Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 Halaman 107, 108, 109, 110, 111

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 107, 108, 109, 110, 111 – Buku siswa kelas 6 tema 4 revisi Tahun 2018. Pada Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 2 ini temanya tentang Globalisasi subtema 3 dengan judul Globalisasi dan Cinta Tanah Air.
Buku Siswa ini digunakan sebagai sumber media belajar untuk kelas 6 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2018.
Dalam Tema 4 Subtema 3 terdapat beberapa latian soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 2. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 2 halaman 107-111.
Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 107-111
Ayo Mengamati
Amati poster berikut.

Diskusikan dalam kelompok tentang pesan yang disampaikan dalam poster tersebut!
Baca dalam hati cuplikan berita dari berbagai media berikut.
Yuk, Cintai Buah dalam Negeri
Indonesia terkenal dengan surganya buah. Ada berbagai macam buah yang tumbuh subur di Nusantara ini. Sayangnya, buah-buah lokal ini makin lama makin tergusur karena kedatangan buah impor. Impor adalah mendatangkan buah dari luar negeri ke Indonesia.
Tentu saja, buah yang didatangkan dari luar negeri itu bisa menjadi murah di sini karena buah tersebut didatangkan dalam jumlah besar. Ini dapat membuat buah lokal kalah dalam persaingan . Dikutip dari: Berani Online, Yuk, Cintai Buah dalam Negeri
Jangan lupakan Pasar Tradisional
Hai, kawan-kawan di seluruh Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan membahas seputar pasar tradisional. Kita tidak boleh melupakan pasar tradisional dalam maraknya era globalisasi. Seperti contoh, kita pasti lebih senang berbelanja ke supermarket atau mall. Karena, suasananya tidak pengap dan lebih nyaman untuk berbelanja dibandingkan dengan berbelanja di pasar tradisional.
Apakah kalian lupa, Indonesia dari zaman dulu terkenal karena pemasaran sumber daya alamnya. Dulu, hanya ada pasar tradisional yang telah memperjualbelikan berbagai barang. Sehingga, pasar tradisional merupakan warisan budaya leuhur kita terdahulu. Mungkin, pasar tradisional sudah ada sebelum masa penjajahan di Indonesia. Banyak kapal-kapal asing berlayar ke Indonesia, karena ingin membeli rempah-rempah yang terjual pasar-pasar (tradisional). Pasar tradisional tidak akan berubah ciri khasnya secara total. Pasar tradisional tak boleh dilupakan.
Sumber: www.kidnesia.com
Mari Gunakan Produksi Dalam Negeri!
Menteri ESDM mengkampanyekan ”Gerakan Aku Cinta 100% Indonesia”. Secara serempak seluruh yang hadir dalam acara tersebut memakai batik dan sepatu produksi dalam negeri.

Gerakan cinta Indonesia memiliki arti sangat strategis, tidak hanya untuk menghadapi tantangan krisis ekonomi global, tapi juga untuk membangun kemandirian bangsa di bidang ekonomi. Gerakan itu bukan hanya menjadi kampanye biasa, tapi menjadi gerakan bersama, tidak bersifat statis dan bukan kebijakan proteksionis karena tidak termasuk kebijakan tarif.
Potensi pasar dalam negeri sangat besar, dengan jumlah penduduk 230 juta dan hampir 50 persen terdiri dari penduduk berusia di bawah 29 tahun, harus dimanfaatkan secara optimal melalui gerakan ini. Semua pihak diharapkan untuk lebih memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri sehingga kemandirian bangsa dapat terbangun.
Program kampanye “Cinta Indonesia” bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap produk barang dan jasa dalam negeri, serta meningkatkan citra Indonesia di mata internasional. Diharapkan dengan dicanangkannya gerakan ini, pasar produk dalam negeri bisa ditingkatkan sehingga tekanan terhadap sektor industri bisa dikurangi dan gejala pengurangan tenaga kerja dapat dihindari.
Dikutip dari : www.esdm.go.id
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 107
Berdasarkan teks yang telah kamu baca coba diskusikan dengan temanmu “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Tulislah hasil diskusimu pada diagram berikut.
Contoh sikap
Berwawasan Internasional, mengikuti perkembangan teknologi terbaru namun tidak meninggalkan budaya Indonesia dan cinta produk-produk Indonesia
Bukan contoh sikap
Mengikuti budaya Asing, lebih memilih produk Impor, memiliki kemampuan Internasional namun tidak untuk memajukan Negara sendiri lebih suka berkarir di Luar Negeri.
Dampak
Budaya Indonesia tetap terjaga, menambah devisa negara, meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap produk jasa dan barang dalam negeri yang dijual di pasar tradisional serta, meningkatkan perekonomian Indonesia.
Pengertian
Berpikir maju, berwawasam Internasional namun tetap bertindak sesuai dengan budaya luhur bangsa Indonesia.
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 108
Ayo BerlatihAmbil kembali kotak berbentuk kubus yang kamu bawa. Gambarlah kemungkinan jaring-jaring pada kertas berpetak berikut.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 109

Tahukah kamu bagaimana menemukan luas permukaan kubus?
Tulislah panjang rusuk untuk setiap kemungkinan jaring-jaring kubus berikut. Hitunglah luas permukaannya.
Tulislah panjang rusuk untuk setiap kemungkinan jaring-jaring kubus berikut. Hitunglah luas permukaannya.

