Latihan Soal UN Produktif Pemasaran Dan Kunci Jawaban Tahun 2019
Latihan Soal UN Produktif Pemasaran Dan Kunci Jawaban
1. Di bawah ini termasuk ke dalam lima unsur
penting perusahaan, kecuali . . .
a.Organisasi
b.Produksi
c.Uang
d.Kebutuhan
konsumen
Jawab:
(c)
2.
Yang termasuk ke dalam badan usaha adalah . . .
a.Toko
b.Instansi
c.Firma
d.Pabrik
Jawab:
(c)
3.Di
bawah ini termasuk keburukan dari Persekutuan Komanditer adalah . . .
a.Pendirian
mudah
b.Jumlah
sumber dana yang ada besar
c.Manajemen
baik karena bisa diversifikasi
d.Kelangsungan
hidup tidak menentu
Jawab:
(d)
4.Yang
termasuk Perusahaan Jawatan adalah . . .
a.PLN
b.PAM
c.Perumtel
d.PJKA
Jawab:
(d)
5.
Yang termasuk bentuk koperasi yang dapat dilihat dari luas daerahnya adalah . .
.
a.Koperasi
Primer
b.Koperasi
Produksi
c.Koperasi
Kredit
d.Koperasi
Konsumsi
Jawab:
(a)
6.Seni
merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi
tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah
ditatapkan. Pengertian dari . . .
a.Manajemen
b.Manajer
c.Personalia
d.Organisasi
Jawab:
(a)
7.
Di bawah ini yang termasuk fungsi manajemen, kecuali . . .
a.Planning
b.Money
c.Directing
d.Controlling
Jawab:
(b)
8.
Organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk
mencapai tujuan. Definisi ini menurut . . .
a.Oei
Liang Lee
b.Boone
dan Katz
c.Basu
Swastha
d.Flippo
Jawab:
(b)
9.
Bentuk struktur organisasi dibagi menjadi 6 golongan, ciri-ciri dari Organisasi
Fungsional adalah . . .
a.Sarana
dan alatnya terbatas
b.Organisasi
kecil
c.Karyawan
besar
d.Organisasi
besar
Jawab:
(b)
10.
Nama lain dari Organisasi manajemen proyek adalah . . .
a.Organisasi
Matrik
b.Organisasi
Komite
c.Organisasi
Lini
d.Organisasi
Fungsional
Jawab:
(a)
11.
Nama lain dari manajemen sumberdaya manusia adalah . . .
a.Manajemen
personalia
b.Manajemen
pemasaran
c.Manajemen
produksi
d.Manajemen
pembelanjaan
Jawab:
(a)
12.
Di bawah ini yang termasuk fungsi operasional dari manajemen personalia,
kecuali:
a.Fungsi
pengadaan
b.Fungsi
pengembangan
c.Fungsi
pengarahan
d.Fungsi
integrasi
Jawab:
(c)
13.Di
bawah ini yang termasuk fungsi manajerial dari manajemen personalia adalah . .
.
a.Kompensasi
b.Perencanaan
c.Pengembangan
d.Pemeliharaan
Jawab:
(b)
14.
Orang yang bekerja di bawah perintah orang lain dan orang tersebut menerima
upah sebagai imbalan atas pekerjaan yang mereka lakukan. Pengertian dari . . .
a.Majikan
b.Pengusaha
c.Karyawan
d.Buruh
Jawab:
(d)
15.
