Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap Semua Mata Pelajaran

RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap Semua Mata Pelajaran
RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah rencana yang mencerminkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk menjangkau satu kompetensi dasar yang diputuskan dalam Standar Isi dan diulas dalam silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sangat luas merangkum 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau sejumlah indikator guna 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat destinasi pembelajaran, pelajaran ajar, cara pengajaran, sumber belajar, dan evaluasi hasil belajar.

sebelum membahas mengenai RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap Semua Mata Pelajaran. kami sedikit berbagi beberapa tips yang dapat digunakan seorang guru untuk mengelola kelasnya yang di dapat dari berbagai sumber, karena Guru memiliki banyak peranan. Salah satu dari sekian banyaknya peran yang dipunyai guru ialah guru sebagai pengelola atau manager atau organisator dalam pembelajaran. Dalam peranannya ini guru mempunyai tugas dan keharusan untuk mengelola pembelajaran dengan baik. Pengelolaan dibuka dari perencanaan, pengamalan termasuk pun melakukan evaluasi supaya terorganisir dengan baik. Pengelolaan pembelajaran ini akan membawa proses pembelajaran terlaksana dengan fasih yang dapat mempermudah dalam pencapaian destinasi pembelajaran.

Baca Juga : RPP SMP/MTS Kurikulum Revisi 2018 Kelas 7, 8, 9 Lengkap Semua Mata Pelajaran
1. Semenjak pelajaran pertama, Anda harus memberitahukan kepada murid Anda mengenai aturan dan tata tertib yang akan berlaku di dalam kelas. Dan jangan sekali-kali kendor dalam mengaplikasikan tata tertib tersebut, karena hal itu akan menjadikan mereka merasa bahwa Anda tidak bersungguh-sungguh dan & tidak komitmen dalam menjalankan aturan.

2. Reward and punishment. Hadiah bagi murid yang bersungguhsungguh dan hukuman bagi murid yang malas serta tidak memerhatikan pelajaran. Dua hal mi harus menjadi prinsip Anda dalam berinteraksi dengan para mund. Namun, jangan sampai membenkan hadiah berupa materi. Berikan hadiah berupa support emosional, penghargaan dari hati, kepercayaan, dan semangat. Juga, dalam memberikan hukuman hendaknya bersifat logis.

3. Apa pun keadaan dan sebab yang ada, berusahalah untuk menguasai suasana di dalam kelas. Jika tidak, sungguh akan sangat sulit untuk mengembalikan suasana yang kondusif. Hal ini mengandung makna bahwa aturan dan tata tertib yang Anda buat telah rapuh. Lambat laun, hal itu akan membawa Anda pada suasanajenuh dan merasa gagal.

4. Wajib bagi para murid untuk mengetahui apa sebenarnya yang diminta dari dirinya dalam setiap pelajaran yang diberikan kepadanya.

5. Wajib bagi Anda untuk membuat para murid cinta terhadap pelajaran Anda dan mengikat hati mereka.
 

6. Berusahalahsemaksima­lmungkinuntukmemanfa­atkat1 jam pelajaran. Jangan biarkan ada waktu yang beda… dengan percuma. Para murid harus selalu sibuk, baik dengan membaca, mendengarkan, maupun menulis.

7. Buku evaluasi atau buku penilaian terhadap murid sangat penting untuk Anda miliki-mengenai efektivitasmereka, daya ta­ngkap mereka terhadap p­elajaran, dan tugas-tugas rumah mereka. Buku evaluasi adalah sebuah catatan keterangan untuk setiap murid di dalam kelas.

8. Berusahalah untuk membuat suasana kelas menjadi tenang dan sejuk. Dan jangan berhenti dalam menjelaSKan pelajaran hanya untuk menghukum seorang murid yang membuat gaduh di dalam kelas. Hukuman atau teguran kepada murid yang membuat gaduh cukup dengan cara-cara khusus yang diketahui oleh para murid Anda. Mungkin dengan tatapan kedua mata Anda, atau dengan senyuman yang dingin, atau dengan menyebut namanya di tengah-tengah penjelasan. Ketika Anda melakukan hal ini maka mereka akan tahu bahwa dirinya melakukan kesalahan. Dan murid. tadi akan mendapatkan hukuman seusai jam pelajaran.

9. Berusahalah agar murid Anda selalu merasa tenang di dalam kelas sehingga mereka dapat mendengarkan pelajaran dengan baik.


10. Tertibkanlah tempat duduk para murid dan cara duduk mereka, supaya pandangan semua murid tertuju kepada diri Anda.

11. Usahakanlah agar tempat duduk Anda lebih tinggi sehingga Anda dapat melihat apa yang terjadi di dalam kelas.

12. Usahakanlah agar Anda memiliki tempat yang cukup untuk bergerak dengan leluasa, agar Anda tidak terhalangi atau terpeleset.


13. Letakkan buku Anda dan hal-hal yang Anda butuhkan denganrapidiatasmeja­Anda.Ha|iniuntukmemu­dahkan Anda di saat Anda ingin menggunakannya.

14. Jika ruangan kelas Anda cukup besar, maka usahakan untuk dekat dengan para murid agar Anda dapat memerhatikan mereka dengan lebih baik dan mengt hilangkan permasalahan di antara mereka.

15. Siapkansemuasaranape­ndidikanyangAndabutu­hkan, dan pastikan bahwa Anda membawanya ke dalam kelas.

16. Gunakanlah semua alat yang Anda butuhkan di dalam kelas, seperti spidol beraneka warna untuk menulis di papan tulis, pensil, bolpen warna merah, penggaris, gunting, dan buku saku untuk menulis beberapa simpulan.

17. Di dalam kelas harus ada papan pengumuman. Hal ini sangat penting untuk menempelkan beberapa pengumuman yang berhubungan dengan materi pelajaran, seperti waktu ujian semester, waktu menyerahkan hasil penelitian, dan waktu-waktu yang lain. Begitu juga, papan pengumuman tersebut dapat digunakan untuk menulis nama-nama murid yang berprestasi di setiap hari. Dengan ini, akan mendorong para murid yang lain untuk bersungguh-sungguh.

18. Absenlah murid yang tidak hadir setiap hari.

  Baik itulah beberapa tips yang dapat digunakan seorang guru untuk mengelola kelasnya.

Langsung saja bagi bapak/ ibu guru yang belum memiliki RPP Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 bisa mengunduhnya langsung di bawah ini.

RPP PAI Kelas 9 K13 Revisi.doc, Unduh
RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 K13 Revisi 2018.rar, Unduh
RPP Bahasa Inggris Kelas 9 K13 Revisi 2018.rar, Unduh
RPP IPA Kelas 9 K13 Revisi 2018.rar, Unduh
RPP IPS Kelas 9 K13 Revisi 2018.rar, Unduh
RPP Matematika Kelas 9 K13 Revisi 2018.rar, Unduh
RPP PKn Kelas 9 K13 Revisi 2018.rar, Unduh
RPP PJOK Kelas 9 K13 Revisi 2018.rar, Unduh
RPP Seni Budaya Kelas 9 K13 Revisi 2018.rar, Unduh
RPP Prakarya Kelas 9 K13 Revisi 2018.rar, Unduh

Demikianlah RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap Semua Mata Pelajaran, Semoga bermanfaat.
Admin Penulis Menyukai Hal Mengenai Bisnis, Keuangan, Internet Marketing, Otomotif, Pendidikan dan telah menyelesikan pendidikan formal Magister Manajemen

Post a Comment for "RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap Semua Mata Pelajaran"