Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 3 Halaman 132, 136, 137

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 132, 136, 137 - Pada Tema 5 Subtema 3, yang di pelajari adalah temanya tentang Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia. Pada Subtema 3 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus diselesaikan oleh siswa baik individu maupun tugas kelompok. Dengan itu kami menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 lengkap sebagai sumber media belajar siswa.

Buku Siswa ini digunakan sebagai referensi media belajar untuk kelas 3 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2018.

Dalam Tema 5 Subtema 3 terdapat beberapa latian soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 2 halaman 132-137.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 132, 136, 137

Baca Juga :

Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 132-137


Ayo Berdiskusi

Dayu menceritakan banyak hal. Tak hanya bercerita tentang kondisi pengungsi. Komang juga bercerita keadaan kebun dan ladang petani. Kebun dan ladang mulai rusak. Terkena cuaca panas akibat abu vulkanik. Abu vulkanik ini berasal dari letusan gunung. Abu vulkanik membuat tanaman tidak bisa hidup.

Siti mengajak teman-teman berdiskusi. Tanaman apa yang tepat ditanam pada daerah dan musim tertentu. Diskusi dimulai dengan mendata asal daerah dengan tanaman khasnya.

Perhatikan percakapan mereka berikut ini!

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 132


Tabel Tanaman yang Tumbuh Subur di Daerah Asal
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 132

Senang, ya, memiliki teman dari berbagai daerah. Kekayaan daerah juga memberikan kekayaan hayati bagi kita. Berbagai hasil bumi dari tiap daerah dapat kita nikmati.

Rencanakanlah acara makan bersama dengan teman-teman. Masing-masing membawa makanan khas daerahnya. Lalu, saling berbagi dan mencicipi. Hal ini akan membuat lidahmu makin kaya akan rasa.

Ayo Beraktivitas

Hari makan bersama pun tiba. Setiap anak sudah membawa makanan khas daerahnya. Edo membawa makanan pokok berupa papeda. Siti membawa makanan pokok berupa nasi. Teman teman lain membawa lauk pauknya. Beni dari Manado membawa ikan dengan sambal dabu-dabu. Dayu membawa sate lilit khas Bali. Lani membawa capcay masakan khas keluarganya. Mereka duduk membuat lingkaran. Makanan yang mereka bawa diletakkan di tengah. Makan bersama sungguh menyenangkan. Lakukan kegiatan ini bersama teman-temanmu!

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 132-137

Ayo Membaca

Acara makan bersama telah dilakukan. Beni meminta teman-teman mendengarkannya. Ia akan membacakan surat yang dikirim oleh Udin. Udin sudah 3 hari tidak sekolah. Ia menjenguk neneknya yang sedang sakit.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3

Ayo Mengamati

Apa yang Udin ceritakan pada surat di atas? Hujan yang tak kunjung berhenti, bukan? Tahukah kamu dari mana asal hujan? Dan ke mana perginya air hujan?

Perhatikan gambar di bawah ini!

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 132-137
 

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 136


Bagaimana hujan terjadi?

Susunlah gambar sehingga menjadi urutan yang tepat!

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 136

Hasilnya akan menunjukan bagaimana hujan terjadi

Alternatif Jawaban :
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 137


Ayo Menulis
Tulislah proses terjadinya hujan. Gunakan kalimat efektif sehingga lebih mudah dipahami.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 137

Alternatif Jawaban :


Matahari yang bersinar panas menyinari bumi. akibat energi dari sinar matahari ini akan terjadi penguapan di laut, danau, sungai, samudra dan berbagai sumber lainnya yang ada di bumi sehingga menghasilkan uap air. Uap-uap air ini akan naik kepermukaan dengan ketinggian tertentu dan akan mengalami kondensi. Peristiwa kondensi ini diakibatkan suhu uap air lebih rendah dibandingkan dengan titik embun uap air. Uap-uap air yang dihasilkan sinar matahari akan membentuk awan, lalu angin terjadi perbedaan udara yang akan membawa butiran-butiran air. Butiran air ini akan terjadi pengabungan atau disebut proses koalensi. butiran air akan tertarik oleh gravitasi bumi dan jatuh ke bumi. Ketika jatuh kebumi butiran air tersebut akan melewati lapisan lebih hangat sehingga butiran air tersebut sebagian akan menguap lagi ke atas dan beberapa butiran tadi akan turun kebumi sebagai hujan, dan ini lah yang di sebut hujan.

Menulis dapat membantumu memahami sesuatu. Hasil dari membaca akan makin mudah dipahami. Caranya dengan menuliskan informasi yang kita dapat dari bacaan. Rajinrajinlah menuliskan hasil bacaanmu. Menulislah dengan kalimat yang baik dan mudah dimengerti.

Ayo Berlatih

Saat hujan, biasanya angin bertiup kencang. Hewan ternak akan berlarian. Bahkan, ada hewan yang meloncat mencari tempat berlindung.

Gerakan kelinci meloncat terlihat menggemaskan. Ayo, kita tirukan gerak kelinci meloncat.
  1. Berdirilah tegak. Ayunkan tangan ke belakang.
  2. Lalu, dorong ke depan dan bungkukkan tubuhmu sambil menekukkan lutut.
  3. Meloncatlah ke depan dan mendarat dengan baik.
  4. Saat mendarat, posisi tubuh tegak dengan tangan direntangkan. Bertahanlah hingga hitungan 1, 2, 3.
  5. Setelah itu, berdiri sempurna.


Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua mengingatkan konsep keberagaman di lingkungan sekitar. Dapat mencontohkan sikap berbeda-beda suku di lingkungan tempat tinggal. Akan tetapi, kita tetap harus hidup rukun dan damai.

Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 3 Halaman 132, 136, 137 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 3 Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia Pembelajaran 2 dari kami, semoga dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar.
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 3 Halaman 132, 136, 137"