Di bawah ini bentuk perjanjian kerja sama kecuali . . .
a.Closed
Shop agreement
b.Umum
Shop Agreement
c.Open
Shop Agreement
d.Boikot
Shop Agreement
Jawab:
(d)
16.Kemampuan
perusahaan dalam memperoleh pendapatan dari sejumlah modal yang dipergunakan
disebut . . .
a.Rentabilitas
b.Rehabilitas
c.Efisiensi
d.Efisien
Jawab:
(a)
17. Yang termasuk dalam pengunaan dana dalam jangka pendek
kecuali . . .
a.Kas
b.Peralatan
c.Piutang
d.Persediaan
Jawab:
(b)
18. Pengertian lama pembelanjaan adalah . . .
a.Menyediakan
barang
b.Menyediakan
dana
c.Menyediakan
uang
d.Menyediakan
peralatan
Jawab:
(b)
19. Pada dasarnya pengunaan dana digolongkan menjadi 2 di
antaranya . . .
a.Aktiva
tetap
b.Aktiva
lancar
c.Jangka pendek
d.Jangka
waktu
Jawab:
(c)
20.Tujuan pembelanjaan perusahaan kecuali . . .
a.Mendapatkan
atau menaikan tambahan dana perusahaan
b.Menggunakan
dana secara efisien
c.Mendistribusikan
laba perusahaan kepada yang berhak
d.Menggunakan
dana secara berlebihan
Jawab:
(d)
21.Proses
komunikasi dimulai pada saat :
A. Pengirim mempunyai pesan yang ingin dituangkan ke dalam suatu ide
B. Pengirim memilih media komunikasi yang paling efisien untuk menyampaikan pesan
C. Pengirim mempunyai ide yang ingin disampaikan
D. Pengirim menerjemahkan pesan menjadi ide yang dapat dipahaminya
E. Pengirim mengirimkan pesan yang telah disusun kedalam suatu informasi yang logis
22. Salah satu bentuk komunikasi informal yang dilakukan dengan pihak eksternal organisasi adalah :
A. Company profile
B. Proposal penawaran bisnis
C. Surat order pembelian
D. Makan siang dengan klien perusahaan
E. Chatting dengan rekan sekantor
23. Strategi berkomunikasi yang efektif, antara lain :
A. Mengatur chain of command organisasi
B. Mengadakan analisa pekerjaan
C. Melakukan komunikasi formal dan informal
D. Memberikan feedback yang konstruktif
E. Mengantisipasi problem organisasi
24. Mengirimkan laporan keuangan harian kepada atasan di kantor adalah merupakan bentuk komunikasi :
A. Informal
B. Formal
C. Non verbal
D. Efisien
E. Efektif
25. Pernyataan berikut merupakan fungsi utama dari komunikasi bisnis, kecuali :
A. Ekspresi perasaan dan emosi
B. Mengatur tindakan pihak lain
C. Memberikan informasi bagi pihak lain
D. Mendikte pihak lain
E. Memotivasi pihak lain
26. Proses komunikasi dikatakan efektif apabila :
A. Pesan dikirimkan oleh pengirim dengan menggunakan media lisan dan non verbal
B. Mempercepat komunikasi formal perusahaan
C. Pihak lain mengerti dengan jelas pesan yang dimaksud dan merespon sesuai dengan yang diharapkan
D. Menyatakan suatu kesan positif agar penerima pesan memahami ide yang diutarakan
E. Ide dapat dirubah menjadi sebuah konsep
27. Apabila PT. Lapindo Brantas, bermaksud memberikan keterangan publik sehubungan dengan pembagian kompensasi kepada korban bencana lumpur panas di daerah Porong, Sidoarjo, maka adalah sasaran utama komunikasi adalah dari organisasi kepada :
A. Yayasan
B. Pemerintah
C. Lembaga
D. Institusi
E. Kelompok
28. Decoding dalam proses komunikasi terjadi pada saat :
A. Penerima menerjemahkan pesan menjadi suatu makna yang dapat dipahaminya
B. Pengirim menerjemahkan ide menjadi pesan yang dapat dipahami pihak lain
C. Menyalurkan pesan melalui pilihan saluran komunikasi yang ada
