Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 5 Halaman 1, 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 - Pada Tema 7 Subtema 1 Peristiwa dalam Kehidupan yang dipelajari adalah temanya tentang Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan.
Pada Subtema 1 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus
diselesaikan oleh siswa secara individu dengan tepat. Dengan itu kami
menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 lengkap sebagai sumber media belajar siswa.
Buku Siswa ini digunakan sebagai referensi media belajar untuk kelas 5 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Tema 7 Subtema 1 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 1 halaman 2-16
Berikan tanda centang (✓) pada peristiwa menyenangkan.
Berikan tanda silang (X) pada peristiwa tidak menyenangkan.
Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempah-rempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.
1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?
6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?
PORTUGIS
Diskusikan
Buku Siswa ini digunakan sebagai referensi media belajar untuk kelas 5 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Tema 7 Subtema 1 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 1 halaman 2-16
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2-16
Banyak peristiwa dalam kehidupan. Ada peristiwa pribadi, peristiwa keluarga, peristiwa masyarakat, bahkan ada juga peristiwa yang dialami oleh bangsa dan negara. Peristiwa dapat dibedakan menjadi dua macam. Pertama, peristiwa yang menyenangkan (peristiwa yang membuat kita senang). Kedua, peristiwa yang tidak menyenangkan (peristiwa yang membuat kita sedih).Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 1
Amati gambar-gambar berikut!Berikan tanda centang (✓) pada peristiwa menyenangkan.
Berikan tanda silang (X) pada peristiwa tidak menyenangkan.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 2
1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?
Hal ini dikarenakan harga jual rempah-rempah di Eropa pada sangat mahal.
2. Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?
Harga
dari rempah-rempah nilainya sangat menjulang tinggi, semahal emas (sama
dengan harga emas). Masyarakat Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah
untuk industri obat-obatan dan bumbu masak
3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?
Hal ini
dikarenakan bangsa Eropa mengalami kesulitan mendapatkan rempah-rempah
sejak jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453.
Sedangkan terjadi permusuhan antara bangsa Turki dengan bangsa Eropa,
sehingga pasokan rempah-rempah jadi tersendat. Oleh karena itu, mereka
berusaha mencari sendiri daerah penghasil rempah-rempah dengan melakukan
penjelajahan-penjelajahan samudra dan melakukan penjajahan terhadap
negara-negara yang kaya rempah-rempah.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 6
Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan pertanyaannya!
1. Siapa yang dimaksud dengan bangsa Barat?
Yang dimaksud bangsa Barat adalah bangsa-bangsa Eropa
2. Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa-bangsa Eropa melakukan penjajahan di Indonesia?
Ingin menguasai daerah penghasil rempah-rempah
3. Kapan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra?
Tahun 1.511
4. Di mana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia?
Tidore dan Maluku
5. Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra?
- Mencari kekayaan (Gold)
- Menyebarkan agama (Gospel)
- Mencari kejayaan (Glory)
- Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)
Menderita
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 7
Ayo Berdiskusi
Diskusikan teks peristiwa kedatangan bangsa Barat dengan teman sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut seperti di bawah ini.
Judul teks :
Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Bagian yang paling menarik :
- Harga rempah-rempah sangat mahal, semahal emas
- Bangsa Eropa yang datang pertama kali adalah Portugis/Portugal
- Faktor-faktor penjelajahan dan penjajahan adalah 3G (Gold, Gospel, Glory) dan Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)
Informasi penting :
Faktor penjelajahan dan penjajahan bangsa Barat :
- Mencari kekayaan (Gold)
- Menyebarkan agama (Gospel)
- Mencari kejayaan (Glory)
- Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)
Pendapat saya tentang teks ini :
Bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang sejarah bangsa Indonesia
Saya menyarankan/tidak menyaranka teks ini karena :
Saya menyarankan teks ini karena berisi pengetahuan yang bermanfaat tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 8
Ayo Mencoba
Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi dapat kamu peroleh daribuku, surat kabar, majalah, atau artikel di Internet!
PORTUGIS
Tahun Kedatangan :
1511
Tempat/Daerah :
Pantai utara Sumatra dan daerah Malaka
Tujuan :
Mencari daerah penghasil rempah-rempah dan menguasai pelabuhan Malaka sebagai pusat perdagangan
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis, membangun benteng di Ternate
Reaksi Masyarakat :
Awalnya
diterima dengan baik kedatangan Portugis dan mendukung Sultan Ternate,
tetapi akhirnya terjadi perlawanan terhadap Portugis yang bertindak
sewenang-wenang
SPANYOL
Tahun Kedatangan :
1521
1521
Tempat/Daerah :
Pantai Tidore, Maluku
Tujuan :
Menyebarkan agama dengan strategi misionaris
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Meletakkan dasar-dasar agama di Ambon, Ternate dan Morotai
Reaksi masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik, tetapi akhirnya terjadi perlawanan rakyat
BELANDA
Tahun Kedatangan :
1596
Tempat/Daerah :
Pelabuhan Banten
Tujuan :
Mencari daerah penghasil rempah-rempah
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Pembentukan VOC, pembentukan pemerintahan kolonial Belanda
Reaksi Masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik, tetapi akhirnya terjadi perlawanan rakyat
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 9
Ayo Menulis
Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory)
Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!
