bersemangat.

Ayo Membaca

Sejarah Termos
Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya. Termos memang sering digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan. Biasanya keluarga yang memiliki bayi yang memerlukan susu setiap saat, menggunakan termos untuk menyimpan air panas. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis. Benda ini dirancang berbentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat. Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, dapat ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari bahan mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa saat tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya digunakan untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air dingin agar tetap dingin.

Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat. Tetapi saat itu, untuk menjaga suhu minuman agar tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang dingin seperti di Eropa. 

Karena kebutuhan inilah,  James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah agar panas tidak menjalar. Sementara dinding sebelah dalam botol tersebut, dilapisi perak untuk mempertahankan panas. Botol hampa udara itulah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar dan penutup wol buatan mertuanya sampai sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Sumber : diolah dari berbagai sumber

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 147

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskanlah hal-hal penting pada setiap paragraf dengan menggunakan kalimat lengkap. Tuliskanlah pada tabel berikut.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 147

Rangkailah kalimat-kalimat yang berisi informasi penting dari paragraf di atas menjadi sebuah tulisan satu paragraf yang menggambarkan isi dari bacaan di atas. Gunakan kalimat yang lengkap, kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung. James Dewar adalah pencipta termos pertama kali pada tahun 1902. James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol Hampa udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, London

Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini.

Tuliskan jawabanmu dengan menggunakan kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!


1. Apa fungsi sebuah termos?

Termos digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan

2. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu?

Bahan yang digunakan pada masa itu adalah botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat

3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas!

Jawaban Tema 6 Kelas 5 Hal 147

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 148

4. Apa saja benda di sekitarmu yang menggunakan prinsip yang hampir sama dengan termos?

Jaket dan selimut


Ayo Membaca
Selain termos, tentu kamu pernah melihat benda-benda di sekitarmu yang menggunakan bahan isolator dan konduktor dengan berbagai kegunaannya.  Bacalah bacaan berikut yang disadur dari sebuah  buku pelajaran elektronik ini dengan saksama.

Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator
Kamu sudah tahu, bahwa panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ingat kembali, apa yang dimaksud dengan konduksi, konveksi, dan radiasi? Pikirkan bersama dalam kelompok kecil! Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu?

Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Selimut memerangkap udara. Udara adalah isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.

Terbuat dari apakah panci? Panci terbuat dari bahan logam, misalnya aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya. 

Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal. Karena itu, mesin dibuat dari bahan konduktor sebagai penghantar panas. Dari uraian di atas, kamu sudah tahu mana bahan yang bersifat konduktor dan isolator. Selain selimut, dan panci, tentu kamu dengan mudah menjumpai penggunaan benda yang bersifat konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber : IPA BSE Kelas 6, Pusbuk, 2010

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 149

Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 149

Isi Paragraf 1

Panas dapat berpindah melalui konduksi, konveksi dan radiasi

Isi Paragraf 2

Selimut dan panci memanfaatkan fungsi konduktor dan isolator

Isi Paragraf 3

Panci terbuat dari bahan logam

Isi Paragraf 4

Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan-bahan yang dapat menghantar panas

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 150

Berdasarkan kalimat-kalimat yang mewakili isi bacaan yang telah kamu tulis, buatlah sebuah diagram yang akan menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan di atas. Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan, ke dalam setiap kontak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 150

Alternatif Jawaban :

Jawaban Tema 6 Kelas 5 Hal 150


Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan dalam bacaan dalam tulisan satu paragraf berikut.


Panas dapat berpindah melalui konduksi, konveksi dan radiasi. Beberapa barang memanfaatkan benda sebagai konduktor atau isolator. Selimut dan panci memanfaatkan sifat konduktor dan isolator. Panci bersifat konduktor sedang pegangan panci bersifat isolator. Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan bersifat konduktor. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin ideal.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 151

Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu. Gunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi sifat hantaran benda tersebut dan kegunaannya. Lalu buatlah kesimpulannya!

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 151

Alternatif Jawaban :

Nama Benda/alat di sekolah
Gerbang besi sekolah
Sifat Hantaran
Konduktor
Kegunaan
Sebagai pagar keamanan dan tempat keluar masuk ke sekolah

Nama Benda/alat di sekolah
Bel Sekolah
Sifat Hantaran
Konduktor
Kegunaan
Penanda waktu pergantian kegiatan di sekolah

Nama Benda/alat di sekolah
Keranjang sampah dari plastik
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Tempat sampah dikumpulkan

Nama Benda/Alat di sekolah
Kursi siswa
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Tempat untuk duduk siswa

Nama Benda/Alat di sekolah
Meja Guru
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Tempat untuk menulis

Nama benda/alat di rumah
Panci
Sifat Hantaran
Konduktor
Kegunaan
Memasak dan merebus air

Nama benda/alat di rumah
Setrika
Sifat Hantaran
Konduktor
Kegunaan
Merapikan pakaian

Nama benda/alat di rumah
Selimut
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Menjaga badan tetap sehat

Nama benda/alat di rumah
Spatula
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Mengambil masakan dari wajan

Nama benda/alat di rumah
Termos
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
menjaga air tetap panas

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 152

Buatlah kesimpulan terhadap kegiatan di atas

Panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ketiga cara perpindahan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 153

Ayo Berlatih
Perhatikanlah gambar cerita berikut ini! Lengkapilah keterangan sesuai gambar cerita yang ditampilkan. Di manakah kamu menemukan gambar cerita tersebut? Kesan apa yang kamu rasakan pada saat mengamati gambar ilustrasi tersebut?


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 153

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 154

Ayo Renungkan
1. Apa saja keterampilan menurutmu yang diperlukan untuk memahami konsep-konsep pembelajaran hari ini?

Jawab sesuai pemahaman masing-masing

2. Konsep manakah yang ingin kamu dalami lebih lanjut?

Jawab sesuai pemahaman masing-masing

3. Bagaimana kamu memanfaatkan sumber informasi di sekitarmu?

Jawab sesuai kreativitas

Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tuamu, carilah beberapa gambar cerita yang menjelaskan cara penggunaan beberapa alat elektronik yang ada di rumahmu. Apakah kamu dapat memahami gambar cerita tersebut? Bagaimana saranmu?

Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 147, 148, 149, 150, 151, 152, 153, semoga dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar.
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 Halaman 147, 148, 149, 150, 151, 152, 153"