D. Penerima mengirimkan feedback kepada pengirim pesan
E. Pengirim menyusun suatu pesan menjadi informasi yang berguna
29. Hambatan dalam proses komunikasi bisnis dapat berupa hal sebagai berikut, kecuali :
A. Kelebihan informasi
B. Jenis pekerjaan
C. Perbedaan bahasa
D. Perbedaan persepsi
E. Taktik deceptive
A. Individu
B. Tim
C. Organisasi
D. Jawaban a dan b yang benar
E. Jawaban a, b dan c yang benar
31. Pernyataan berikut adalah merupakan alasan mengapa bentuk komunikasi non verbal lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan komunikasi verbal :
A. Komunikasi verbal tidak terstruktur
B. Komunikasi verbal tidak dapat memberikan feedback langsung
C. Komunikasi non verbal menggambarkan kondisi emosi si pengirim pesan
D. Komunikasi non verbal tidak berbeda antar budaya
E. Komunikasi non verbal dapat meningkatkan kecakapan mendengar
32. Contoh komunikasi non verbal adalah sebagai berikut, kecuali :
A. Menggunakan warna terang
B. Pengaturan tempat duduk
C. Menjabat tangan dengan erat
D. Mengirimkan e mail
E. Merendahkan intonasi suara
33. Salah satu upaya untuk melakukan komunikasi non verbal yang efektif antara lain :
A. Memperhatikan penggunaan waktu
B. Lebih banyak menggunakan komunikasi non verbal
C. Memperhatikan dan menganalisa bahasa tubuh lawan bicara secermat mungkin
D. Menggunakan trik tertentu untuk mencairkan suasana yang kaku
E. Menggunakan bahasa asing sesering mungkin
34. Salah satu kelemahan dari kerja kelompok adalah biaya, yaitu merupakan suatu kondisi dimana :
A. Salah satu anggota kelompok tidak memberikan kontribusi biaya bagi kinerja kelompok
B. Banyak waktu dan biaya yang terbuang hanya untuk mengkoordinasi kerjasama antar angggota kelompok
C. Adanya motif tersembunyi dari salah satu anggota kelompok untuk memenuhi kebutuhan pribadinya
D. Adanya perbedaan tujuan pribadi antar anggota kelompok sehingga mengakibatkan pemborosan biaya
E. Semua jawaban salah
35. Berikut adalah contoh kasus ; gaya mendengar dengan berempati. Nina merangkul bahu sahabatnya yang sedang menangis, hal ini dilakukan oleh Nina untuk mengungkapkan bahwa ia sedang berusaha untuk :
A. Menenangkan hati sahabatnya
B. Menunjukan bahwa ia peduli
C. Menerima segala keluh kesah
D. Menguatkan hati sahabatnya
E. Semua jawaban diatas benar
36. Alasan perusahaan memilih kerjasama kelompok dibandingkan dengan kerja individu karena perusahaan memperoleh manfaat sebagai berikut, kecuali :
A. Meningkatkan distribusi informasi
B. Mempermudah penerimaan solusi
C. Biaya kerjasama kelompok lebih murah
D. Meningkatkan kinerja karyawan
E. Mempercepat transfer pengetahuan
37. Anggota kelompok yang menjalankan peran sebagai self oriented roles, memiliki karakteristik perilaku :
A. Mendominasi kelompok dan mencari perhatian
B. Melakukan kompromi dan mencari perhatian
C. Inisiatif dan koordinatif
D. Menarik diri dan partisipatif
E. Kompromi dan menjaga harmoni kelompok
38. Dalam suatu tahap evolusi kelompok, para anggota kelompok mulai mempertentangkan nilai–nilai pribadi yang dimilikinya berbanding dengan anggota lain, yaitu tahap :
A. Brainstorming
B. Emergence
C. Orientasi
D. Konflik
E. Mengatasi konflik
39. Dalam proses listening terdapat tahap ; menerima, interpretasi, menyimpan dalam memori dan evaluasi. Tahapan tersebut dalam proses komunikasi merupakan tahapan :
