Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

50 Soal Kepariwisataan Kelas 10 SMK Perhotelan Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

Soal Kepariwisataan Kelas 10 SMK Semester 2 Perhotelan dan Kunci Jawabannya
1 Segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelengaraan pariwisata mulai dari perencanaan, pengaturan, pelaksanaan hingga pengawasan adalah pengertian dari:
A. Pariwisata
B. Kepariwisataan
C. Destinasi Wisata
D. Objek Wisata
E. Wisata

Soal Kepariwisataan Kelas 10 SMK Perhotelan

2. Jenis hotel berdasarkan lokasi yang mana hotel tersebut berada di kawasan wisata, hotel tersebut dinamakan:
A. Hotel City
B. Resort Hotel
C. Pilgrim Hotel
D. Cabana Hotel
E. Sallet

3. Jenis hotel berdasarkan lokasi yang mana hotel tersebut berada di perkotaan, hotel tersebut dinamakan:
A. Hotel City
B. Resort Hotel
C. Pilgrim Hotel
D. Cabana Hotel
E. Sallet

4. Kumpulan dari beberapa industry yang mebentuk kesatuan dan tujuan yang sama adalah pengertian dari:
A. Organisasi
B. Grup
C. Kelompok
D. Kumpulan
E. Bagian

5. Kumpulan dari beberapa industry pariwisata yang mebentuk kesatuan dan tujuan mengembangkan industry pariwisata adalah pengertian dari:
A. Grup Pariwisata
B. Kelompok Pariwisata
C. Organisasi Pariwisata
D. Kumpulan Pariwisata
E. Dinas Pariwisata

6. Organisasi kepariwisataan secara umum dibagi menjadi berapa organisasi:
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

7. Organisasi pariwisata internasional dunia yang dinamakan dengan WATA adalah organisasi yang bertugas untuk:
A. Mempublikasi kepariwisataan Negara anggotanya ke seluruh dunia
B. Membantu pertumbuhan ekonomi Negara anggotanya
C. Membantu pertumbahan keamanan Negara anggotanya
D. Membantu perkembangan pariwisata dari segi modal
E. Membantu perkembangan pariwisata dari segi kemanan

8. Organisasi kepariwisataan Regional memiliki ruang lingkup dan tugas mencakup:
A. Negara Indonesia Saja
B. Seluruh Negara di Dunia
C. Negara-Negara Anggota Asean
D. Negara-Negara tetangga
E. Semua Benar

9. ASEANTA memiliki tugas sebagai organisasi yang dibentuk untuk:
A. Mewujudkan kerjasama antar Negara asean untuk meningkatkan kerjasama mempromosikan pariwisata
B. Mewujudkan kerjasama antar Negara asean untuk meningkatkan kerjasama Ekonomi
C. Mewujudkan kerjasama antar Negara asean untuk meningkatkan kerjasama kemanan
D. Mewujudkan kerjasama antar Negara asean untuk meningkatkan hubungan baik antar negara
E. Mewujudkan kerjasama antar Negara asean untuk meningkatkan kerjasama perjalanan wisata

10. PHRI merupakan organisasi nasional yang bertugas untuk:
A. Membantu menjual produk-produk wisata
B. Membantu mencari wisatawan yang akan dating berkunjung
C. Membantu anggota dalam memberikan perlindungan, masukan bimbingan dan konsultasi hotel dan restauran
D. Membantu event-event pemerintah
E. Membantu menyusun anggaran keuangan suatu hotel

11. Unsur yang tidak termasuk dalam kegiatan pariwisata adalah:
A. Kegiatan perjalanan
B. Kegiatan bertamasya
C. Kegiatan suka rela
D. Kegiatan permanen
E. Semua Benar

12. Individual tourism merupakan sebutan bagi:
A. Sekelompok orang yang melakukan kegiatan wisata
B. Seseorang/keluarga yang melakukan kegiatan wisata
C. Jasa pariwisata yang disediakan
D. Kemampuan wisatawan mengunjungi suatu daerah
E. Pelayanan yang diterima oleh wisatawan

13. Usaha yang menyediakan atau mengkoordinasikan tenaga pemandu wisata disebut dengan:
A. Usaha jasa Pramuwisata
B. Usaha Informasi Wisata
C. Usaha Wisata Tirta
D. Usaha Konsultan Wisata
E. Usaha Tour Guide

14. Surat izin yang harus dibuat ketika seorang wisatawan ingin pergi keluar negeri adalah:
A. SIM
B. KTP
C. PASPORT
D. VISA
E. ATM

15. Organisasi kepariwisataan buatan pemerintah adalah:
A. ASITA
B. DINAS PARIWISATA
C. DINAS KESEHATAN
D. ASEAN
E. ASEANTA

16. Orang yang melakukan perjalanan dari satu tempat ketempat lain guna tujuan wisata maupun bisnis disebut dengan:
A. Pariwisata
B. Wisatawan
C. Destinasi
D. Objek Wisata
E. Kepariwisataan

