Download RPP Kurikulum 2013 SMK Teknik Kendaraan Ringan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK Muhammadiyah Pangkalan
Balai
Kelas/Semester : X / 1
Mata
Pelajaran : Teknik Listrik Dasar
Oromotif
Materi Pokok : Besaran Listrik
Pertemuan : 1-4
Alokasi
Waktu : 8 X 45 Menit
( 4 x Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti (KI) :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
(KD) :
1.
Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam
mengidentifikasi peralatan listrik
2.
Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam
memahami dan membaca alat ukur listrik sesuai SOP
3.
Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab
dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai standar kerja / SOP
4.
Menunjukkan sikap peduli terhadap keselamatan
kerja melalui kegiatan K3, serta peka terhadap dampak yang ditimbulkan dari
kegiatan kerja (dampak kontaminasi dan bahaya kebakaran)
5.
Menunjukkan sikap cermat dan teliti sewaktu
bekerja dengan peralatan listrik, elektronik dan baterai
6.
Menerapkan keselamatan kerja dalam pelaksanaan
pekerjaan (perawatan, perbaikan ditempat kerja)
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1.
Mampu memahami dasar –dasar kelistrikan
2.
Mampu menerapkan dasar – dasar kelistrikan
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
- Memahami dasar – dasar kelistrikan sebagai wujud kebesaran ciptaan Tuhan YME
- Mampu menerapkan dasar- dasar kelistrikan dalam kehidupan sehari - hari
E.
Materi Ajar
- Buku Dasar Listrik
- CD modul ineraktif pembelajaran tentang dasar listrik dan baterai
- Wallchart Baterai
- Wallchart AVO meter
- Obyek langsung
F.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific dan CTL
Strategi : -
Penggalian informasi (inquiry based learning)
- Presentasi
- Mind mapping
Model pembelajaran : Kooperatif
Metode : Penugasan, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, proyek, dan ceramah.
G.
Kegiatan
Pembelajaran
a.
Kegiatan
Pendahulan (5 menit)
a.
Motivasi :
·
Berdoa
sebelum mulai pelajaran
· Tanya
jawab tentang listrik dalam kehidupan sehari - hari
b.
Apersepsi :
Tanya jawab tentang penerapan dasar dasar kelistrikan dalam kehidupan
sehari hari.
c.
Menginformasikan kompetensi dasar yang harus
dicapai oleh peserta didik.
b.
Kegiatan Inti (70
menit)
1.
Mengamati
· Peserta didik mengamati dengan cara mebuat
main mapping dari kajian literatur/media tentang dasar – dasar kelistrikan agar
terbangun rasa ingin tahu, gemar membaca dan mengembangkan kreatifitas.
2.
Menanya
Peserta didik
melakukan diskusi tentang dasar – dasar kelistrikan, menyajikan dan
mendiskusikan hasil mind mapping dalam kelompok kecil.
3.
Mengumpulkan data (menyelidiki)
Peserta didik
melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang dasar dasar
kelistrikan dengan anggota kelompok agar tumbuh rasa ingin tahu, bersikap
santun
4.
Mengasosiasi
Peserta didik
menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang dasar
– dasar kelistrikan
5.
Mengkomunikasikan (menjalin jejaring).
Peserta didik
membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti mind mapping serta
mempresentasikan di kelas.
c. Kegiatan Penutup (5 menit)
1. Setiap siswa melakukan
refleksi pembelajaran
·
Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
·
Guru
menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada pembelajaran
dasar – dasar kelistrikan.
2. Guru menyampaikan
pembelajaran pada pertemuan yang akan datang tentang satuan dan besaran
listriik
H.
Sumber Belajar
1.
Buku Dasar
Listrik
2.
CD modul
ineraktif pembelajaran tentang dasar listrik dan baterai
3.
Wallchart
Baterai
4.
Wallchart AVO
meter
5.
Obyek
langsung
I.
Penilaian
1.
Tugas
Menyelesaikan soal-soal materi pokok secara
mandiri
2.
Portofolio
Hasil kerja mandiri dinilai
3.
Tes
Essay
Kompetensi Inti :
1.
2.
3.
4.
|
|||||||
Kompetensi Dasar :
1.
2.
|
|||||||
Ruang Lingkup Materi :
|
|||||||
Indikator Tugas
|
Penilaian
|
||||||
Kerincian
|
Ketepatan Pengetahuan
|
Pilihan Kata
|
Kreativitas
Bentuk
Laporan
|
Perilaku
|
|||
Nilai-Nilai Karakter
|
|||||||
1.