A. Encoding oleh pengirim
B. Encoding oleh penerima
C. Decoding oleh pengirim
D. Decoding oleh penerima
E. Semua jawaban salah
40. Individu dapat memilih gaya mendengar berikut untuk dapat memaksimalkan kemampuan berkomunikasi :
A. Kritis
B. Empati
C. Isi
D. Jawaban a dan b yang benar
E. Jawaban a, b dan c yang benar
A. Pengirim mempunyai pesan yang ingin dituangkan ke dalam suatu ide
B. Pengirim memilih media komunikasi yang paling efisien untuk menyampaikan pesan
C. Pengirim mempunyai ide yang ingin disampaikan
D. Pengirim menerjemahkan pesan menjadi ide yang dapat dipahaminya
E. Pengirim mengirimkan pesan yang telah disusun kedalam suatu informasi yang logis
22. Salah satu bentuk komunikasi informal yang dilakukan dengan pihak eksternal organisasi adalah :
A. Company profile
B. Proposal penawaran bisnis
C. Surat order pembelian
D. Makan siang dengan klien perusahaan
E. Chatting dengan rekan sekantor
23. Strategi berkomunikasi yang efektif, antara lain :
A. Mengatur chain of command organisasi
B. Mengadakan analisa pekerjaan
C. Melakukan komunikasi formal dan informal
D. Memberikan feedback yang konstruktif
E. Mengantisipasi problem organisasi
24. Mengirimkan laporan keuangan harian kepada atasan di kantor adalah merupakan bentuk komunikasi :
A. Informal
B. Formal
C. Non verbal
D. Efisien
E. Efektif
25. Pernyataan berikut merupakan fungsi utama dari komunikasi bisnis, kecuali :
A. Ekspresi perasaan dan emosi
B. Mengatur tindakan pihak lain
C. Memberikan informasi bagi pihak lain
D. Mendikte pihak lain
E. Memotivasi pihak lain
26. Proses komunikasi dikatakan efektif apabila :
A. Pesan dikirimkan oleh pengirim dengan menggunakan media lisan dan non verbal
B. Mempercepat komunikasi formal perusahaan
C. Pihak lain mengerti dengan jelas pesan yang dimaksud dan merespon sesuai dengan yang diharapkan
D. Menyatakan suatu kesan positif agar penerima pesan memahami ide yang diutarakan
E. Ide dapat dirubah menjadi sebuah konsep
27. Apabila PT. Lapindo Brantas, bermaksud memberikan keterangan publik sehubungan dengan pembagian kompensasi kepada korban bencana lumpur panas di daerah Porong, Sidoarjo, maka adalah sasaran utama komunikasi adalah dari organisasi kepada :
A. Yayasan
B. Pemerintah
C. Lembaga
D. Institusi
E. Kelompok
28. Decoding dalam proses komunikasi terjadi pada saat :
A. Penerima menerjemahkan pesan menjadi suatu makna yang dapat dipahaminya
B. Pengirim menerjemahkan ide menjadi pesan yang dapat dipahami pihak lain
C. Menyalurkan pesan melalui pilihan saluran komunikasi yang ada
D. Penerima mengirimkan feedback kepada pengirim pesan
E. Pengirim menyusun suatu pesan menjadi informasi yang berguna
29. Hambatan dalam proses komunikasi bisnis dapat berupa hal sebagai berikut, kecuali :
A. Kelebihan informasi
B. Jenis pekerjaan
C. Perbedaan bahasa
D. Perbedaan persepsi
E. Taktik deceptive
30. Berikut adalah pihak yang dapat dikategorikan sebagai pengirim dan penerima
pesan :
A. Individu
B. Tim
C. Organisasi
D. Jawaban a dan b yang benar
E. Jawaban a, b dan c yang benar
31. Pernyataan berikut adalah merupakan alasan mengapa bentuk komunikasi non verbal lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan komunikasi verbal :