Gold : Adanya keinginan untuk mencari kekayaan
Gospel : Adanya keinginan untuk menyebarkan agama
Glory : Adanya keinginan untuk mencari kejayaan
Tuliskan pendapatmu mengenai semboyan 3G tersebut
Tidak setuju dengan semboyan 3G
Sangat tidak setuju, dikarenakan akibat semboyan 3G tersebut rakyat Indonesia menjadi menderita, diantaranya :
- Kekayaan yang ada di Indonesia dikuras habis-habisan oleh bangsa Eropa tanpa peduli atas akibat yang ditimbulkan terhadap kehidupan rakyat Indonesia
- Dengan adanya pemaksaan terhadap agama tertentu kepada rakyat Indonesia
- Rakyat Indonesia menjadi sangat tertindas, menjadi budak di negeri sendiri, kekuasaan bangsa Eropa di Indonesia menjadi tidak terbatas/tidak terkendali dan merusak hak asasi rakyat pribumi
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 10
Ayo Berlatih
Buatlah pengandaian berkaitan dengan peristiwa kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia!
Seandainya saya menjadi rakyat Indonesia pada zaman itu, saya akan MENOLAK kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.
Penjajah MENYENGSARAKAN kehidupan rakyat Indonesia
Sikap para penjajah awalnya BAIK. Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu MENGAMBIL KEUNTUNGAN SECARA SEPIHAK.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 13, 14, 15, 16
Diskusikan
1. Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?
Ya, setelah diraut berubah ujung pensilnya
2. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?
Ya, tentu akan berubah bentuk setelah digosokkan
3. Apakah kesimpulanmu?
Suatu benda padat dapat diubah dengan perlakuan tertentu,
seperti diberi panas, diberi tekanan yang tinggi, atau diberi perlakuan
secara fisik (menggunting, menekan, melipat atau menyobek)
Diskusikan
1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas saat sebelum maupun sesudah dimiringkan?
Tetap mendatar bentuk permukaan airnya, baik sebelum maupun sesudah dimiringkan
2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?
Air jika dituangkan ke dalam wadah, maka bentuk dari air mengikuti wadahnya
3. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
Sifat air adalah mengalir ke tempat yang lebih rendah
4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? kemanakah air itu mengalir?
Air
yang dituang ke tanah akan meresap ke dalam tanah, mengalir ke tempat yang lebih rendah,
sehingga air di permukaan tanah tersebut lama-lama akan habis
5. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
6. Apa yang terjadi ketika air dituangkan ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?
7. Apakah kesimpulanmu?
Cara air mengalir adalah Air mengalir ke tempat yang lebih rendah
6. Apa yang terjadi ketika air dituangkan ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?
Dalam waktu tertentu air akan habis. Hal ini dikarenakan air ternyata masuk ke dalam tanah
melalui celah-celah/pori-pori dalam tanah (meresap)
7. Apakah kesimpulanmu?
Kesimpulannya adalah sifat dari benda cair bentuknya tidak tetap, selalu mengikuti
bentuk wadahnya, bentuk dari permukaan air adalah datar, benda cair
bersifat mengalir ke tempat lebih rendah, menekan ke segala arah serta
meresap melalui pori-pori/celah-celah
Diskusikan
1. Apakah yang terjadi pada saat kamu membenamkan gelas tersebut? Mengapa
Gelas akan terangkat kembali, karena mendapat tekanan/dorongan udara yang terperangkap dalam gelas tersebut
2. Apa yang terjadi pada saat gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?
Akan keluar gelembung udara, karena dalam gelas berisi udara yang terperangkap
3. Apakah Kesimpulanmu dari percobaan ini?
Bahwa sifat benda gas adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya, benda gas menekan ke segala arah
4. Berdasarkan percobaan di atas, buatlah sebuah laporan percobaan dengan menggunakan poster.
Dalam poster, jelaskan perbedaan sifat ketiga wujud benda tersebut. Lengkapi dengan gambar dan
keterangan yang diperlukan untuk menjelaskannya. Presentasikanlah postermu di dalam sebuah
kegiatan galeri berjalan dengan percaya diri
Sifat
Benda-benda yang ada di sekitar kita itu berbeda-beda. Pada umumnya
benda di sekitar kita terbagi atas 3 jenis, yaitu padat, cair, dan gas.
Setiap benda-benda tersebut mempunyai sifat yang berbeda juga. Untuk
benda padat, sifat bentuk benda padat adalah tetap. Benda padat bisa
dirubah bentuknya dengan perlakuan tertentu, seperti ditumbuk, dipotong
atau digosok. Sifat benda cair adalah bentuknya tidak tetap, mengikuti
bentuk wadahnya, bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar,
selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah serta dapat meresap melalui
celah-celah kecil. Adapun sifat dari benda gas adalah mengisi seluruh
ruangan yang ditempati serta selalu menekan ke segala arah.
Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 5 Halaman 1, 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16,
semoga dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada
pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar.
ini betul semua yeee
ReplyDelete