2.
|
|||||||
Dicapai melalui:
|
Jumlah Skor & Rata-Rata Skor
|
Catatan
Pelaksanaan Kegiatan :
|
|||||
1. Pertolongan Guru
2. Teman Sebaya
3. Kelompok Kecil
4. Seluruh Kelas
5. Sendiri
|
|||||||
Huruf =
Angka
|
Huruf
|
Angka
|
Penilaian Deskriptif oleh Guru:
|
||||
A= 8.6 – 10
B= 7.6 – 8.5
C= 6.6 – 7.5
D= 6.0 – 6.5
|
|||||||
Komentar Peserta didik :
|
|||||||
4. LK
Penilaian
untuk LK-2
Kompetensi Inti :
1.
2.
3.
4.
|
|||||||
Kompetensi Dasar :
1.
2.
|
|||||||
Ruang Lingkup Materi :
|
|||||||
Indikator Tugas
|
Penilaian
|
||||||
Kerincian
|
Ketepatan Pengetahuan
|
Pilihan Kata
|
Kreativitas
Bentuk
Laporan
|
Perilaku
|
|||
Nilai-Nilai Karakter
|
|||||||
1.
2.
3 . dst
|
|||||||
Dicapai melalui:
|
Jumlah Skor & Rata-Rata Skor
|
Catatan
Pelaksanaan Kegiatan :
|
|||||
6. Pertolongan Guru
7. Teman Sebaya
8. Kelompok Kecil
9. Seluruh Kelas
10.
Sendiri
|
|||||||
Huruf =
Angka
|
Huruf
|
Angka
|
Penilaian Deskriptif oleh Guru:
|
||||
A= 8.6 – 10
B= 7.6 – 8.5
C= 6.6 – 7.5
D= 6.0 – 6.5
|
|||||||
Komentar Peserta didik :
|
Komentar Orang Tua :
|
||||||
1.
Teknik Penilaian :
Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap
2. Bentuk
Instrumen : Penugasan dan
Proyek
1. Bobot Penilaian
Nilai = jumlah
skor : jumlah skor maksimal
No.
|
Nilai Karakter
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kreatif
|
· Kreatif
· Menunjukkan
usaha kreatif
· Dibimbing untuk
kreatif
· Tidak ada
kemauan untuk kreatif
|
A
B
C
D
|
2
|
Tanggung jawab
|
· Bertanggung
jawab
· Menunjukkan usaha
bertanggung jawab
· Dibimbing untuk
bertanggung jawab
· Tidak ada
kemauan untuk bertanggung jawab
|
A
B
C
D
|
3
|
Kerja keras
|
· Bekerja keras
· Menunjukkan
usaha kerja keras
· Dibimbing
untuk bekerja keras
· Tidak ada
kemaan untuk bekerja keras
|
A
B
C
D
|
4
|
Mandiri
|
· Mandiri
· Menunjukkan
usaha kurang mandiri
· Dibimbing untuk
mandiri
· Tidak ada
kemauan untuk mandiri
|
A
B
C
D
|
Mengetahui, Pangkalan
Balai, Juli 2017
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
LEMBAR PENGAMATAN
PENILAIAN SIKAP
Satuan Pendidikan :
SMK Muhammadiyah Pangkalan Balai
Kelas/Semester :
X/1
Mata
Pelajaran :
Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
Materi
Pokok :
Alat-alat tangan (Hand Tools)
Waktu Pengamatan :
Indikator sikap aktif
dalam pembelajaran pendidikan dasar teknik otomotif:
1.
Kurang baik : jika menunjukan
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran.
2.
Baik : jika menunjukan
sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran
tetapi belum konsisten
3.
Sangat baik : jika menunjukan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas
kelompok . Terus
menerus dan sudah konsisten
Indikator sikap bekerjasama
dalam kegiatan kelompok :
1.
Kurang baik : jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
2.
Baik : jika menunjukan
sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan
kelompok tetapi belum
konsisten.
3.
Sangat baik : jika menunjukan
adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan
kelompok secara
terus-menerus dan konsisten.
Indikator sikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif :
1.
Kurang baik : jika sama
sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan
kreatif.
2.
Baik : jika menunjukan
sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap
proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif tetapi masih
belum ajeg/
konsisten.
3.