A. Komunikasi verbal tidak terstruktur
B. Komunikasi verbal tidak dapat memberikan feedback langsung
C. Komunikasi non verbal menggambarkan kondisi emosi si pengirim pesan
D. Komunikasi non verbal tidak berbeda antar budaya
E. Komunikasi non verbal dapat meningkatkan kecakapan mendengar
32. Contoh komunikasi non verbal adalah sebagai berikut, kecuali :
A. Menggunakan warna terang
B. Pengaturan tempat duduk
C. Menjabat tangan dengan erat
D. Mengirimkan e mail
E. Merendahkan intonasi suara
33. Salah satu upaya untuk melakukan komunikasi non verbal yang efektif antara lain :
A. Memperhatikan penggunaan waktu
B. Lebih banyak menggunakan komunikasi non verbal
C. Memperhatikan dan menganalisa bahasa tubuh lawan bicara secermat mungkin
D. Menggunakan trik tertentu untuk mencairkan suasana yang kaku
E. Menggunakan bahasa asing sesering mungkin
34. Salah satu kelemahan dari kerja kelompok adalah biaya, yaitu merupakan suatu kondisi dimana :
A. Salah satu anggota kelompok tidak memberikan kontribusi biaya bagi kinerja kelompok
B. Banyak waktu dan biaya yang terbuang hanya untuk mengkoordinasi kerjasama antar angggota kelompok
C. Adanya motif tersembunyi dari salah satu anggota kelompok untuk memenuhi kebutuhan pribadinya
D. Adanya perbedaan tujuan pribadi antar anggota kelompok sehingga mengakibatkan pemborosan biaya
E. Semua jawaban salah
35. Berikut adalah contoh kasus ; gaya mendengar dengan berempati. Nina merangkul bahu sahabatnya yang sedang menangis, hal ini dilakukan oleh Nina untuk mengungkapkan bahwa ia sedang berusaha untuk :
A. Menenangkan hati sahabatnya
B. Menunjukan bahwa ia peduli
C. Menerima segala keluh kesah
D. Menguatkan hati sahabatnya
E. Semua jawaban diatas benar
36. Alasan perusahaan memilih kerjasama kelompok dibandingkan dengan kerja individu karena perusahaan memperoleh manfaat sebagai berikut, kecuali :
A. Meningkatkan distribusi informasi
B. Mempermudah penerimaan solusi
C. Biaya kerjasama kelompok lebih murah
D. Meningkatkan kinerja karyawan
E. Mempercepat transfer pengetahuan
37. Anggota kelompok yang menjalankan peran sebagai self oriented roles, memiliki karakteristik perilaku :
A. Mendominasi kelompok dan mencari perhatian
B. Melakukan kompromi dan mencari perhatian
C. Inisiatif dan koordinatif
D. Menarik diri dan partisipatif
E. Kompromi dan menjaga harmoni kelompok
38. Dalam suatu tahap evolusi kelompok, para anggota kelompok mulai mempertentangkan nilai–nilai pribadi yang dimilikinya berbanding dengan anggota lain, yaitu tahap :
A. Brainstorming
B. Emergence
C. Orientasi
D. Konflik
E. Mengatasi konflik
39. Dalam proses listening terdapat tahap ; menerima, interpretasi, menyimpan dalam memori dan evaluasi. Tahapan tersebut dalam proses komunikasi merupakan tahapan :
A. Encoding oleh pengirim
B. Encoding oleh penerima
C. Decoding oleh pengirim
D. Decoding oleh penerima
E. Semua jawaban salah
40. Individu dapat memilih gaya mendengar berikut untuk dapat memaksimalkan kemampuan berkomunikasi :
A. Kritis
B. Empati
C. Isi
D. Jawaban a dan b yang benar
E. Jawaban a, b dan c yang benar
Demikian Soal Produktif Pemasaran Lengkap Beserta Jawabannya Ini Semoga Bermanfaat
Post a Comment for "Latihan Soal UN Produktif Pemasaran Dan Kunci Jawaban Tahun 2019"