Soal UAS Teknik Sepeda Motor Kelas XI dan Jawaban
1. Berapakah jumlah roda gigi transmisi pada sepeda motor dengan
5 kecepatan :
a. 6 pasang roda gigi
b. 7 pasang roda gigi
c. 3 pasang roda gigi
d. 4 pasang roda gigi
e. 5 pasang roda gigi
2. Yang bukan termasuk komponen dari mekanisme pemindah gigi
adalah:
a. Drum shift gear
b. Shift fork
c.
Plat bintang
d. Lengan Pemindah Gigi
e.
Input shaft
3.
Urutan nama komponen yang tepat
adalah :
a.
Crankshaft, input shaft, output
shaft, drum shift gear&shift fork, kick starter
b. Crankshaft, output shaft, input shaft, drum shift
gear&shift fork, kick starter
c.
Crankshaft, output shaft, drum shift
gear&shift fork, input shaft,kick starter
d. Crankshaft, drum shift gear&shift fork, input shaft,
output shaft, kick starter
e.
Crankshaft, input shaft, drum shift
gear&shift fork, output shaft, kick starter
4. Komponen
yang berfungsi sebagai penahan drum shift gear supaya tidak netral ketika pedal
persneling diinjak ke depan pada saat sepeda motor berjalan adalah nomor…..
a.
5
b.
20
c.
1
d.
5
e.
16
5. Pada soal nomor 4, gigi manakah yang berfungsi sebagai gigi
3
a.
5&6
b.
7&6
c.
1&3
d.
5&6
e.
7&8
6. Untuk memperkaya campuran bahan bakar pada saat kondisi udara
di sekitar kita dingin adalah fungsi dari:
a. Choke valve
d. Slow jet
b. A C V e. Float valve
c. Main jet
7. Urutan kerja yang benar jika membersihkan saringan udara
yang terbuat dari elemen kertas berikut ini adalah:
a.
Disemprot dari arah: luar, dalam, luar, dst
b.
Disemprot dari arah: dalam, luar, dalam, dst
c.
Dicelup disolar, diperas, disemprot, dst
d.
Disemprot, dilumasi oli, dst
e.
Disemprot dari dalam, luar, dalam dan setelah itu dilumasi
pakai oli
8. Pada saat mesin putaran tinggi dan tiba-tiba handel gas
dibuka pada sepeda motor dengan karburator jenis TPFC komponen yang bekerja
adalah :
a. Main jet d. Air srew
b. Slow jet e. Trotel stop srew
c. Main jet & pompa akselerasi
9. Gunanya pelampung pada karbutaror adalah
a. Untuk
mensuplai pemasukan bensin pada putaran tinggi
b. Untuk
mengapung di dalam cairan bahan bakar
c. Untuk
mengatur pemasukan bahan bakar ke ruang pompa akselerasi TPFC
d. Untuk
mengatur tinggi rendahnya bahan bakar
e. Untuk
mensuplai pemasukan bensin pada putaran rendah
10. Campuran miskin pada karburator adalah :
a. Perbandingan
1 : 10
|
d. Perbandingan
1 : 15
|
b. Perbandingan
1 : 12
|
e. Perbandingan
1 : 17
|
c. Perbandingan
1 : 13
|
11. Salah satu penyebab terjadinya mesin berasap berwarna hitam
pada sepeda motor 4 tak adalah :
a.
Banyak arang yang mengendap di dalam
ruang bakar
b. Pemakaian tingkat panas busi yang keliru
c.
Tekanan kompresi rendah
d. Campuran terlalu kaya
e.
Ring oli bocor
12. Rumus untuk menghitung gaya adalah :
- F = m x a d.
A = F x P
- F = P / A e.
P = F x A
- F = A / P
13. Satuan dari tekanan adalah
- Newton d.
Ampere
- Pa e. Watt
- M2
14. Satuan dari gaya adalah :
- Newton d.
Ampere
- Kpa e. Watt
- M2
15. Diketahui P1 = 30 N dan P2 = 20N. keduanya bekerja pada satu garis kerja dan mempunyai arah yang sama. besarnya gaya resultan tersebuta adalah...
a.
10 N d.
5 N
b.
600 N e. 60 N
c.
50 N
16. Berikut ini adalah komponen sistem pengapian kecuali :
a. Coil
|
d. Regulator
|
b. Busi
|
e. Platina
|
c. CDI
|
17. Prinsip kerja dari CDI adalah :
- Pengosongan muatan listrik pada
kapasitor
- Pengisian muatan listrik pada
kapasitor
- Pengosongan muatan listrik pada
thyristor (SCR)
- Pengisian muatan listrik pada
thyristor (SCR)
- Salah semua.
18. Komponen dalam CDI yang berfungsi sebagai saklar elektronik
menggantikan fungsi platina di sistem pengapian adalah :
a. Diode
Zener
|
d. Tahanan
|
b. Diode
|
e. Platina
|
c. SCR
|
19. Untuk melakukan pengukuran ignation primary coil pada supra
smh terminal yang diukur adalah :
a.