Sangat baik : jika menunjukan
sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap
proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif secara terus
menerus dan
ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
KELAS X Teknik Kendaraan Ringan
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Kerja sama
|
Toleran
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
Adi Putra
|
|||||||||
2
|
Agung Pratama
|
|||||||||
3
|
Aji Pernanda
|
|||||||||
4
|
Aji Rauri
|
|||||||||
5
|
Akmal Septian
|
|||||||||
6
|
Andre
|
|||||||||
7
|
Andre Heriadi
|
|||||||||
8
|
Andrian Kasfari
|
|||||||||
9
|
Ari Tri Setiadi
|
|||||||||
10
|
Bagas Jaya Kusuma
|
|||||||||
11
|
Dimas Remon
|
|||||||||
12
|
Ferdi Alamsyah
|
|||||||||
13
|
Hardi Yanto
|
|||||||||
14
|
Helmi Yudatama
|
|||||||||
15
|
Juni Liantara
|
|||||||||
16
|
M. Cahya Indra
|
|||||||||
17
|
M. Ferdiansyah
|
|||||||||
18
|
M. Riski S
|
|||||||||
19
|
Rama
|
|||||||||
20
|
Riski Hidayatullah
|
|||||||||
21
|
Riyadi
|
|||||||||
22
|
Rosiani
|
|||||||||
23
|
Satiyo Wibowo
|
|||||||||
24
|
Selamet Riyadi
|
|||||||||
25
|
Syarif Hidayatullah
|
|||||||||
26
|
Yoga
|
|||||||||
27
|
Yusril Izha Mahendra
|
|||||||||
28
|
Tomi Kurniawan
|
Keterangan :
KB :
Kurang baik
B :
Baik
SB :
Sangat baik
INSTRUMENT PENILAIAN
SIKAP BENTUK PENILAIAN DIRI
Satuan Pendidikan: SMKN Muhammadiyah Pangkalan
Balai
Kelas/ Semester :
X/1
Mata Pelajaran :
Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
Materi
Pokok : Alat-alat Tangan ( Hand
Tools)
Nama :
Kelas :
Petunjuk :
1.
Bacalah instrument ini dengan cermat !
2.
Pilihlah salah satu jawaban dari pernyataan di bawah
ini dengan sikap jujur dan sesuai dengan kejadian yang sebenarnya , bukan
menurut yang seharusnya.
3.
Beri tanda √ pada kolom yang sesuai.
Rubrik Penilaian Sikap
TP = Tidak
Pernah : Jika
presentase terjadinya : 0%
JR = Jarang : Jika
persentase terjadinya : 0% < X ≤ 60 %
SR =
Sering : Jika
persentase terjadinya : 60% < X ≤ 75 %
SS = Sangat
Sering : Jika
persentase terjadinya : 75% < X ≤ 99 %
SL =
Selalu : Jika
persentase terjadinya : 100%
No
|
PERNYATAAN
|
TP
|
JR
|
SR
|
SS
|
SL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Jika hari itu ada jadwal pelajaran TLDO saya berharap guru TLDO tidak berhalangan hadir ke sekolah.
|
|||||
2.
|
Saya merasa rugi, jika tidak hadir
ke sekolah saat ada jadwal TLDO.
|
|||||
3.
|
Saya tetap mengerjakan Pekerjaan
Rumah TLDO yang ditugaskan guru, meskipun saya berhalangan hadir ke sekolah.
|
|||||
4.
|
Saya membaca / mempelajari
terlebih dulu, materi pelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran TLDO
|
|||||
5.
|
Saya memperhatikan dengan
sungguh-sungguh penjelasan guru TLDO, pada saat belajar di kelas.
|
|||||
6.
|
Saya menanyakan kepada guru
tentang materi TLDO yang belum saya pahami.
|
|||||
7.
|
Saya mendengarkan semua informasi
yang berkaitan dengan materi pelajaran TLDO yang sedang belajar.
|
|||||
8.
|
Saya bersungguh-sungguh
menyelesaikan soal/tugas individu dalam pelajaran TLDO.
|
|||||
9.
|
Saya tidak mencontek saat ulangan TLDO.
|
|||||
10.
|
Saya bekerja sama dalam kelompok
untuk menyelesaikan masalah dalam pelajaran TLDO.
|
|||||
11.
|
Saya berusaha menyelesaikan dengan
baik, tugas kelompok yang merupakan tanggung jawab saya
|
|||||
12.
|
Saya berpartisipasi dalam kegiatan
kelompok pada pelajaran TLDO.
|
|||||
13.
|
Saya berusaha menyelesaikan
masalah / soal dalam pelajaran TLDO dengan baik/maksimal.
|
|||||
14.
|
Saya memberikan kontribusi yang
berarti dalam keberhasilan kelompok saya dalam pelajaran TLDO.
|
|||||
15.
|
Saya bersemangat menyelesaikan
tugas kelompok dalam pelajaran TLDO.
|
|||||
16.
|
Saya berusaha memperoleh informasi
dari berbagai sumber untuk menyelesaikan masalah dalam pelajaran TLDO.
|
|||||
17.
|
Saya berusaha melengkapi alat-alat
yang dibutuhkan dalam pelajaran TLDO.
|
|||||
18.
|
Saya membeli atau meminjam di perpustakaan
buku penunjang yang dibutuhkan dalam pelajaran TLDO.
|
|||||
19.
|
Saya memperoleh manfaat dari
kegiatan kelompok pada pelajaran TLDO.
|
|||||
20.
|
Saya berusaha menyelesaikan dan
menyerahkan tugas/PR TLDO di awal waktu.
|
Post a Comment for " Download RPP Kurikulum 2013 SMK Teknik Kendaraan Ringan"