Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 5 Halaman 20, 21, 23, 24

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 20, 21, 23, 24 - Pada Tema 5 Subtema 1, yang di pelajari adalah temanya tentang Keadaan Cuaca. Pada Subtema 1 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus diselesaikan oleh siswa baik individu maupun tugas kelompok. Dengan itu kami menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 5 Subtema 1 lengkap sebagai sumber media belajar siswa.

Buku Siswa ini digunakan sebagai referensi media belajar untuk kelas 3 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2018.

Dalam Tema 5 Subtema 1 terdapat beberapa latian soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 3 halaman 20-24.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 3 Halaman 20, 21, 23, 24

Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 20-24


Ayo Berlatih
Siti membantu Ibu menyiapkan sarapan. Siti juga menyiapkan bekal untuk sekolah. Ayah menyaksikan berita prakiraan cuaca di televisi. Menurut berita, cuaca akan cerah siang hari ini.

Sore hari, cuaca diperkirakan mendung. Hujan akan turun pada malam harinya. Ibu memasak nasi goreng untuk sarapan hari ini. Yuk, kita bantu Siti membaginya untuk anggota keluarga. Siti membagi nasi goreng untuk anggota keluarga. Masing-masing mendapat 3 sendok nasi.

Ibu membuat telur dadar satu bundaran besar. Ibu memotongnya menjadi 8 bagian. Setiap anggota keluarga mendapat 2 potong. Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar.

Siti menambahkan timun pada piring nasi goreng. Satu buah timun dipotong menjadi 16 bagian.
Setiap anggota keluarga mendapatkan 4 potong timun. Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapat empat perenam belas bagian timun.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Subtema 1 Pembelajaran 3

Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis. Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan. Satu buah sosis dipotong menjadi enam bagian. Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik. Masing-masing mendapat 2 dari 6 potong.

Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 20


Ayo Berlatih

Tulislah lambang pecahan untuk soal-soal di bawah ini.


Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 20

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 21

Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 21

Ayo Membaca

Edo menghampiri teman-teman saat istirahat. Edo menunukkan sebuah cerita pada buku yang dibawanya. Yuk, kita membaca dengan nyaring. Cerita tentang cuaca yang ada di buku Edo. Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang disuarakan keras. Jadi, keraskan suaramu saat membaca nyaring. Suaramu harus terdengar oleh teman-teman di kelas.

Persahabatan Matahari dan Awan

Matahari telah lama bersahabat dengan Awan. Mereka saling membantu satu sama lain. Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah.

Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap Matahari.

“Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan.

“Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari.

“Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya Awan.

“Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah aku bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.

“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca cerah itu,” ujar Awan.

“Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka memanfaatkannya untuk bermain.”

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 23

Setelah membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan, jawablah pertanyaan berikut ini.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 23

Alternatif Jawaban :

1. Siapakah tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut?

Matahari dan awan

2. Apa yang membuat Matahari merasa kesal?

Matahari kesal karena manusia tidak disiplin

3. Apa yang telah dilakukan manusia sehingga Matahari kesal?

Kegiatan manusia sehingga membuar matahari kesal, ketika pagi hari membangunkan manusia dengan sinar yang lebut tetapi manusia tidak mau bangun dan ketika siang hari ketika sinar matahari sangat terik manusia malah asik beramain bukannya beristirahat dirumah.

4. Seandainya kalian menjadi Matahari. Apa yang akan kalian lakukan terhadap manusia yang
tidak disiplin?

Jika saya menjadi matahari saya tetap akan menyinari bumi

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 24


Ayo Mengamati

Beni sangat senang membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan. Yuk, kita bantu Beni menemukan kata-kata yang berhubungan dengan keadaan cuaca dari cerita itu.

Alternatif Jawaban :

Cerah-Sinar-Hujan
Matahari-Awan-Terik
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 24

Ayo Bernyanyi

Awan memang baik hati. Ia memahami keadaan hati Matahari, sahabatnya. Yuk, kita bernyanyi lagu Awan Putih. Tentu akan membuat Awan merasa senang. Perhatikan iramanya agar lagu terdengar indah.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3

Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua dapat mempraktikkan pecahan sederhana saat memotong bahanbahan makanan di rumah. Misalnya memotong buah-buahan, kue, roti, ataupun bahan makanan lainnya.

Demikianlah Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 5 Halaman 20, 21, 23 dan 24 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 5 Cuaca Subtema 1 Keadaan Cuaca Pembelajaran 3 dari kami, semoga dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar.
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 5 Halaman 20, 21, 23, 24"