Tidak mempengaruhi
Luas jaring-jaring adalah luas permukaan kubus. Luas satu persegi adalah luas sisi kubus. Jika r adalah rusuk kubus, luas satu sisi kubus adalah r × r = r2.
Bagaimana hubungan luas permukaan dengan luas setiap sisi pada kubus?
Luas permukaan kubus adalah jumlah luas dari seluruh sisi kubus. Luas sisi kubus sama dengan luas satu persegi
Jika rusuk kubus adalah r, tulislah rumus luas permukaan kubus.
L = 6 x r x r
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 110
Ayo Berlatih1. Hitunglah luas permukaan kubus berikut.

Alternatif Jawaban Kubus A :
Diketahui :
s = 6
Rumus luas kubus
L = 6 x s2
Jawab :
L = 6 x 6 x 6
L = 216
Jadi Luas permukaan kubus A adalah 216 satuan
Alternatif Jawaban Kubus B :
Diketahui :
s =10
Rumus luas kubus
L = 6 x s2
Jawab :
L = 6 x 10 x10
L = 600
Jadi Luas permukaan kubus A adalah 600 satuan
Alternatif Jawaban Kubus C :
Diketahui :
s = 3
Rumus luas kubus
L = 6 x s2
Jawab :
L = 6 x 3 x 3
L= 54
Jadi Luas permukaan kubus C adalah 54 cm2
Diketahui :
s = 6
Rumus luas kubus
L = 6 x s2
Jawab :
L = 6 x 6 x 6
L = 216
Jadi Luas permukaan kubus A adalah 216 satuan
Alternatif Jawaban Kubus B :
Diketahui :
s =10
Rumus luas kubus
L = 6 x s2
Jawab :
L = 6 x 10 x10
L = 600
Jadi Luas permukaan kubus A adalah 600 satuan
Alternatif Jawaban Kubus C :
Diketahui :
s = 3
Rumus luas kubus
L = 6 x s2
Jawab :
L = 6 x 3 x 3
L= 54
Jadi Luas permukaan kubus C adalah 54 cm2
2. Dayu akan membuat kubus dengan panjang rusuk 20 cm dengan menggunakan kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang dibutuhkan Dayu.
Diketahui
s : 20 cm
Rumus luas kubus
L = 6 x s2
Jawab :
L = 6 x 20 x 20
L= 2.400
Jadi Luas permukaan karton yang dibutuhkan Dayu adalah 2.400 cm2
s : 20 cm
Rumus luas kubus
L = 6 x s2
Jawab :
L = 6 x 20 x 20
L= 2.400
Jadi Luas permukaan karton yang dibutuhkan Dayu adalah 2.400 cm2
3. Siti akan membuat dua buah kubus dengan panjang rusuk masing-masing 20 cm. Jika Siti
mempunyai kertas karton seluas 200 cm2, apakah kertas karton Siti cukup? Jelaskan.
Luas permukaan kubus 1 kubus
L = 6 x s2
Jawab :
L = 6 x 20 x 20
L= 2.400
Luas permukaan kubus 2 kubus
Jawab : 2 x 2.400 = 4.800 cm2Sedangkan kertas yang dimiliki oleh siti 200 cm2
Jawabannya karton siti tidak cukup.
Kekurangan karton siti :200 - 4.800 = - 4.600
Jadi, kekurangan karton siti adalah 4.600 cm2
L = 6 x s2
Jawab :
L = 6 x 20 x 20
L= 2.400
Luas permukaan kubus 2 kubus
Jawab : 2 x 2.400 = 4.800 cm2Sedangkan kertas yang dimiliki oleh siti 200 cm2
Jawabannya karton siti tidak cukup.
Kekurangan karton siti :200 - 4.800 = - 4.600
Jadi, kekurangan karton siti adalah 4.600 cm2
4. Dayu mempunyai kertas karton dengan panjang 20 cm dan lebar 30 cm. Dayu akan membuat kubus dengan panjang rusuk 6 cm. Berapa banyak kubus yang dapat Dayu buat?
Luas karton
L = p x l
L = 20 x 30
L = 600
Luas karton Dayu adalah 600 cm2
Luas kubus
L = 6 x sisi x sisi
L = 6 x 6 x 6
Luas 1 kubus adalah 216 cm2
Banyak kubus yang dapat di buat
600 : 216 = 2,7
Jadi Banyak kubus yang dapat di buat Dayu adalah 2,7 kubus
L = p x l
L = 20 x 30
L = 600
Luas karton Dayu adalah 600 cm2
Luas kubus
L = 6 x sisi x sisi
L = 6 x 6 x 6
Luas 1 kubus adalah 216 cm2
Banyak kubus yang dapat di buat
600 : 216 = 2,7
Jadi Banyak kubus yang dapat di buat Dayu adalah 2,7 kubus
Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 Halaman 107, 108, 109, 110, 111, semoga bermanfaat. Jika sahabat ada pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar.
Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 Halaman 107, 108, 109, 110, 111 "