Hitam/kuning dan hijau
|
b.
Merah/hitam dan hijau
|
c.
Biru /kuning dan Hijau
|
d.
Biru /putih dan massa
|
e.
Hijau dan massa
|
20. Untuk bisa menimbulkan pembakaran yang sempurna pada busi,
diperlukan peralatan yang mampu meningkatkan tegangan yang tinggi. Peralatan
tersebut adalah :
a. CDI
|
d. Pulser
|
b. Baterei.
|
e. Coil
|
c. Thyristor
|
21
Salah satu pengukuran yang dilakukan pada saat memeriksa rem
tromol adalah
- Panjang
brake lining
- Panjang
kanvas rem
- Lebar
kanvas rem
- Diameter
sepatu rem
- Diameter
tromol rem
22.
Pemeriksaan ketebalan cakram rem untuk mengetahui
- Batas
servis dan keausan
- Batas
servis dan kemiringan
- Batas
servis dan ketebalan
- Batas
servis dan kerusakan
- Batas
servis dan kemiringan
23
Minyak rem yang digunakan pada sistem rem cakram adalah
|
24
Urutan pembongkaran brake caliper rem cakram adalah
- Keluarkan
minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem,lepas bracket caliper, pegas
kanvas dan karet tutup pin slide.
- Keluarkan
minyak rem, lepas bracket rem dan pegas kanvas rem.
- Keluarkan
minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem dan caliper rem serta master
silinder.
- Keluarkan
minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem dan tutup pin slide
- Keluarkan
minyak rem, lepas kanvas rem dan caliper rem dan karet dust seal
25
Fungsi sistem rem pada kendaraan sepeda motor adalah
- Menjaga
kestabilan kendaraan bermotor
- Menjaga
laju kendaraan bernotor.
- Mengurangi
dan menghentikan laju kendaraan bernotor
- Menghentikan
putaran mesin kendaraan bermotor
- Mengurangi
putaran dan laju getaran roda
26
Fungsi sistem kopling
pada sepeda motor adalah . . . .
a. Meneruskan dan memutuskan putaran mesin.
b. Meneruskan dan memutuskan putaran roda mesin
c. Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros
engkol ke transmisi.
d. Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros
engkol ke mesin.
e. Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros
engkol ke roda belakang
27
Cara kerja kopling
otomatis pada sepeda motor bekerja
berdasarkan . . . .
a. Tinggi dan rendahnya jalan yang dilalui sepeda
motor
b. Tinggi dan rendahnya putaran roda sepeda motor.
c. Tinggi dan rendahnya putaran transmisi sepeda
motor.
d. Tinggi dan rendahnya putaran perseneling sepeda
motor.
e.
Tinggi dan rendahnya
putaran mesin sepeda motor
28
Tanda-tanda kampas kopling telah aus
pada kendaraan bermotor antara lain . . . .
a. Tenaga mesin terasa stabil, terutama ketika
menanjak.
b. Antara RPM mesin dan kecepatan tidak sebanding,
contohnya seperti putaran mesin
tinggi namun laju sepeda motor seperti
tertahan
c. Perpindahan gigi transmisi terasa lembut dan
kasar, untuk transmisi matik terasa menghentak.
d. Bahan
bakar menjadi lebih hemat.
e. Semua
benar
29
Dibawah in sumber-sumber kerusakan
pada sistem pemindah tenaga (kopling) antara lain, kecuali
- Jumlah kanvas kopling dan pelat gesek tidak sama
- Kopling macet dan pemindahan gigi transmisi keras
- Saat bekerja pemindah gigi terlalu lambat
- Kopling selip
- Gaya/gerak kopling tidak sama
30
Fungsi minyak pelumas/oli bagi
sistem kopling sepeda motor adalah . . . .
a.
Sebagai pendingin dan
melumasi rumah kopling saja
b.
Sebagai pendingin dan
melumasi pelat kolping saja
c.
Sebagai pendingin dan
pelumas bagian mesin
d.
Sebagai pendingin dan
pelumas bagian transmisi saja
e.
Sebagai pendingin dan
melumasi komponen kopling dan memperlembut gesekan antar komponen
Essay
1. Jelaskan bagaimanakah mekanisme perpindahan gigi transmisi
manual pada sepeda motor.
2. Sebutkan 3 fungsi tutup tangki?
3. Sebutkan 3 kegunaan prinsip hidrolik?
4. Sebutkan
3 (tiga) cara menjaga agar kopling awet dan jelaskan 2 (dua) penyebab gangguan/kerusakan
yang terdapat system rem.
5. Sebutkan urutan rangkaian pengapian
CDI-DC dengan benar!
Post a Comment for "Soal UAS Teknik Sepeda Motor Kelas XI dan Jawaban"