17. Yang dimaksud dengan kegiatan wisata adalah:
A. Kegiatan mencari keuntungan
B. Kegiatan perjalanan dinas sekolah
C. Kegiatan perjalanan guna mengunjungi suatu daerah wisata
D. Kegiatan berpindah dari satu daerah ke daerah lain
E. Semuanya Benar

18. Daerah yang dijadikan sebagai tujuan dari wisatawan adalah pengertian dari:
A. Destinasi Wisata
B. Pariwisata
C. Wisatawan
D. Objek Wisata
E. Kepariwisataan

19. Daerah wisata yang memiliki kondisi keindahan alamnya dan lingkungan dengan segala sumber daya alam yang dimilikinya sendiri dan bukan buatan manusia adalah pengertian dari:
A. Destinasi Wisata Alam
B. Destinasi Wisata Buatan
C. Destinasi Wisata Bahari
D. Destinasi Wisata Ekonomi
E. Destinasi Wisata Budaya

20.  Daerah yang dijadikan/daibuat oleh manusia sendiri untuk menjadi suatu objek wisata adalah pengertian dari.
A. Destinasi Wisata Alam
B. Destinasi Wisata Buatan
C. Destinasi Wisata Bahari
D. Destinasi Wisata Ekonomi
E. Destinasi Wisata Budaya

21. Sehimpunan bidang usaha yang bergerak dalam menyajikan dan memberikan berbagai jasa dan barang yang dibutuhkan oleh tamu adalah pengertian dari:
A. Pariwisata
B. Objek Wisata
C. Kepariwisataan
D. Industri Pariwisata
E. Semua Salah

22.  Penyedia akomodasi penginapan serta penunjang kebutuhan tamu lainnya merupakan pengertian dari:
A. Restaurant
B. Hotel
C. Money Changer
D. Sport Facility
E. Ball Room

23.  Penyedia jasa penukaran uang, dari uang asing ke uang local atau kebalikannya merupakan pengertian dari:
A. Restaurant
B. Hotel
C. Money Changer
D. Sport Facility
E. Ball Room

24.  Salah satu fasilitas berbayar yang bisa digunakan oleh tamu yang menginap di hotel untuk mengadakan Rapat dan Pertemuan merupakan pengertian dari:
A. Restaurant
B. Hotel
C. Money Changer
D. Sport Facility
E. Ball Room

25. Industri yang bergerak pada bidang penyediaan makanan dan minuman yang dikelola secara komersil merupakan pengertian dari:
A. Restaurant
B. Hotel
C. Money Changer
D. Sport Facility
E. Ball Room

26. Salah satu unsur yang ada dalam industry pariwisata adalah Accesbility, yang dimaksud dengan accesbility adalah:
A. Kemudahan mendapatkan tempat menginap
B. Kemudahan untuk dikunjungi dan diakses
C. Kemudahan untuk mendapatkan makanan dan minuman
D. Kemudahan untuk mendapatkan kegiatan yang menyenangkan
E. Semuanya benar

27. Salah satu unsur yang ada dalam industry pariwisata adalah Accomodation, yang dimaksud dengan Accomodation adalah:
A. Kemudahan mendapatkan tempat menginap
B. Kemudahan untuk dikunjungi dan diakses
C. Kemudahan untuk mendapatkan makanan dan minuman
D. Kemudahan untuk mendapatkan kegiatan yang menyenangkan
E. Semuanya benar

28. Salah satu unsur yang ada dalam industry pariwisata adalah Activities, yang dimaksud dengan Activities adalah:
A. Kemudahan mendapatkan tempat menginap
B. Kemudahan untuk dikunjungi dan diakses
C. Kemudahan untuk mendapatkan makanan dan minuman
D. Kemudahan untuk mendapatkan kegiatan yang menyenangkan
E. Semuanya benar

29. Analisis industry pariwisata merupakan kegiatan:
A. Menillai dan memberikan gambaran terhadap suatu objek wisata
B. Memberikan informasi tentang wisatawan
C. Memberikan informasi tentang Destinasi Wisata
D. Memberikan gambaran tentang kemajuan wisatawan
E. Semuanya Salah

30. Analisis SWOT menganalisis 2 faktor yaitu:
A. Faktor Internal dan Intern
B. Faktor Eksternal dan Ekstern
C. Faktor Internal dan Eksternal
D. Faktor Pendukung dan Penghambat
E. Faktor Penghambat dan Pendorong

31. Tour De Singkarak 2017 merupakan salah satu event pemerintah yang berbentuk
A. Sport Tourism
B. Culture Tourism
C. Natural Tourism
D. River tourism
E. Air tourism

32. Dalam melakukan analisis SWOT , Strength merupakan unsur internal yang ada pengertian dari strength adalah:
A. Kelemahan
B. Kesempatan
C. Kekuatan
D. Peluang
E. Harapan

33. Yang dimaksud dengan struktur organisasi adalah:
A. Gambaran hirarki kepimimpinan suatu organisasi
B. Gambaran besar kecilnya gaji karyawan
C. Gambaran suatu kelebihan dan kekurangan suatu perusahaan
D. Gambaran fungsi dan manfaat suatu perusahaan
E. Semuanya salah

34. Industri yang menyediakan oleh-oleh yang bisa dibeli oleh wisatawan merupakan pengertian dari:
A. Restaurant
B. Hotel
C. Money Changer
D. Sport Facility
E. Souvenir Shop

35. Salah satu organisasi kepariwisataan nasional yang mengurus hotel dan restaurant di Indonesia dalah organisasi:
A. ASITA
B. ASEANTA
C. ATF
D. PHRI
E. SEA CENTER

36. Salah satu unsur pendukung industry pariwisata adalah hotel, pengertian dari hotel adalah:
A. Industry yang menyediakan makanan dan minuman saja
B. Industry yang menyediakan kebutuhan olahraga dan istirahat bagi tamu
C. Industry yang menyediakan jasa penginapan, makanan dan jasa penunjang lainnya
D. Indusrty yang menyediakan tiket perjalanan wisata
E. Industy yang menyediakan seluruh kebutuhan tamu

37. Sekarang ini industry MICE tumbuh menjadi industry yang dapat diandalkan , kepanjangan dari MICE adalah:
A. Meeting, Incentives, Conflic & Exhibition
B. Meeting, Incenta, Conflic & Exhibition
C. Meet, Incen, Conflic & Exhibition
D. Meeting, Incentives, Conflic & Exhibit
E. Meeting, Incentives, Conference & Exhibition

38. Atraksi seni pariwisata yang berasal dari sumatera barat adalah tari:
A. Tari Piring
B. Tari Reog
C. Tari Ondel-ondel
D. Tari Sisingaan
E. Tari jambore

39. Salah satu unsur pendukung pariwisata sumatera barat adalah :
A. Perkotaan yang modern
B. Bangunan kota yang megah
C. Panorama/keindahan alam yang menarik
D. Alat transportasi yang banyak dan modern
E. Hotel/ akomodasi yang lengkap

40. Yang dimaksud dengan “Wonderful Indonesia” dalam program kepariwisataan Indonesia adalah:
A. Indahnya Indonesia
B. Alam Indonesia
C. Objek Wisata Indonesia
D. Kunjungi Indonesia
E. Semua Benar

41. Yang merupakan penyebab mundurnya industry pariwisata suatu Negara adalah bencana buatan manusia, salah satu contoh bencana buatan manusia adalah:
A. Tsunami
B. Gempa Bumi
C. Teror Bom
D. Angin Topan
E. Banjir

42. Salah satu pengertian wisata adalah kegiatan yang bersifat komersil, pengertian komersil adalah:
A. Kegiatannya bersifat sosial
B. Kegiatannya bertujuan untuk membantu sesama
C. Kegiatannya bertujuan mencari keuntungan
D. Kegiatannya bertujuan mencari petualangan
E. Semua Benar

43. Pertunjukan tari, musik, upacara adat dan pertunjukan daerah setempat merupakan pengertian dari.
A. Biro Perjalanan
B. Atraksi Wisata
C. Travel agent
D. Akomodasi
E. Tour dan Travel

44. Suatu badan usaha yang memberikan pelayanan semua proses perjalanan dari awal hingga selesai perjalanan disebut dengan:
A. Biro Perjalanan
B. Atraksi Wisata
C. Hotel
D. Akomodasi
E. Bar

45. Jabatan tertinggi yang ada di hotel adalah:
A. General Manager
B. Front Office Manager
C. Houkeeeping Manager
D. Manager On Duty
E. Supervisor

46. Usaha yang menyediakan fasilitas pertemuan, rapat dan acara acara seperti pameran merupakan usaha:
A. Travel Agent
B. MICE
C. Tour Operator
D. Jasa Informasi Wisata
E. Jasa konsultan Wisata

47. Orang yang secara langsung bertugas untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan dalam kegiatan wisatanya disebut dengan:
A. Pramuwisata
B. Pramusaji
C. Pramuniaga
D. Hotelier
E. Waiter

48. Yang merupakan manfaat positif dari kegiatan pariwisata adalah:
A. Menghabiskan sumber daya alam
B. Menambah sumber daya alam
C. Menambah kepadatan penduduk
D. Memudarnya kebudayaan Setempat akibat budaya baru yang datang
E. Menambah Perekonomian daerah wisata

49. Yang merupakan dampak negatif dari kegiatan pariwisata segi budaya adalah:
A. Menghabiskan sumber daya alam
B. Menambah sumber daya alam
C. Menambah kepadatan penduduk
D. Memudarnya kebudayaan Setempat akibat budaya baru yang datang
E. Menambah Perekonomian daerah wisata

50. Salah satu event internasional bersepeda yang diadakan di Sumatera Barat dinamakan dengan:
A. Padang Maraton
B. Padang Triatlon
C. Tour De Bukittinggi
D. Tour De Payakumbuh
E. Tour De Singkarak
Demikianlah postingan mengenai 50 Soal Kepariwisataan Kelas 10 SMK Perhotelan Lengkap Beserta Kunci Jawabannya, semoga bermanfaat salam sukses untuk semua.
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "50 Soal Kepariwisataan Kelas 10 SMK Perhotelan Lengkap Beserta Kunci Jawabannya"